in ,

Serius Nih Pantai Utara Jawa Bisa Tenggelam dan Hilang?

Pantai di Utara Jawa
Pantai di Utara Jawa

Maldives menjadi salah satu destinasi wisata paling populer beberapa tahun ini. Selain menawarkan pemandangan tropis yang eksotis, resort mewah dan super mahal seperti Soneva Jani Maldives juga bikin nggak mau pulang. Sayangnya, kepulauan dengan gugusan terumbu karang ini terancam tenggelam dalam waktu 100 tahun mendatang. Dilansir dari merdeka.com, tenggelamnya pulau impian banyak orang tersebut diakibatkan oleh pemanasan global yang membuat permukaan air laut semakin lama semakin meningkat.

Baca juga : 4 Hotel di Tanjung Bira, Siap Menyapa Lautan Lewat Jendela Kamar

Bukan hanya kepulauan yang terletak 595 kilometer dari barat daya India ini saja, ternyata wilayah di Indonesia juga diperkirakan ikut tenggelam. Adalah kawasan pantai utara Jawa yang selama ini dikenal eksotis dan menawan. Sebut saja Pantai Boom yang terletak di Tuban. Objek wisata ini menarik karena pesisir pantainya yang eksotis dengan pasir yang lembut. Belum lagi dengan beberapa pantai lain di Jawa Barat yang selama ini menjadi tempat istirahat warga Jakarta.

Maldives
Keindahan Maldives yang diperkirakan akan tenggelam [image source]
Kabar mengenai perkiraan pantai utara Jawa tenggelam ini juga disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro yang dilansir dari Liputan 6. Menurut Bambang, tenggelamnya pantai utara ini tak hanya diakibatkan oleh peningkatan volume air laut saja, tapi juga penurunan tanah dan erosi yang belakangan sering terjadi. Meski sama-sama tenggelam dengan Maldives, kerugian besar tentu bisa dirasakan Indonesia. Bagaimana tidak, jumlah penduduk yang tinggal di pesisir pantai utara cukup banyak, terutama di wilayah ibukota. Bahkan hampir sebagian besar mendapatkan penghasilan dari kawasan tersebut.

Reklamasi Pantai Utara Jakarta
Reklamasi Pantai Utara Jakarta [image source]
Untuk menghindari hal buruk tersebut, hingga saat ini pemerintah sudah giat untuk melakukan pencegahan. Di beberapa kota seperti Surabaya dan Semarang mulai digalakkan penanaman pohon bakau dan mangrove untuk mepertahankan daratan dari gempuran ombak. Selain itu juga membuat bangunan pemecah gelombang yang diharapkan mengurangi ancaman tenggelamnya pantai utara.

Kerja keras dari pemerintah tak lengkap jika belum ada tangan kita di dalamnya. Tak susah, cukup lestarikan alam agar anak cucu kita dapat menikmati keindahan alam yang sama. Selain itu, terus untuk melakukan reboisasi dan tidak merusak alam lingkungan sekitar. Sangat mudah bukan? Yuk, jaga alam Indonesia bersama-sama. Next

ramadan

Soto Kutilang, Khas Madiun Enak Sejak Puluhan Tahun Lalu

Nyetir Sendiri Keliling Eropa, Seru dan Bebas ‘Pegel’