in , , , , ,

Pantai Menganti Kebumen, Keindahan Pantai diBalik Perbukitan

Pantai Menganti merupakan keindahan alam kota Kebumen. Foto via idntimes.com

Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki segudang daftar tempat wisata terbaik, mulai dari wisata alam perbukitan hingga wisata pantai yang selalu menarik perhatian wisatawan. Salah satu pantai favorit di Kebumen yang selalu menjadi pilihan liburan bagi warga Kebumen adalah Pantai Menganti. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah ini menawarkan pesona keindahan yang luar biasa.

Baca juga : 5 Arung Jeram Terekstrem di Indonesia, Puas Tantang Adrenalin

Jarak dari Kecamatan Gembong sekitar 40 km, lokasinya berada di bagian selatan pulau Jawa, atau termasuk dalam jajaran pantai selatan. Berdasarkan mitosnya, pantai ini menyimpan misteri yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Pantai Menganti Kebumen ini masuk dalam kategori pantai terindah di Jawa Tengah. Oleh karena itu, pantai tak pernah sepi pengunjung, apalagi pada saat liburan tiba, maka bisa dipastikan banyak sekali pengunjungnya.

Gazebo gazebo membuat pengunjung betah menikmati pantai dari ketinggian. Foto via nativeindonesia.com

Sebenarnya pantai ini termasuk pantai yang jarang dikunjungi, namun setelah foto-foto keindahannya banyak yang diunggah di sosial media, maka banyak yang mengetahuinya dan tertarik untuk datang langsung untuk berlibur di sana. Terutama bagi warga Kebumen yang butuh tempat berlibur yang asyik dan masih dalm lingkup kawasan Kebumen sendiri. Sebab hal ini menjadi salah satu kebanggan tersendiri bagi warga Kebumen karena telah memiliki salah satu objek wisata yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Pantai Menganti Kebumen tidak sekedar memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tetapi juga menyimpan banyak mitos di kalangan penduduk sekitar. Berdasarkan cerita dari sesepuh Desa Karangduwur, bawah dulu di sana ada seorang panglima dari kerajaan yang melarikan diri ke kawasan laut selatan pulau Jawa.

Sunset indah di Pantai Menganti Kebumen. Foto via doyanyok.com

Panglima dan kekasihnya saling berjanji untuk bertemu di pantai selatan, dan panglima tersebut menanti sang kekasih di pantai ini dalam waktu yang lama hingga berhari-hari. Sedihnya, panglima sudah menanti lama namun sang kekasih tak kunjung datang. Oleh karena itulah pantai ini disebut dengan “Menganti” yang berarti “Menanti”. Selain itu, mitos lainnya adalah tidak boleh mengenakan pakaian yang berwarna hijau, sebab ada kaitannya dengan ratu pantai selatan atau Nyi Roro Kidul. Next

ramadan
fi trans studio garden

Trans Studio Garden di Tanjungpinang, Wisata Keluarga Saat Akhir Pekan

Pemerintah Evaluasi Kebijakan Tes PCR Sebagai Syarat Penerbangan