in , , ,

Pantai Dato, Eksotisnya Pantai Terumbu Karang di Kabupaten Majene Sulawesi Barat

Pantai Dato berada di Kabupaten Majene memiliki air biru kehijauan yang begitu jernih, membuatmu bisa melihat kehidupan bawah laut dengan kasat mata.

Pantai Dato, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat

Terkenal dengan pesisir pantainya yang indah, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, punya sejumlah objek wisata pantai yang siap memberikan kesan mendalam saat dikunjungi. Salah satu yang ikonik adalah Pantai Dato, dengan pesona terumbu karangnya yang tak kalah dengan pantai lain di Indonesia.

Baca juga : Klapertart, the Delicious Remnant of the Dutch in Manado

Ombak di pantai ini cukup tenang, oleh karena itu sering dijadikan tujuan wisata keluarga maupun rombongan. Baik yang hanya sekedar melepas penat sambil menatap laut, menyusuri pantai dengan memanfaatkan fasilitas, atau melakukan kegiatan terbaik di sini sampai puas.

Keindahan Surga Terumbu Karang Pantai Dato

Destinasi wisata unggulan Kabupaten Majene ini terletak di kawasan Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur. Awalnya dibuka sebagai lokasi wisata umum adalah tahun 1998, lalu terus dilakukan pengembangan dengan menambah nilai cantik dan unik dari pantai tersebut.

Pantai Dato
Pantai Dato Surga Terumbu Karang Majene via pantainesia.com

Saat ini, yang paling menarik adalah kejernihan air perpaduan warna hijau dan biru. Memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk bisa melihat kehidupan bawah laut secara kasat mata. Selain itu, jika mau melihat pemandangan dari ketinggian, tinggal nikmati dari bukit karang di sisi kiri pantai yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung.

Beragam Fasilitas Tersedia

Mau tahu apa saja fasilitas yang tersedia di Pantai Dato, sehingga akan membuat Teman Traveler betah berlama-lama di sini? Ada deretan kursi pantai yang bisa ditempati, untuk memaksimalkan kesempatan menikmati keindahan pantai dan sekitarnya. Kamu bisa mengambil posisi paling strategis jika ingin melihat suasana saat matahari tenggelam dengan sempurna.

Wisata di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat
Gazebo di Pantai Dato via pesisir.net

Ada pula gazebo yang berada di atas rangkaian jembatan khusus, bisa dijadikan tempat istirahat sejenak sambil merasakan sensasi deburan ombak landai yang datang dari tengah laut. Satu buah gazebo bisa ditempati hingga 10 orang lebih lho.

Pengelola objek wisata ini juga sudah menyediakan toilet, untuk dapat digunakan ketika kamu ingin ke kamar kecil atau membersihkan kaki dan tangan usai bermain di pinggir pantai. Sebelum masuk ke area pantai, tersedia area parkir yang cukup luas untuk memarkir bus, mobil, hingga kendaraan roda dua.

Pantai Dato
View Pantai Dato via bandungklik.com

Kamu lapar saat sedang berada di kawasan Pantai Dato? Jangan khawatir, tinggal cari warung yang tersedia di sepanjang pantai, menyediakan berbagai jenis makanan khas Majene dan makanan ringan. Harganya juga sangat terjangkau untuk sendiri maupun untuk rame-rame.

Kegiatan Terbaik di Pantai Dato

Di sini, kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik seputar air laut dan pasir pantai. Kalau Teman Traveler datang di bulan September, mungkin akan berkesempatan melihat lomba perahu di pantai ini yang diberi nama Sandeq Race.

Wisata di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat
Melihat Matahari Terbenam di Pantai Dato via pesisir.net 

Untuk melihat secara langsung bagaimana kehidupan terumbu karang di bawah laut kawasan pantai ini, kamu bisa melakukan snorkeling dengan membawa alat sendiri. Bisa juga menyewa alat dari penduduk setempat dengan harga terjangkau. Kalau mau melihat matahari terbenam dari spot terbaik pantai ini, jangan lewatkan pemandangan dari bukit karang di sisi pantai.

Rute dan Harga Tiket

Kalau kamu mau berkunjung ke Pantai Dato, dibutuhkan waktu sekitar tujuh menit dari pusat Kabupaten Majene. Dengan rute terdekat melalui Jalan Ammana Pattolawali, Jalan AP Pettarani. Kemudian menuju Jalan Poros Majene dan sampai ke Jalan Lettu Moh. Yamin.

Wisata di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat
Berjalan-jalan di Pantai Dato via tribun-sulbar.com 

Jangan lupa persiapkan biaya masuk Rp5.000 per orang dewasa dan Rp3.000 per anak. Sedangkan biaya parkir hanya Rp5.000 per mobil dan Rp2.000 per motor.

Yuk liburan ke Pantai Dato! Dijamin kamu akan punya memori tak terlupakan tentang ikon Kabupaten Majene yang juga sudah mendunia karena pesona terumbu karangnya ini. Next

ramadan
Panbil Nature Reserve

Panbil Nature Reserve, Liburan Kembali ke Alam di Batam yang Dipadukan dengan Wisata Edukasi

ikan belida terancam punah

Belida, Ikan Air Tawar Asal Indonesia yang Keberadaannya Terancam Punah