in ,

Bondowoso Punya Negeri di Atas Awan, di Mana?

Melihat lanskap alam dari puncak gunung memang menjadi satu keindahan tersendiri. Namun tidak semua orang mampu untuk menempuh perjalanannya. Masih banyak opsi untuk dapat menikmati pemandangan serupa. Salah satunya adalah dari atas bukit.

Baca juga : Kulit Lovers, Kuliner Solo yang Enak dan Kriuknya Nyata

Latar belakang hijau untuk foto
Latar belakang hijau untuk foto [image source]
Apalagi jika berada di kawasan pegunungan, seperti Bondowoso. Cuacanya cukup sejuk dan menyegarkan. Kabupaten yang juga memproduksi kopi ini memiliki kontur perbukitan. Kamu juga bisa mendaki bukit-bukit yang tak terlalu tinggi. Seperti bukit P28 yang ada di kecamatan Grujugan.

Juga ada gardu pandang
Juga ada gardu pandang [image source]
Berbeda dengan bukit B 29 yang memiliki kepanjangan bukit 2900 mdpl, P28 adalah kepanjangan dari Patirana 28. Tempat ini bisa ditempuh hanya dengan 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan dari pusat Bondowoso. Aksesnya mudah, jalanan telah diaspal. Penunjuk jalan dan lampu penerangan juga terpasang dengan baik.

Spot yang cocok untuk camp
Spot yang cocok untuk camp [image source]
Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pagi atau sore hari. Jika cuaca sedang benar-benar cerah, kamu bisa mendapatkan sunrise maupun sunset. Namun, dalam kondisi mendung pun tempat ini masih tetap memesona. Karena adanya kabut tipis yang melapisi permukaan bukit. Hal tersebut membuat pengunjungnya seperti sedang berada di atas awan yang memayungi Kabupaten Bondowoso.

Sunrise di P28
Sunrise di P28 [image source]
Selain puncak bukit Patirana, di area ini juga terdapat sebuah air terjun yang bernama air terjun Patirana. Untuk dapat sampai pada air terjun ini, cukup menyusuri satu jalur sungai dan melewati beberapa jalan setapak yang masih benar-benar hijau. Area bukit P 28 ini memang cocok sekali untuk kabur sejenak dari hiruk pikuk kota. Selain tenang, udaranya pun benar-benar bersih. Next

ramadan
Warung Rujak Cingur Bu Tuti

Rujak Cingur Racikan Bu Tuti, Lezatnya Bikin Kangen Solo

Tempat Menginap 300 Ribuan, Tinggal Jalan Kaki Ke Pantai Jimbaran