in ,

Pantai Berbahaya di Dunia, Indah Namun Bisa Bikin Celaka

Pantai Indah Tidak Selamanya Aman, Ada yang Penuh Lava Panas sampai Dibanjiri Hiu Ganas

Pantai Berbahaya Dunia
Pantai Berbahaya Dunia

Menjelajah pantai menjadi kegiatan favorit ketika berlibur. Apalagi kalau di satu kawasan terdapat deretan pantai indah. Seperti di daerah Malang Selatan atau Gunungkidul, Jogja. Namun wisata alam indah ini pun tidak selamanya aman. Terdapat pantai berbahaya di dunia yang sebaiknya dihindari meski kecantikannya sangat memesona. Ingin tahu di mana saja? Yuk dibaca ulasan berikut.

Baca juga : Medan, the Melting Pot of the Old World

Fraser Island, Australia

Fraser Island, Australia via Instagram @jamegree
Fraser Island, Australia via Instagram @jamegree

Pantai berbaya di dunia ini berada di Pulau Fraser, Australia. Pulau ini telah dibanjiri oleh jenis ubur-ubur paling beracun di dunia, yaitu irukandji. Walaupun ukurannya kecil, tetapi orang yang disengat akan mengalami beragam gejala mematikan, seperti sakit di bagian perut, muntah-muntah, berkeringat, tekanan darah tinggi, bahkan serangan jantung.

Menurut laporan resmi di pulau ini, tidak sedikit orang yang telah disengat oleh irukandji.  Bahaya di daratan pun menanti, sebab Fraser dihuni oleh sekitar 25-30 kawasan anjing asli Australia, dingo, yang juga terkadang menyerang manusia.

Cape Tribulation, Australia

Cape Tribulation, Australia via Instagram @yarahdb
Cape Tribulation, Australia via Instagram @yarahdb

Pantai bahaya di dunia lainnya juga berada di Australia, yaitu Cape Tribulation. Pantai ini terletak di sepanjang pesisir Queensland. Walaupun indah dengan hamparan pasir penuh kerang dan pohon palem, namun terdapat jebakan alami di area ini. Lautannya pun dipenuhi dengan ubur-ubur yang siap menyengat kapan saja. Sekalipun ingin berenang, harus memakai pakaian selam. Namun bahaya lebih mengerikan mengintai, yaitu buaya air asin pun tinggal di perairan ini. Cape Tribulation pun merupakan habitat dari burung kasuari, emu, dan burung unta yang siap menyerang jika merasa terganggu.

Utakleiv Beach, Norwegia

Uttakleiv Beach, Norwegia via Instagram @viajandoconsu
Uttakleiv Beach, Norwegia via Instagram @viajandoconsu

Uttakleiv merupakan pantai yang tepat untuk melihat aurora borealis, apalagi dengan bebatuan karang di daratannya yang menambah kecantikannya. Pantai ini terletak di lingkar arktik, sehingga dikelilingi perairan dengan suhu antara 8 sampai 14 celcius. Sayangnya, suhu di pantai ini sangat berbaya. Menurut National Center for Cold Water Safety, perairan dengan suhu dibawah 15,5 derajat celcius tergolong sangat berbahaya dan mengancam hidup. Kebayang kan betapa dingin dan berbahayanya?

Skeleton Coast, Namibia

Skeleton Coast, Namibia via Instagram @chouchou_travel
Skeleton Coast, Namibia via Instagram @chouchou_travel

Skeleton Coast, pantai berbahaya di dunia selanjutnya ini tak kalah mengerikan. Arus Benguela di perairannya terkenal sering menghancurkan pesawat yang lewat. Selain itu, terdapat sekitar 11 spesies hiu. Bahkan di daratannya ada singa dan hyena yang berkeliaran. Saking berbahayanya, kawasan ini mendapat sebutan “Gates of Hell”.

Kilauea Beaches, Hawaii

Kilauea Beaches via Instagram @joel_rehzzz
Kilauea Beaches via Instagram @joel_rehzzz

Pantai-pantai yang berada di dekat gunung berapi Kilauea di Pulau Hawaii memang memiliki pasir yang lembut dengan lautan jernih. Namun Gunung Kilauea tidak berhenti meletus selama 35 tahun terakhir, serta memuntahkan lava ke dalam lautan sampai menaikkan temperatur sampai 100 derajat. Bahkan Mei 2018 lalu pun meletus hebat hingga menghancurkan rumah-rumah. Hal tersebut mengakibatkan Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii ditutup sementara.

Boa Viagem Beach, Mexico

Boa Viagem Beach via Instagram @landroots
Boa Viagem Beach via Instagram @landroots

Pantai berbahaya di dunia lainnya berada di Mexico. Merupakan salah satu tempat dengan laporan serangan hiu tertinggi. Ikan tersebut menggunakan palung yang ada di pinggir lautan sebagai rute migrasi dan berburu di perairan dangkal. Pembangunan di sekitar area tersebut mengganggu ekosistem laut, sehingga semakin mendorong hiu-hiu tersebut untuk mencari sumber makanan baru.

New Smyrna Beach, Florida

New Smyrna Beach, Florida via Instagram @dariahuxley
New Smyrna Beach, Florida via Instagram @dariahuxley

New Smyrna adalah pantai berbahaya di dunia dengan perairan yang dipenuhi hiu. Serangan hiu pun tidak hanya di lautan bagian tengah, bahkan sampai di pinggir pantai yang perairannya dangkal. Walaupun serangan tersebut sudah semakin berkurang, namun pantai ini tetap menjadi salah satu yang berbahaya.

Pantai-pantai yang telah diulas di atas memang berbahaya. Jika Teman Traveler masih nekad mengunjunginya, pastikan ekstra hati-hati. Bagaimana, berani? Next

ramadan
Serba Rok Aura Kasih

Outfit Liburan serba Rok ala Aura Kasih, Cocok Buat Liburan ke Mana Saja

Pulau Lihaga Manado

Rekomendasi Wisata Manado, Telusuri Tiap Sudut Indah Maldives van Celebes