in , ,

Pantai Tikus Emas, Dimanja Indahnya Alam Bangka

Paling Pas untuk Habiskan Pekan Bersama Keluarga

Pantai Tikus Emas
Pantai Tikus Emas (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Jika liburan ke Pulau Bangka, pastikan Teman Traveler tak melewatkan mampir ke pantai. Salah satu yang menarik adalah Pantai Tikus Emas. Selain punya nama yang menggelitik, destinasi terkenal di kawasan Sungailiat, Kab. Bangka ini juga tawarkan panorama luar biasa indah. Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Tempat Makan Sajikan Kuliner Kuah di Palangkaraya, Yuk Coba Hindangan Kaya Rasa

Panorama Sungailiat

hamparan_pasir_c_zuD.jpg
Hamparan pasir putih (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Pantai Tikus Emas berada di kawasan Sungailiat, Kab. Bangka. Jaraknya sekitar 47 kilometer dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 90 menit.

Selain karena perairan biru kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang begitu luas, Pantai Tikus Emas sangat terkenal di antara wisatawan karena tempatnya mudah dijangkau. Jalanan menuju sini sudah diaspal halus beraspal dan relatif bebas tidak macet. Tak heran jika warga sekitar kerap memilih tempat ini jadi destinasi liburan untuk keluarga.

Keberadaan Tikus Emas

laut_biru_c_wFj.jpg
Perairan biru di Pantai Tikus Emas (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Tak ada yang tahu pasti mengapa pantai ini dinamakan Tikus Emas. Beberapa cerita menyebutkan bahwa di sekitar sini ada banyak jalan tikus yang kerap digunakan penambang illegal untuk mendistribusikan timah melalui laut. Tak sedikit pula yang mengklaim dulunya tepat ini banyak dihuni tikus.

ikon_tikus_emas_3o8.jpg
Patung Tikus Emas (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Namun Teman Traveler tak perlu takut atau jijik. Kini satu-satunya tikus yang tampak jelas ada di sini hanya berupa patung, berdiri tegak di dekat pintu masuk. Tak sedikit pengunjung yang menjadikannya sebagai tempat favorit untuk berfoto ria.

Biaya masuk pantai ini juga termasuk murah. Teman Traveler hanya perlu membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang. Sangat terjangkau bukan?

Pepohonan Rindang

pinus_ty_S52.jpg
Deretan pohon pinus (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Meski datang siang hari, Teman Traveler masih bisa menikmati keindahan pantai secara maksimal. Pasalnya di sekitar sini terdapat hamparan pepohonan pinus, berikan keteduhan optimal pada para pengunjung. Kalian bisa coba sensasi seru bersantai sambil berbaring di atas hammock. Dijamin bakal hadirkan sensasi liburan yang berbeda.

Fasilitas Memanjakan

jet_ski_Utl.jpg
Jetski (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Selain alamnya yang sempurna, di sini Teman Traveler juga bisa menikmati aneka fasilitas seru seperti voli pantai, rumah makan, flying fox, all terrain vehicle (ATV), jet ski, banana boat, hingga penyewaan tenda. Liburan jadi bakal terasa seru dan menyenangkan.

banana_boat_5WX.jpg
Bermain jet ski (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Ingin habiskan waktu lebih lama? Jangan khawatir, Teman Traveler bisa bermalam di salah satu penginapan yang ada di sekitar pantai. Sungguh pas buat kalian yang ingin habiskan masa liburan bersama keluarga maupun para sahabat.

Apik untuk Family Gathering

pemanggang_ikan_2XK.JPG
Memanggang seafood (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Pantai ini juga asyik untuk mengadakan family gathering maupun outbond kantor. Jika datang saat akhir pekan, Teman Traveler mungkin akan melihat banyak orang berkumpul dan lakukan beragam aktivitas seru. Asyiknya, pengelola pantai sudah sediakan beberapa fasilitas seperti panggung, tenda, kursi, sound system, dan alat bakar-bakar. Dijamin bakal seru deh!

Vihara Puri Tri Agung

vihara_qJ1.jpg
Puri Tri Agung (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Tak jauh sini, Teman Traveler bisa temukan padepokan Puri Tri Agung, yakni tempat ibadah untuk umat Kong Hu Cu, Budha, dan Taoisme. Bangunannya miliki arsitektur yang cukup menarik. Kalian bisa mampir ke sini untuk mengetahui tata cara ibadah ketiga kepercayaan tersebut dari dekat atau sekedar berfoto ria dengan latar belakang menarik.

laut_dari_vihara_c_Wzy.jpg
Pemandangan laut dari vihara (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Setelah berkunjung ke vihara, Teman Traveler bakal dimanja pemandangan laut biru dengan hamparan pasir putih. Hal ini lantaran bangunannya menghadap langsung ke arah pantai. Panoramanya benar-benar mempesona. Wajib disambangi jika sedang liburan di Bangka.

Masuk vihara Teman Traveler tak perlu membayar biaya sama sekali. Kalian juga boleh berfoto sepuasnya, asal tidak mengganggu ibadah dan merusak fasilitas di sana.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Tikus Emas. Jangan lupa mampir jika kalian sedang mampir ke Bangka ya. Dijamin takkan menyesal! Next

ramadan
Candi Tebing Tegalinggah

Candi Tebing Tegallinggah, Wisata Spiritual Kuno di Bali

Raffa Cafe Bojonegoro

Raffa Cafe, Nongkrong Paling Hits di Bojonegoro