in

Membawa Pulang Kenangan dari Padang Edelweiss Tercantik di Indonesia Ini

Edelweiss [image source]

Siapa yang bisa menolak keelokan dari bunga yang katanya adalah simbol keabadian tersebut? Kecantikannya tidak mudah dinikmati, kamu harus merelakan tenaga dan siap merasakan kelelahan demi bisa menyaksikan bunga tersebut mekar. Sebut saja keindahan itu dengan nama edelweiss. Tumbuh di gunung, jadi untuk melihatnya secara langsung kamu harus mendaki gunung terlebih dahulu. Kamu harus tahu jika bunga tersebut memiliki banyak arti, terlepas dari berbagai macam mitos dan legendanya, edelweiss memiliki fungsi yang cukup penting terutama untuk kehidupan di gunung. Itu karena bunga yang berwarna-warni itu dikenal juga dengan istilah tumbuhan perintis. Ketahanannya akan cuaca membuka jalan bagi tumbuhan lain untuk berkembang.

Baca juga : Rekomendasi Wisata di Sibolga, Keindahan yang Membuatmu Terpesona

Dengan kata lain, edelweiss bertugas untuk menghutankan gunung. Semak-semak, padang rumput, hingga pepohonan sejuk akhirnya bisa kamu nikmati sepanjang jalan menuju tempat tertinggi yang biasa disebut dengan puncak. Dari situ saja sudah jelas, bahwa edelweiss adalah tumbuhan yang harusnya dilindungi, bukannya dijarah dan dipetik sebagai oleh-oleh atau bahkan tanda cinta ala anak alay yang mengaku kekinian. Jangan membawa apapun dari gunung yang bisa merusak ekosistem, kamu masih bisa membawa oleh-oleh berupa foto-foto dan kenangan bukan? Dan jangan lupa untuk membawa serta sampahmu ya. Jika kamu benar-benar ingin melihat keindahan edelweiss, bisa datang ke gunung-gunung berikut ini.

1. Gunung Semeru

Semeru saat ini semakin naik daun, mengingat wajahnya banyak nampang di berbagai media, termasuk Instagram. Akhirnya, tak sedikit yang menaruh keinginan untuk menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut atau sekadar menyapa matahari terbit dari Danau Ranu Kumbolo. Jika kamu datang di waktu yang tepat, bukan hanya hamparan danau yang luas membiaskan cahaya matahari saja yang akan kamu  lihat, tapi juga bunga edelweiss. Biasanya bunga tersebut ada di kawasan yang dikenal dengan nama Kalimati.

Tlah ku coba untuk mendaki Kejamnya belantara kaki mu Menguji sabar dihati Dihalang akar dan duri Dalam menemukan sosokmu.. Mengikuti jalan bebatuan Arungi rimba raya mencengkam jiwa,,Melintasi sungai jernih di lembah sunyi.. Meniti jurang-jurang terjal di lereng mu.. Hingga ku terlelap tidur,sang fajar meraba menerobos celah tenda hingga ku terjaga, Telah terhampar indah sebuah pemandangan akan pesonamu.. Memang sulit menemukan mu,dan butuh perjuangan tapi semua akan terbayar setelah melihat indahnya sosokmu.. "EDELWEIS" Lokasi : Mt.Semeru 3676 Mdpl #id_pendaki #instagunung #parapejalan #jalan2mas #jomblotraveler #ayodolan #instapendaki #lingkarindonesia #wonderfulindonesia #penikmatkaryatuhan #mytrip_myadvntr #mountainesia #exploreindonesia_id #exploringindonesia #indonesia_photography #edelweiss #edelweissemeru

A post shared by Rahmad Ajie Nugroho (@ajie_nugroho) on

Berupa tanah lapang di bawah puncak  Mahameru  yang ketinggiannya mencapai 3676 mdpl. Persiapan yang matang sebelum pendakian wajib untuk dilakukan. Bukan hanya perbekalan saja, tapi juga fisik dan mental. Karena kamu harus mengandalkan kaki untuk bisa sampai di puncak sambil menikmati padang edelweiss dengan warna yang begitu khas. Kawasan Kalimati selain terkenal karena edelweissnya, juga terkenal sebagai batas terakhir pendakian di Gunung Semeru.

