in , ,

Pantai Kondang Iwak, Perpaduan Pantai dan Air Tawar yang Serasi

Kawasan Malang Selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Membuat kawasan pesisir tersebut kaya akan keindahan alamnya. Lebih dari 50 pantai berjejer mulai dari titik timur hingga barat batas wilayah Kabupaten Malang.

Baca juga : Gunung Leuser Aceh, Belantara Langka yang Seliar Amazon

Namun hanya sedikit yang terjamah oleh wisatawan. Selain destinasi populer ada juga pantai-pantai tersembunyi yang tak bernama dan bahkan jarang dikunjungi.

Pantai Kondang Iwak via instagram @indramoon

Salah satunya adalah Kondang Iwak. Pantai yang kurang begitu populer. Tapi jangan salah dulu, keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di Pulau Dewata. Disisi lain, lokasinya yang tersembunyi membuat alamnya terjaga dan tetap hijau lestari. Benar saja, areanya bersih dari sampah. Rerimbunan hutan di sekitar pantai tampak hijau dan asri.

Lokasi Pantai Kondang Iwak berada di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Kamu bisa ambil arah pasar Sumbermanjing Kulon, dan mengikuti jalan aspal. Jika banyak percabangan tanyalah pada penduduk sekitar arah Pantai Kondang Iwak. Karena selama perjalanan tidak ada petunjuk arah untuk ke pantai tersebut.

Perjalanan menuju pantai memang menguras tenaga, jalan yang tak mulus akan membuat mu lebih ekstra untuk menjaga keseimbangan saat berkendara motor. Karena kamu bakal melewati jalanan berlumpur yang licin dan jika kamu naas, bisa saja masuk ke lubang lumpur yang lebih dalam.

Tampak Jalanan Menuju Pantai Kondang Iwak via instagram @verzamalang_club

Saat sampai di pesisir pantai, kerja kerasmu terbayarkan oleh pesona alamnya. Deburan ombak yang besar dan pasir putihnya yang bersih membuat mu lupa akan hiruk piruk perkotaan. Tetap amankan kendaraan mu, karena tidak ada penitipan kendaraan. Bahkan loket dan fasilitas lainnya tidak tersedia di pantai tersebut.

Muara sungai di Kondang Iwak via instagram @krambilan_beach

Diujung timur pesisir, terdapat muara sungai yang begitu eksotis. Jernihnya air yang sekilas tampak hijau, berpadu dengan rimbunya hutan di sisi kanan dan kirinya membuat suasana begitu segar dan natural. Muara sungai inilah yang menjadikan cikal bakal nama pantai tersebut. Karena tempat dimana para ikan berkumpul dimuara. Dan penduduk sekitar menamakan sebagai kondang Iwak, dimana para ikan berkumpul sesuai jenis kawanannya. Dan dijadikan tempat para penduduk lokal untuk memancing.

Sunset di Pantai Kondang Iwak via instagram @evantolo14

Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati sunset disore hari. Ambil lah waktu yang tepat saat musim kemarau agar tak terhalang oleh awan mendung. Tetap berhati hati, karena masih banyak hewan liar yang berlalu lalang, misalnya biawak, ular, monyet, dan lainnya. Next

ramadan
Pulau Pagang Sumbar

Wisata Pulau Pagang, Spot Bahari Sumbar yang Mengagumkan

Asem-asem Kambing

Asem-asem Kambing, Kuliner Khas di Jawa Timur