in , , , , ,

Dibalik Tersembunyinya Keindahan Pantai Karang Agung Kebumen Yang Menakjubkan

Kabupaten Kebumen memang salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak pantai dengan panorama yang indah. Hingga menjadi salah satu objek wisata andalan bagi masyarakat Kabupaten Kebumen, hingga kota kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Karang Agung yang terletak di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Baca juga : Wisata Lebaran Rekomendasi Joko Roro Malang

Karang karang menjadi keindahan pantai Karang Agung Kebumen. Foto via inibaru.id

Lokasinya cukup tersembunyi di balik perbukitan karst, maka tidak heran tempat wisata ini tergolong sepi. Sangat tepat bagi kamu yang mencari ketenangan.  Tetapi biasanya akhir pekan atau libur lebaran, ramai dikunjungi oleh warga Kebumen dan sekitarnya bahkan diluar Kebumen.

Bagi kamu yang suka melakukan perjalanan wisata yang asyik dan menantang, pantai yang satu ini bisa menjadi referensi. Pantai ini memiliki rute yang cukup liar dan terjal. Bila pantai lain memiliki lokasi parkir atau tempat penitipan kendaraan yang dekat dengan lokasi wisatanya, Pantai Karang Agung sedikit berbeda, lokasinya masih belum memungkinkan untuk ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari lokasi parkir, pengunjung harus treking melalui jalan setapak menerobos hutan jati milik perhutani sejauh satu kilometer. Mendekati pantai, medan yang harus dilalui semakin curam. Harus ekstra hati-hati dan penuh kesabaran untuk sampai di sana. Apalagi jika berkunjung saat musim hujan. Cukup menguras tenaga, tapi keindahan yang ditawarkan tak akan membuat Anda menyesal.

Karang indah menjadi khas pantai Karang Agung Kebumen. Foto via instagram @taufikfitrians2

Uniknya, Pantai Karang Agung tidak memiliki pasir. Permukaan ditutupi dengan batu-batu koral dengan berbagai ukuran dan warna. Batu-batu yang bentuknya indah. Hal menonjol lainnya adalah keberadaan batu karang yang berdiri kokoh sehingga pantai dinamakan Karang Agung. Memiliki bentuk yang tinggi, besar, dan berdiri kokoh. Menariknya lagi, di atasnya ditumbuhi pepohonan hijau yang indah. Konon pada zaman dulu, batu itu dianggap sakral dan keramat oleh warga sekitar.

Pantai ini didominasi oleh karang-karang besar dan kecil. Bermain pasir sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi menjadi aktivitas yang umum dilakukan. Apabila pengunjung ingin main air atau mandi, pengunjung dapat melakukannya dengan tenang dan penuh kegembiraan. Biasanya pantai di Kebumen, dikenal dengan ombak yang ganas sehingga ada larangan mandi di pantai. Namun saat ingin benar benar mandi atau berenang, pengunjung bisa mengambil tempat di tepiannya atau sekitar karang besar.

Sunset indah di pantai karang agung kebumen. foto via instagram @a_riyan21

Sembari bermain, pengunjung bisa menunggu sunset tiba dan nikmati malam di sana dengan membuat api unggun. Pantai Karang Agung juga menjadi salah satu spot sempurna untuk menanti matahari terbenam atau sunset. Disarankan untuk membawa bekal secukupnya seperti cemilan dan air mineral karena penjualan makanan sangat minim apalagi hari biasa, tidak ada yang menjual makanan. Next

ramadan
fi rumah hantu drive thru

Uji Nyali ke Rumah Hantu Drive Thru di MOI Kelapa Gading, Pertama di Indonesia

fi tradisi cupu panjala

Tradisi Cupu Panjala di Gunungkidul, Perkiraan Kejadian Pada Tahun Depan