in , ,

Pantai Karangsong di Indramayu, Pantai dan Hutan Bakau yang Saling Menyatu

Pantai Karangsong, via instagram

Pantai Karangsong yang ada di kabupaten Indramayu wajib traveler kunjungi saat liburan di Kota Mangga tersebut. Pantai ini bukan hanya menyuguhkan pemandangan laut yang menghampar luas namun juga menawarkan pengunjung berkeliling hutan bakau yang tumbuh subur di pesisir pantainya.

Baca juga : Ini Warung Tertinggi di Indonesia, 3.150 MDPL

Jarang-jarang ada pantai yang sekaligus mempunyai atraksi wisata hutan mangrove dalam satu lokasi. Kalau di Trenggalek ada Pancer Cengkrong maka Indramayu terkenal dengan Pantai Karangsong. Pantai ini terletak di desa Karangsong, kecamatan Indramayu, kabupaten Indramayu. Dalam beberapa tahun terakhir pantai ini menjadi daya tarik wisatawan yang berlibur ke kabupaten ini.

Pantai Karangsong, via instagram
Pantai Karangsong, via instagram

Banyak hal-hal unik yang bisa dijumpai traveler di kawasan Pantai Karangsong. Mulai dari perjalanan menuju ke pantai, traveler akan disuguhi pemandangan para pengrajin kapal sedang membuat kapal kayu dalam ukuran kecil hingga besar. Memasuki area pantai akan terlihat TPI Karangsong dengan kesibukannya para nelayan yang melakukan pelelangan hasil tangkapan.

Hutan Mangrove Pantai Karangsong, via instagram
Hutan Mangrove Pantai Karangsong, via instagram

Satu lagi kegiatan yang sangat digandrungi traveler muda di Pantai Karangsong yaitu berkeliling hutan mangrove. Ada dua cara menikmati wisata hutan bakau di Pantai Karangsong, pertama dengan jalan kaki melewati jembatan kayu. Cara ini lebih murah karena tidak butuh mengeluarkan biaya namun tidak bisa mengelilingi seluruh kawasan.

Cara yang kedua adalah dengan menyewa perahu nelayan dan berkeliling hutan dengan berperahu. Untuk menikmati hutan bakau dari perahu, setiap traveler harus membayar Rp. 10 ribu. Tidak mahal mengingat kamu bisa puas berkeliling kawasan hutan mangrove yang cukup luas di pantai tersebut.

Proses pembuatan kapal di jalan masuk ke Pantai Karangsong, via instagram
Proses pembuatan kapal di jalan masuk ke Pantai Karangsong, via instagram

Pantai Karangsong sebagai pantai di pesisir utara pulau Jawa mempunyai karakteristik ombak landai namun berpasir cokelat bercampur lumpur. Jenis pantai seperti ini kurang cocok untuk bermain snorkeling atau pun menyelam meski lautnya cukup tenang. Sehingga selain berkeliling hutan bakau, kegiatan favorit pengunjung di Pantai Karangsong adalah memancing.

Jika wisatawan ingin bermain air seperti snorkeling, diving dan berenang umumnya mereka akan menuju ke Pulau Biawak yang terpisah jarak 40 kilometer dari bibir Pantai Karangsong. Pantai ini pula yang menjadi posisi start menuju ke Pulau Biawak dengan menyewa perahu nelayan. Di pulau itu pantainya punya air yang jernih, pasirnya pun putih bersih serta pemandangan bawah lautnya sangat keren. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

14 Destinasi Wisata Sumedang Kota Tahu Yang Wajib Kamu Tahu

Uniknya Nordlingen, Kota di Dalam Kawah Meteor