in ,

Pasar Kangen Jogja, Acara Tahunan yang Membawamu Kembali ke Masa Lalu

Istilah Jogja Istimewa memang bukan isapan jempol semata. Banyak hal yang membuat salah satu provinsi di Pulau Jawa ini memang layak mendapat predikat tersebut. Mulai dari kentalnya tradisi yang masih dipegang teguh, hingga banyaknya kegiatan atau festival yang menarik pengunjung untuk datang. Nah, salah satunya adalah Pasar Kangen Jogja.

Baca juga : Waspadalah Kalau Tidak Ingin Tertipu Voucher Wisata Seperti di Yogyakarta Ini

Koran-koran lawas di Pasar Kangen Jogja (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Acara yang biasa digelar tahunan ini adalah surga buat Teman Traveler pecinta barang vintage. Kamu juga bakal berasa kembali ke masa lalu dengan melihat-lihat barang jadoel di sini. Tak hanya itu, kamu juga bisa puas menikmati kuliner yang mungkin sudah jarang bisa ditemui di tempat lain. Begitu pula pagelaran yang menarik, bisa kamu nikmati di sini.

Tempat untuk menemukan benda-benda vintage

Berburu benda-benda vintage di Pasar Kangen Jogja (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Jika Teman Traveler adalah kolektor benda-benda vintage, maka Pasar Kangen Jogja adalah salah satu event yang wajib dikunjungi. Gelaran Pasar Kangen Jogja merupakan salah satu festival yang menyediakan benda-benda vintage cukup banyak dan variatif.

Buku dan majalah lama (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Di Pasar Kangen Jogja, biasanya terdapat benda-benda berumur lebih dari setengah abad yang cukup sulit ditemui pada festival tempo dulu lainnya. Misalnya saja koleksi gambar dari buku botani legendaris berjudul Indische
Tuinbloemen
terbitan Van Dorp tahun 1940-an.

Pengunjung yang tengah membaca buku lama (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Koleksi-koleksi vintage lainnya juga banyak tersedia di lapak Pasar Kangen Jogja. Antara lain buku, majalah lawas, potret lawas, kartu pos, perangko, uang lama, hingga koin pada masa VOC. Tak ketinggalan pula perabotan pecah belah hingga hiasan bergaya vintage banyak dijual di Pasar Kangen Jogja.

Dari permainan jadul hingga hingga piringan hitam

Salah satu sign di lapak yang menjual permainan jadul (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Mengunjungi Pasar Kangen Jogja memang selalu sukses untuk memunculkan kerinduan pada masa lalu. Di sini Teman Traveler bisa menemukan beragam permainan tradisional yang dulu pernah hits di era 80-90an. Beberapa di antaranya adalah glindingan dan kipas warna-warni favorit anak perempuan.

Masih ingat permainan ini? Bisa dicoba dengan bayar seikhlasnya loh (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Tak hanya permainan masa kecil, beragam benda untuk Teman Traveler yang suka musik juga ada di sini. Salah satu benda legendaris yang sudah mulai langka namun bisa dengan mudah didapatkan di Pasar Kangen Jogja adalah piringan hitam. Di sini terdapat lapak-lapak yang mempunyai koleksi piringan hitam, kaset pita, pemutar musik analog hingga alat musik tradisional.

Radio analog, gramophone, dan piringan hitam (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Beragam jajanan jadul dan tradisional pun dijual

Kios-kios makanan jadul (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Mengenang masa lalu tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas jadoel. Di Pasar Kangen Jogja, tak hanya didominasi lapak benda-benda lawas, namun juga kios kuliner jadul. Beragam kuliner tradisional khas Jogja hingga jajanan khas mas kecil ada di sini. Seperti es gantung, dawet, serabi, es tebu, mie pentil, sego gurih sekaten, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kios-kios jajanan jadul dan makanan khas Jogja (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Pagelaran seni dan berbagai pertunjukan

Pasar Kangen Jogja (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Event ini juga menyuguhkan beragam penampilan kesenian tradisional. Tayub, jathilan, ketoprak, reog, wayang kulit, karawitan, keroncongan, semua ada di Pasar Kangen Jogja. Biasanya, acara ini digelar selama beberapa hari, nah di hari-hari itu Teman Traveler akan dimanjakan dengan riuhnya pagelaran seni di festival tahunan di Jogja ini.

Pengunjung yang sedang asyik berfoto di Pasar Kangen Jogja (c) Ratna Widi Astuti/Travelingyuk

Teman Traveler yang menyukai hal-hal berbau jadul, tak boleh melewatkan festival satu ini! Next

ramadan

Viral Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Lengkapnya

Danau Maharani Sumba, Tempat Healing Paling Mantap!