in , , , ,

Old but Gold, Keindahan Pantai Banyu Tibo Pacitan yang Eksotik

Keindahannya Pantainya Tiada Dua

Sebagai kota wisata, Pacitan memiliki keanekaragaman tempat wisata seperti pantai dan goa. Berbicara tentang pantai, biasanya yang terbayang dalam benak Teman Traveler adalah pantai yang memiliki pemandangan yang luas dengan hamparan pasir yang membentang, deburan ombak dan batu-batu karang. Tetapi tidak dengan destinasi wisata yang satu ini yaitu Pantai Banyu Tibo. Seperti apa keindahannya? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Hotel Serba Warna Pink di Bali, Gemesin dan Bikin Jatuh Hati

Punya Fenomena Alam Alami yang Menawan

img_20190806_093506_6sz.jpg
Pantai Banyu (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Pantai Banyu Tibo adalah salah satu tempat wisata di Kota Pacitan yang sangat mempesona. Terdapat sebuah fenomena alam yang cukup unik dan jarang di temukan di pantai lain yaitu air terjun yang jatuh langsung ke pantai.Fenomena dan pemandangan ini menjadi daya tarik utama Pantai Banyu Tibo. Air terjun yang terletak di bibir pantai ini di sebut warga sekitar dengan nama “Banyu Tibo” atau dalam bahasa Indonesianya Air Terjun.

img_20190806_093415_US5.jpg
Favorit Wisatawan (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Air terjun ini berasal dari sebuah sungai kecil dengan air yang cukup jernih. Menurut warga sekitar, air ini tidak akan pernah kering walaupun di musim kemarau. Aliran air inilah yang berakhir terjun dan menyatu dengan debur ombak laut selatan di sebuah teluk kecil yg dikelilingi batu karang.

Tujuan Favorit Wisatawan

img_20190806_093324_vcq.jpg
Potret Ombak Pantai Banyu (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Saat Teman Traveler mendatangi Pantai Banyu Tibo yang menjadi tujuan favorit dalam paket wisata pacitan 2 har 1 malam ini, Teman Traveler dapat menikmati air terjun yang tidak begitu tinggi di bibir pantai. Wisata ini juga menyediakan tangga. Selain itu, Teman Traveler juga dapat menikmati keindahan pasir putih Pantai Tibo dengan cara berenang.

Memiliki bibir pantai yang bersih dengan pasir putihnya yang halus menciptakan suasana yang aman dan nyaman saat menikmati keindahan pantai ini di waktu cuti. Teman Traveler dapat mandi di air terjun pantai karena merupakan air tawar yang dapat mencuci lenggketnya badan sesudah terkena air asin laut.

Memiliki Ombak yang Cukup Besar

img_20190806_093450_9gB.jpg
Air Terjun Alami (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Ombak di pantai ini cukup besar jika sedang pasang, mesikipun berbahaya tidak sedikit pengunjung yang turun ke pinggir pantai untuk menikmati air terjun tersebut. Untuk turun ke pinggiran pantai, dibutuhkan keahlian dan keberanian, karena Teman Traveler akan melewati tebing-tebing karang. Saat akan turun ke pinggiran pantai. Disarankan untuk meminta bantuan kepada petugas pengawas pantai.

Aktivitas Pantai

img_20190806_093336_Hig.jpg
Persisir Panta Pantai Banyu (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Aktivitas yang bisa Teman Traveler lakukan saat berada di Pantai Banyu Tibo ini adalah memancing. Bagi Teman Traveler yang hobby mancing bisa mencoba spot mancing disekitar area pantai. Di pinggiran Pantai Banyu Tibo ini didominasi dengan tebing-tebing karang yang menjadi tembok kokoh pantai. Teknik yang sering dipakai oleh pemancing adalah rock fishing.

Perjalanan menuju Pantai

img_20190806_093359_JJS.jpg
Deburan Ombak Menghempas Karang (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Secara administratif Pantai Banyu Tibo ini terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo, tepatnya di bagian Barat Kota Pacitan. Rute ke Pantai Banyu Tibo ini yang paling mudah dan di rekomendasikan melalui jalur menuju Goa Gong. Dari jalan utama Pacitan – Solo, tepatnya di pertigaan dekat masjid besar Punung (jika dari Pacitan setelah Pasar Punung). Dari pertigaan ini jika dari arah Pacitan belok ke kiri, sampai ketemu pertigaan lagi ambil kanan, ikuti terus jalan aspal jalur Goa Gong.

img_20190806_093348_Vtf.jpg
Potret Indah Pantai Banyu (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Setelah sampai kompleks Goa Gong, silahkan ambil jalan jurusan Kalak (ada papan penunjuk arah). Sampai di perempatan Balai Desa Kalak ambil kiri setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan, ambil jalan yang kanan arah Desa Widoro ikuti terus jalan ini sampai ketemu petunjuk informasi di depan bak besar penampungan air yang mengarahkan Teman Traveler ke Pantai Banyu Tibo. Dari petunjuk arah ini selanjutnya melewati jalan yang sudah dirabat dua jalur.

img_20190806_093437_gGE.jpg
Menikmati Indahnya Pantai Bersama Teman (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Jika bertemu pertigaan, ambil jalan yang kanan, ikuti terus jalan ini maka akan sampai Pantai Banyu Tibo. Mobil sebenarnya bisa masuk sampai tepi pantai, tetapi sedikit susah karena jaraknya beberapa meter dari pantai, jalan rabatnya hanya satu jalur.

Cukup mudah untuk mengaksesnya bukan? Sajian pantai yang indah juga menawan dapat Teman Traveler rasakan di Pantai Banyu Tibo ini Next

ramadan

Berburu Kue Unik nan Lezat di Colette & Lola Puri Indah Mall

Slash, Kentang Panggang di Tengah Wisata Kuliner Pulosari Malang yang Melegenda