in , , , , ,

Opsi Liburan Akhir Tahun 2022 untuk Healing

Liburan akhir tahun
Liburan akhir tahun

Tak terasa akhir tahun sudah didepan mata bahkan hanya hitungan jari saja liburan telah tiba. Semakin dekatnya akhir tahun maka semakin besar pula gelora masyarakat untuk berlibur. hampir semua merasakan akan penatnya pasca kondisi yang tengah terjadi ditahun 2021 hingga 2022 belakangan. Serasa banyak kalangan traveler yang merasa ingin balas dendam untuk berlibur sepuasnya. Nah, akankah kamu sudah siap menyambutnya? Yuk segera persiapkan liburanmu agar jiwa lebih segar kembali dan dapat menyongsong tahun depan lebih baik lagi.

Baca juga : 5 Daerah Wisata di Indonesia Ini Awalnya Berada di Dasar Lautan

Liburan akhir tahun
Liburan akhir tahun. Foto via indozone.com

Banyak kalangan traveler kadang merasa bingung akan liburan akhir tahun yang biasanya lebih mendadak mahal. Nah, berikut ada beberapa opsi liburan yang menyenangkan namun tetap ramah dikantong.

1. Wisata Alam

Salah satu destinasi yang dapat menenangkan pikiran adalah wisata yang berbau alam. Kondisi alam memang dapat memberikan ketenangan hati paling mujarab. Beruntungnya kamu tinggal di negara Indonesia, dimana negara ini kaya akan keindahan alam yang patut untuk dijelajahi. Mulai dari wisata pantai, wisata perbukitan, hamparan hitan tropis, padang sabana yang indah, puncak gunung yang memukau, hingga danau dan telaga yang dapat menghipnotis siapapun yang menikmatinya.

wisata alam nusantara dapat dijadikan pilihan ketika liburan akhir tahun 2022
wisata alam nusantara dapat dijadikan pilihan ketika liburan akhir tahun 2022

Tiap titik dimanapun kamu berada ditanah Indoneisa, pastinya tersedia berbagai wisata alam seperti Danau Maninjau di Sumatera Barat, kebun teh di Pangalengan Bandung, Golden sunrise di gunung Prau Dieng dan Gunung Bromo di Malang Jawa Timur, wisata Bali, Keindahan tanah Sembalun Lombok, Kawasan hutan Bantimurung Sulawesi Selatan, pantai tropis Anambas, Wakatobi hingga Raja Ampat Papua siap menjadikan liburan mu semakin menyenangkan.

2. Wisata Budaya dan Sejarah

Bagi kamu yang lebih menikmati suasana kebudayaan, jangan khawatir. Nusantara dapat menyuguhkan keanekaragaman budaya dan ribuan wisata sejarah. Dimana lebih dari 350 tahun negara kita telah dijajah bangsa asing dan meninggalkan banyak bangunan serta bukti-bukti yang bersejarah.

Mengunjungi wisata sejarah bangsa ketika liburan akhir tahun
Mengunjungi wisata sejarah bangsa ketika liburan akhir tahun. Foto via pegipegi.com

Hal ini bisa kamu nikmati ketika pergi ke destinasi wisata candi, benteng, museum, keraton, kampung adat dan lain sebagainya.

3. Piknik

Piknik adalah liburan paling mudah dan tak perlu perencanaan khusus. Kamu cukup membawa perbekalan yang diinginkan dan berkunjung ke taman atau hutan lindung. Disini kamu bisa menikmati berbagai perbekalan dengan suasana yang tidak seperti biasanya didalam rumah ataupun di kantor.

Piknik di hutan bersama dengan keluarga ataupun sahabat
Piknik di hutan bersama dengan keluarga ataupun sahabat. Foto via rimbakita.com

Sembari menikmati makan siang, kamu dapat merasakan sejuknya angin sepoi-sepoi taman dan sesekali bercanda bersama keluarga ataupun sahabat terbaik.

4. Wellness Tourism

Kadang istilah ini masih awam dikalangan banyak orang. Banyak sekali muda-mudi yang selalu mempertanyakan apa maksud dari wellness tourism. Kata yang sedang tren dikalangan muda mudi metropolitan ini ternyata sejenis wisata yang menawarkan kedamaian jiwa dan raga. Selain berwisata, kamu dapat melakukan healing yang dapat menyembuhkan mental dan kesehatan fisik, seperti nge-gym, yoga, meditasi dan spa.

Ngegym adalah salah satu healing ketika liburan akhir tahun
Ngegym adalah salah satu healing ketika liburan akhir tahun. Foto via halodoc.com

Bagi kamu yang memiliki tipe kurangnya minat jalan-jalan, mungkin adakalanya melakukan kegiatan positif diri seperti yang disebutkan diatas. Sehingga dapat mengisi hari-hari liburmu dengan aktivitas yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

5. Staycation

Nah, staycation adalah liburan paling diminati banyak kalangan. Para orang tua hingga nenek-nenek sekalipun tetap dapat menikmati manfaat dari staycation. Beberapa tahun lalu, semenjak Covid-19 melanda dunia, staycation adalah pilihan tertinggi untuk healing dari kepenatan aktivitas harian.

staycation menjadi salah satu liburan paling banyak diminati
staycation menjadi salah satu liburan paling banyak diminati. Foto via tripcanvasindonesia.com

Bahkan, untuk kamu yang masih bekerja secara online, staycation bisa kamu jadwalkan kapanpun untuk memperbaiki mood kerjamu ketika work from home.

6. Wisata Kuliner

Siapa sih yang tidak menyukai kuliner? Siapapun dan dimanapun, kuliner akan tetap nyala layaknya matahari yang tak pernah padam. Dimanapun kamu berada, kuliner akan selalu menemani hari-hari mu agar tetap tumbuh dan berkembang. Bagi kaum muda mudi, tren akhir tahun biasanya mengadakan acara makan-makan hingga berwisata kuliner bersama.

wisata kuliner menjadi kegiatan utama ketika liburan akhir tahun
wisata kuliner menjadi kegiatan utama ketika liburan akhir tahun. Foto via lifestyleokezone.com

Hal ini bisa dilihat pada kalangan masyarakat yang ebrada di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Palembang hingga kota-kota lainnya diseluruh nusantara. Mungkin juga akan sama dilakukan oleh orang-orang di seluruh belahan dunia. Bagi yang tidak ingin ribet, cafe dan restoran adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mencicipi berbagai menu sajian dari mancanegara ataupun lokal tradisional. Selain menikmati beragam jenis masakan kamu bisa melakukan foto-foto di cafe dan resto untuk kenang kenangan bersama. Next

ramadan
Mie nyemek toping gongso di Solo yang super lezat

Cicipi Mie Nyemek Dengan Topping Gonso Di Street Food Solo

Review SAvatar The Way Of Water yang baru dirilis sejak 14 Desember 2022

Review Avatar The Way Of Water Suguhkan Kisah Emosional Hingga Banjir Pujian