in , ,

Pantai Pidakan, Destinasi Bahari Unik di Pacitan

Menjelajah Indahnya Tiap Sudut Pantai Pidakan Pacitan

Sudut indah Pantai Pidakan
Sudut indah Pantai Pidakan (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Pacitan sudah lama dikenal memiliki banyak pantai indah. Salah satu yang pantang Teman Traveler lewatkan adalah Pantai Pidakan. Panorama yang ditawarkan bisa dibilang cukup unik, membuatnya tampak sedikit beda dibanding destinasi sejenis di Kota Seribu Goa. Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Baca juga : Ritual Unik Menyambut Gerhana Matahari di Indonesia, Ada yang Sampai Kerasukan

Mudah Diakses

psx_20191022_145100_3ru.jpg
Suasana Pantai Pidakan (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Secara administratif Pantai Pidakan berada di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Akses menuju sini sudah sangat mudah. Sepanjang jalan menuju pantai merupakan bagian dari jalur lintas selatan. Tak hanya mulus, Teman Traveler juga akan menemukan banyak tebing cantik selama perjalanan.

psx_20191022_145400_Zrc.jpg
Air laut saat sedang surut (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Mobil maupun sepeda motor bisa mengakses pantai ini tanpa masalah berarti. Namun khusus kendaraan besar seperti bus belum bisa sampai hingga pinggir pantai, maksimal hanya di tepi jalan raya saja. Berikutnya penumpang harus melanjutkan dengan berjalan kaki ke arah bibir pantai.

Murah Meriah

psx_20191022_145720_Lsg.jpg
Salah satu sudut indah di Pidakan (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Buat para pengguna sepeda motor dan mobil, jalur masuk menuju Pantai Pidakan sedikit berbeda. Penumpang motor bisa menuju pintu khusus, sementara kendaraan roda empat akan diarahkan ke jalur lain yang berada sekitar 50 meter dari jalur motor. 

Tiket masuk Pidakan sangat murah, hanya Rp5.000 per orang. Dengan bujet segitu, Teman Traveler sudah bisa menghabiskan waktu sambil berburu foto sepuasnya di sini.

Daya Tarik Pantai

psx_20191022_150356_oxJ.jpg
Beberapa sudut dipadati batuan alam (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Pidakan memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lain di Pacitan. Jika pantai umumnya memiliki hamparan pasir putih di sekitarnya, di sini Teman Traveler justru akan menemukan bentang alam dengan bebatuan unik di permukaannya. Jika dilihat sekilas, kawasan ini tampak mirip dengan Pantai Kolbano di Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Tidak ada yang tahu pasti dari mana bebatuan yang memenuhi wilayah Pidakan berasal. Ukurannya bervariasi, mulai dari paling kecil hingga besar. Jenisnya mirip seperti yang sering ditemukan di pinggir sungai. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, membuat banyak wisatawan penasaran hingga tertarik berkunjung.

psx_20191022_150536_hO9.jpg
View-nya mirip Pantai Kolbano di NTT (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Setiap musim liburan panjang tiba, bisa dipastikan kawasan ini bakal dipadati pengunjung. Ada yang datang bersama keluarga, sahabat, maupun dan pasangan. Apalagi di sini juga tersedia banyak spot foto cantik, tak heran jika Pidakan termasuk salah satu destinasi populer di Pacitan.

Suasana di sekitar pantai sendiri terasa begitu sejuk berkat kehadiran pepohonan rimbun di sekitar pantai. Teman Traveler juga akan melihat banyak batuan karang dan ombak besar di sini. Sayangnya, pengunjung dilarang berenang demi alasan keamanan

Fasilitas Umum

psx_20191022_150953_nRn.jpg
Suasana pantai di siang hari (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Fasilitas yang tersedia di sini sudah lumayan lengkap. Meski belum tersedia penginapan, Teman Traveler akan menemukan banyak kamar mandi umum dan warung.

Kebanyakan pengunjung Pidakan datang hanya untuk sekedar berekreasi dan langsung pulang. Jarang ada yang ingin menginap di sekitar sini meskipun pemandangannya lumayan bagus.

psx_20191022_151108_PVB.jpg
Mercusuar menambah keindahan pantai (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang tertarik mampir ke sini dan menikmati ketenangan secara maksimal, sebaiknya datang saat weekdays saja. Memasuki akhir pekan, dipastikan kawasan ini bakal sangat padat dan susah mendapatkan foto bagus.

psx_20191022_151321_uLB.jpg
Tempat duduk untuk bersantai (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Oh ya, kebersihan Pidakan juga sangat dijaga lho. Jadi ketika Teman Traveler mampir ke sini, jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya ya. Bagaimana, adakah di antara kalian yang sudah tertarik menjelajah wisata Pacitan dan mampir ke sini? Next

ramadan
Salah satu sudut Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor, Ada Kerangka Mamalia Terbesar Bumi!

Akomodasi Terinstagenic

5 Akomodasi Milenial Terinstagenic, Nginep Asyik Bonus Konten Ciamik