in ,

Ini Rahasia Pantai Klayar Yang Selama Ini Tidak Diketahui Traveler

4. Karang di Pantai Klayar Tidak Sepenuhnya Berupa Struktur Karst

Geopark Gunung Sewu yang mencakup tiga wilayah yaitu Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul dikenal sebagai taman bumi dengan kekayaan struktur karst yang sangat luas dan bahkan disebut-sebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Pantai Klayar adalah salah satu geoarea yang ada di Pacitan dan sangat terkenal di dunia pariwisata nasional.

Baca juga : Dewi Sri, Wisata Baru Malang yang Tonjolkan Sawah Instagenic

Karang di Pantai Klayar Tidak Sepenuhnya Berupa Struktur Karst, Foto By @aroyad
Karang di Pantai Klayar Tidak Sepenuhnya Berupa Struktur Karst, Foto By @aroyad

Sebagai salah satu kawasan karst, pantai ini malah memiliki struktur karang unik yang terbentuk bukan dari batuan gamping atau karst. Menurut ahli geologi, batu karang di sisi timur yang membentuk formasi seperti batu Spinx sebetulnya merupakan struktur batu pasir dengan sedikit campuran batu kapur. Hal ini cukup masuk akal mengingat jika karang tersebut berupa karst murni maka akan mudah luruh ketika terhempas ombak. Sedangkan batu pasir memiliki struktur yang lebih padat dan kuat sehingga tebing-tebing tersebut masih berdiri kokoh.

Baca Juga : Ini Pantai di Lombok yang Punya Karang Unik Berbentuk Payung

Itulah beberapa fakta yang jarang diketahui traveler di Pantai Klayar. Dengan tahu fakta-fakta tersebut semoga traveler yang berkunjung makin mencintai keunikan pantai ini dan menjaga kelestariannya. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Pilgrim Springs, Kolam Air Panas di Tengah Padang Salju

Tips Mengunjungi 5 Landmark Paling Terkenal di Dunia ini Secara EKSKLUSIF