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu juga menyuguhkan keindahan alam yang begitu mempesona. Letaknya sendiri ada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tepatnya berada di wilayah dua kabupaten yaitu Karanganyar dan Magetan. Tentu saja ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu pilih. Pos-pos pendakian juga disediakan sebagai tempat istirahat bagi yang merasa terlalu lelah untuk melangkahkan kaki. Setelah tenaga pulih, baru bisa melanjutkan pendakian lagi.

Edelweiss [image source]
Edelweiss [image source]
Jika kamu berangkat dari Cemoro Sewu, kamu akan menemukan jalur dengan keindahan dan tantangan. Apalagi jika kamu sampai di Warung Mbok Yem, yang menjual makanan dan minuman. Setelah itu jalan menuju puncak Hargo Dumilah sudah semakin dekat. Sepanjang jalan menuju ke sana kamu akan menemukan edelweiss tumbuh di antara bebatuan, sungguh sebuah pemandangan yang begitu cantik. Tinggi Gunung lawu mencapai  3.265 mdpl.

3. Gunung Papandayan

Jawa Barat juga memiliki banyak gunung yang menjulang tinggi dipenuhi dengan flora dan fauna yang mengagumkan. Salah satu yang menjadi favorit para pendaki adalah Gunung Papandayan. Secara administratif berada di Kecamatan Cisurupan,  Kabupaten Garut, Jawa Barat. Mendakilah dengan penuh semangat hingga kamu menemukan sebuah daratan yang lapang dan luas. Yang membuat kamu nggak akan melupakan tempat itu adalah bunga edelwesiss yang tumbuh subur menampilkan bunga mekar di saat tertentu. Para pendaki menyebutnya dengan Lembah Tegal Alun.

Di sini kamu bisa berfoto memburu keindahan edelweiss yang tidak bisa kamu temui di sembarang tempat. Karena kondisinya yang lapang, maka Lembah Tegal Alun cukup cocok dijadikan sebagai tempat berkemah. Pilih saja tempat dengan pemandangan terbaik untuk mendirikan tenda. Baru besoknya melanjutkan pendakian

4. Gunung Rinjani

Mendaki salah satu gunung tertinggi di Indonesia itu seperti melakukan paket wisata yang lengkap. Ada banyak keindahan yang akan kamu nikmati di sepanjang jalur pendakian. Termasuk penampakan bunga abadi yaitu edelweiss. Selain Semeru, Rinjani masuk dalam daftar gunung yang diidam-idamkan oleh banyak pendaki. Puncak-puncak yang sekakan mencakar langit berdiri begitu serasi dengan danaunya. Jika kamu berada di puncak, bisa menikmati pemandangan Segara Anak.

Selain puncak dan danau, kamu juga wajib mampir untuk menikmati keindahan Plawangan Sembalun. Menghabiskan beberapa saat di sana akan memberikanmu pengalaman tak terlupakan dan jadi lebih mengerti tentang arti syukur serta keindahan. Di Plawangan Sembalun kamu bisa melihat edelweiss tumbuh subur layaknya hiasan yang membuat Rinjani makin cantik saja, setuju kan?

Itulah beberapa gunung di Indonesia dengan lembah edelweiss yang mengaggumkan. Karena Indonesia adalah negara dengan deretan gunung. Maka masih ada banyak lembah edelweiss lain yang nggak kalah keren. Misalnya saja di Gunung Merbabu atau Gunung Gede Pangrango, edelweiss di sana begitu memikat. Namun sekali lagi, kamu hanya boleh membawa pulang kenangan ya. Biarkan edelweissnya tumbuh subur dan menebar banyak manfaat yang akan kembali pada manusia itu sendiri. Next

ramadan

Wisata di Payakumbuh, Tempat di Mana Keindahan Berlabuh

Menikmati Keelokan Adat Minangkabau Lewat Festival Pasa Harau