in ,

Pantai-Pantai Cantik dengan Ombak Tenang di Pesisir Utara Jawa Timur

Pulau Bawean
Pulau Bawean (c) liburan

Ombak yang tenang akan membuat kamu semakin tentram. Khususnya di pesisir utara Jawa Timur. Ada sebagian pantai yang ombaknya tidak seganas perairan di pesisir selatan. Kamu juga bisa melihat bagaimana aktivitas sehari-hari penduduk setempat. Berikut ini adalah pantai-pantai cantik di pesisir utara Jawa Timur yang nggak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Baca juga : Kesegaran Sumber Mata Air Pemandian Cirahab

1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai Pasir Putih Situbondo [image source]
Sesuai namanya, kamu akan menyaksikan sebuah hamparan pasir putih yang lembut dengan ombak menghempas bibir pantai bagai tarian alam yang mengagumkan. Angin laut begitu terasa, akan membuat kamu tentram seolah-olah berbagai masalah ikut terbang bersama angin yang menerpamu. Pantai pasir Putih terletak di wilayah Kabupaten Situbondo. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan di sini. Mulai dari berenang, berburu kuliner, hingga menyewa perahu nelayan untuk berkeliling.

Pantai Pasir Putih Situbondo [image source]
Pantai Pasir Putih Situbondo [image source]
Letak Sitobondo yang strategis menghubungkan Surabaya dan Banyuwangi, membuat kunjungan wisatawan ke Pantai pasir Putih semakin meningkat. Ini juga karena banyak pengendara yang lelah dalam perjalanan memutuskan mampir ke pantai untuk beristirahat. Begitu juga wisatawan dari wilayah timur seperti Bali dan Banyuwangi yang hendak liburan ke Bromo, bisa mampir ke Pantai Pasir Putih Situbondo. Kamu dapat menyaksikan pesona matahari terbenam di tempat ini, sedangkan harga tiket untuk masuk ke pantai tidak terlalu mahal. Cukup membayar sekitar Rp 5. ribu saja. Harga itu belum termasuk biaya parkir kendaraan bermotor.

Lokasi : kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur

2. Pantai Boom Tuban

Pantai Boom Tuban [image source]
Pantai Boom ada di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah, yaitu Tuban. Objek wisata  Tuban ini terkenal dengan desain bangunan yang unik-unik karena dulunya sempat menjadi pelabuhan yang ramai. Pintu masuk kawasan pantai saja unik, yaitu menyerupai perahu layar.  Selain itu, ada taman-taman indah yang akan membuat liburanmu makin menyenangkan. Di taman pertama terdapat bangunan pendopo dengan prasasti yang menempel di dinding. Bertuliskan cerita tentang kejayaan pelabuhan Tuban di masa lampu sebagai tempat strategis dan jalur pelayaran yang membawa banyak sekali komoditi perdagangan.

Pantai Boom [image source]
Pantai Boom [image source]
Pantai Boom ternyata sudah ramai sejak zaman kerajaan dulu mulai dari masa pemerintahan Airlanga, Raja-raja Singasari, Majapahit, hingga sekarang jadi tempat wisata kebanggaan masyarakat Tuban. Belum mendekat ke pantai saja, sudah ada banyak hal yang kamu dapatkan. Berupa asrinya taman dan wawasan tentang sejarah masa lampau. Di dekat pintu masuk terdapat sumur. Konon katanya memiliki air yang tidak pernah surut. Disediakan beberapa gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil memandang lautan. Momen yang paling keren adalah saat matahari terbit dan terbenam, kamu akan menyaksikan sebuah pemandangan yang mengagumkan.

Lokasi : Semenanjung Boom, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban

3. Pantai Noko Selayar, Pulau Bawean

Pulau Bawean [image source]
Pulau Bawean adalah nama gugusan pulau yang ada di lepas pantai utara Jawa Timur, tepatnya masuk wilayah Gresik. Sebenarnya ada banyak sekali pantai-pantai di Bawean yang saat ini dipromosikan sebagai lokasi wisata bahari dengan berbagai kegiatan menarik dan seru. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai di Pulau Noko Selayar. Hamparan pasir putih seperti sebuah padang akan langsung menarik perhatianmu, ombak di sini begitu tenang. Membuat lautan yang biru semakin terlihat cantik.

Pantai Noko Selayar, Pulau Bawean [image source]
Pantai Noko Selayar, Pulau Bawean [image source]
Kamu bisa menyingkap keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling di beberapa titik di sekitar Pulau Noko Selayar. Ada Juga Tanjung Gaang dengan karang-karang yang langsung dihempas oleh gelombang ombak menawarkan suara khas tapi juga merdu. Untuk mengelilingi keindahan Bawean, kamu bisa menyewa speedboat. Untuk ke Noko Selayar membutuhkan waktu selama kurang lebih 20 menit.

Lokasi : Bawean, Kabupaten Gresik

4. Pantai Kutang Lamongan

Pantai Kutang [image source]
Banyak yang berbondong-bondong datang ke pantai ini lantaran namanya yang unik yaitu Kutang. Pantai ini masih dalam tahap pengembangan sebagai tempat wisata dan masih tergolong baru. Meski begitu, daya tarik dan pesona keindahan Pantai Kutang juga bisa diadu dengan pantai lain. Konon pemberian nama tersebut lantaran dulunya banyak wanita di sekitar pantai yang meninggalkan pakaian dalam di sana. Dalam Bahasa Jawa, pakaian dalam itu disebut dengan kutang. Untuk sampai di tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan menuju wilayah Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kab. Lamongan. Letaknya ada di perbatasan antara Lamongan dengan Tuban.

Pantai Kutang [via instagram @fahmi._azri]
Pantai Kutang [via instagram @fahmi._azri]
Akses jalan menuju tempat ini masih tergolong sulit karena sampai sekarang masih dalam tahap perbaikan. Meski begitu, perjuanganmu melewati jalan terjal akan terbayarkan setelah melihat langsung panorama yang disuguhkan oleh Pantai Kutang. Hamparan pasir putih begitu luas dengan ombak laut yang menggulung dengan cantik. Di tempat ini juga kamu bisa melihat pemandangan sunset yang keren.

Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Lamongan

5. Pantai Lekok

Pantai Karang Hitam, Lekok, Pasuruan [image source]
Berada di Pasuruan, penampakannya seperti Pantai pada umumnya, memiliki pasir yang putih bersih, tebing karang, gulungan ombak yang tidak terlalu ganas, hingga semilir angin laut yang membawa aroma khas lautan. Namun Pantai Lekok terlihat lebih menawan di waktu tertentu. Misalnya sewaktu Hari Raya Idul Fitri, penduduk setempat kan mengadakain olahraga ski lot yang meriah dan khas.

Lekok, Pasuruan [image source]
Lokasi : Jatirejo, Lekok, Pasuruan, Jawa Timur

Itulah beberapa surga tersembunyi berupa pantai dengan ombak tenang di pesisir utara Jawa Timur. Apakah kamu pernah mengunjungi salah satunya? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya. Next

ramadan

Pesona Bahari yang Cantik di Festival Takabonerate 2016

Wajib Dibaca, Cara Packing Untuk Liburan Sekeluarga yang Praktis