in , ,

Pantai Goa Pathuk Ilang, Nirwana Pribadi di Pelosok Malang

Menikmati Kesendirian di Pantai Goa Pathuk Ilang

Pantai Goa Pathuk Ilang
Pantai Goa Pathuk Ilang (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Membicarakan pantai di Malang seolah takkan ada habisnya. Sisi selatan Kota Bunga menyimpan banyak keindahan khas pesisir yang sungguh memanjakan mata. Asyiknya lagi, tak sedikit pantai yang jarang disambangi dan hadirkan suasana bagai nirwana pribadi. Pantai Goa Pathuk Ilang adalah salah satunya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Cafe Apung Rowo Klampok Malang, Serunya Kulineran di Atas Waduk

Berada di Kawasan Ngliyep

Pantai Goa Pathuk Ilang masuk wilayah Dusun Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Destinasi mungil ini juga berada tak jauh dari Pantai Ngliyep. Jadi jika Teman Traveler berniat menjelajah kawasan ini, rutenya cukup mudah.

2019_08_27_07_8Uz.jpg
Tak butuh biaya banyak untuk masuk sini (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Pacu kendaraan Teman Traveler menuju arah Ngliyep dari Malang atau Kepanjen. Ikuti jalur menuju Pagak-Sumbermanjing. Jalanannya sudah mulus dan mudah diakses. Kalian takkan menemukan banyak jalur berbatu alias makadam.

Murah Meriah

Menikmati keindahan pantai ini, Teman Traveler tak perlu mengeluarkan biaya banyak. Kalian cukup membayar Rp10.000 per orang, plus biaya parkir Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk mobil. Loketnya jadi satu dengan Pantai Ngliyep, sehingga kalian tak perlu mengeluarkan biaya ekstra jika tidak dipungut biaya tambahan untuk bisa masuk ke pantai lainnya.

2019_08_27_07_uWX.jpg
Dari kejauhan nampak Pantai Jembatan Panjang (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Dari loket pembayaran Teman Traveler bisa langsung menuju Ngliyep atau membawa kendaraan mendekati Goa Pathuk Ilang. Kalian bisa memarkir kendaraan di area mungil sebelum Watu Lawang.

Panorama Menakjubkan

Goa Pathuk Ilang memang belum sepopuler Ngliyep maupun pantai lain di sekitarnya. Namun bentang panoramanya yang menakjubkan sungguh pantang diremehkan. Di sini Teman Traveler bakal disuguhi perairan luar biasa jernih, dengan ombak yang cukup tenang.

2019_08_27_07_K43.jpg
Ayunan di sekitar pantai (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Di sekeliling pantai terdapat tebing karang dengan barisan pohon kelapa yang membuat suasana jadi lumayan rindang. Hamparan pasirnya nampak putih kecoklatan, berpadu apik dengan terumbu karang yang terdampar di bibir pantai. Tak jauh dari sini, Teman Traveler juga bisa melihat beberapa biota laut yang bersembunyi di antara pasir dan karang, seperti kepiting, lobster, ikan kecil, bintang laut, serta bulu babi.

Bikin Pikiran Rileks

Dengan atmosfer tenang yang ditawarkan, Goa Pathuk Ilang sangat cocok buat kalian yang ingin habiskan waktu sambil berendam maupun berenang. Di sini kalian bisa beristirahat sambil melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Deburan ombak dan suasana rindang bakal jadi hal utama yang memanjakan Teman Traveler.

2019_08_27_07_4Ci.jpg
Pepohonan di sekitar pantai (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di sini. Dijamin bakal jadi pengalaman liburan yang tiada duanya. Sembari habiskan hari bersama sahabat, kalian bakal ditemani deburan gulungan ombak saling bersahutan. Nikmati juga pemandangan mentari terbenam yang tak kalah luar biasa di sini.

Menjelajah Goa

Tak jauh dari pesisir, Teman Traveler bakal menemukan goa bermulut kecil di sisi timur. Mengusung nama Pathuk, menurut warga sekitar tempat ini dulunya kerap digunakan untuk bermeditasi. Ketika air pasang, mereka percaya bahwa goa ini akan tertutup sepenuhnya, seolah hilang atau ‘ilang’ dalam Bahasa Jawa. Inilah yang sekaligus menjadi asal-muasal nama pantai ini.

2019_08_27_07_LQg.jpg
Deburan ombak sekitar pantai (c) Anjani Audita/Travelingyuk

Jika Teman Traveler sudah keroncongan, jangan khawatir. Di sekitar sini sudah tersedia beberapa kios kecil yang menjual seafood dan es kelapa muda. Selain itu juga tersedia fasilitas pendukung seperti kamar mandi. Bagaimana, cukup lengkap bukan?

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Goa Pathuk Ilang. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Malang dan menginginkan suasana private, boleh coba mampir ke sini. Namun ingat, jangan lupa jaga kebersihan lingkungan sekitar ya. Selamat berlibur! Next

ramadan

Written by anjani audita

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kotabaru, Pesona Estetik di Pusat Kalimantan Selatan

Bakso Pak Jalil

Bakso Pak Jalil Surabaya, Kuah Kaldu Tiada Duanya