in , , , , ,

Bak Afrika, Berikut 4 Gunung di Jawa Tengah yang Memiliki Padang Savana

Berikut 4 Gunung yang Ada Padang Savananya di Jawa Tengah

Gunung di Jawa Tengah
Gunung di Jawa Tengah

Savana merupakan ekosistem khas wilayah dengan curah hujan rendah. Tempat di dunia yang terkenal dengan savana terluas dan merupakan habitat asli banyak hewan adalah Afrika. Di Indonesia ekosistem ini, terdapat di Jawa bagian timur, Nusa Tenggara, sampai ke Papua. Ekosistem savana didominasi oleh rumput, semak, dengan pepohonan yang jarang. Tak banyak diketahui, di Jawa Tengah pun savana bisa ditemui dan tentu saja pemandangannya tak kalah indah dari savana di tempat lain. Mau tau di mana aja? Simak penjelasan berikut ya, Teman Traveler.

Baca juga : 5 Stasiun Kereta Terbaik Indonesia 2019, Salah Satunya Punya Peron Super Megah!

1. Gunung Merbabu

whatsapp_image_2020_01_10_at_22_WNB.jpeg
Savana di Sabana 2 (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk
whatsapp_image_2020_01_10_at_22_3Hz.jpeg
Savana di Sabana 2 (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang sangat populer di kalangan pendaki karena keindahannya yang tiada tara. Alasan lain yang menjadikan Merbabu sebagai gunung favorit adalah meskipun ketinggiannya di atas 3000 mdpl, namun perjalanan menuju puncaknya cukup mudah dilalui dan ramah di kaki pendaki pemula. Salah satu pemandangan yang sangat identik dengan Gunung Merbabu adalah banyak ditemukan padang savana hijau dengan latar belakang bukit hijau yang menakjubkan. Jika Teman Traveler mendaki melalui basecamp selo, akan ditemui 2 buah savana di 2 pos yang berbeda yaitu di sabana 1 dan sabana 2.

2. Gunung Lawu

whatsapp_image_2020_01_10_at_22_3bm.jpeg
Gupakan Menjangan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang sangat terkenal akan suasana mistis dan warung Mbok Yemnya. Lawu memiliki sejarah panjang yang kelam yang konon menjadi penyebab suasana di sana begitu mistis. Terlepas dari itu, lawu tetap menjadi gunung primadona di kalangan pendaki. Pemandangannya yang indah dan menakjubkan, serta perjalanan yang terbilang mudah adalah beberapa faktornya. Di sini, Teman Traveler juga bisa melihat savana. Terdapat dua savana yang terlihat saat mendaki lawu. Satu di Gupakan Menjangan dan satunya lagi di Bulak Peperangan.

3. Gunung Prau

whatsapp_image_2020_01_10_at_22_K1m.jpeg
Savana Prau (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk
whatsapp_image_2020_01_10_at_22_bKD.jpeg
Savana Prau (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Gunung Prau adalah Gunung yang berada di kompleks kawasan wisata Dieng dan salah satu gunung yang sangat ramai pengunjung. Gunung ini tak akan pernah sepi pengunjung meskipun di hari kerja. Gunung Prau sangat digemari karena jarak tempuh menuju puncaknya singkat, yaitu cukup 3 jam saja namun pemandangan yang disuguhkan sangat indah. Di sini, Teman Traveler juga bisa menemukan hamparan savana yang sangat luas membentang sejauh mata memandang.

4. Gunung Sumbing

whatsapp_image_2020_01_10_at_22_kBI.jpeg
Savana Sumbing (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan savana di Gunung Sumbing. Hal ini dikarenakan savana Sumbing hanya bisa dilihat jika Teman Traveler melakukan perjalanan menuju puncak tertinggi Sumbing, Puncak Rajawali. Puncak Rajawali jarang sekali dikunjungi karena aksesnya memerlukan perjalanan menuju kawah turun dari Puncak Sejati dengan jarak yang relatif jauh serta menguras tenaga. Namun perjalanan tersebut akan dibayar lunas dengan keindahan yang disuguhkan, yaitu savana yang luas dikelilingi tebing. Tunggu apa lagi, Teman Traveler? Selamat berlibur ke Padang Savananya Jawa Tengah ya! Next

ramadan

Monumen Pers Nasional, Menapaki Sejarah Pers Indonesia

Kebun Teh Tritis Jogja, Sajikan Panorama Surgawi Sambil Berburu Teh Terbaik