in , , , ,

Patung Kristus Raja Menjadi Ikon Kota Dili Ini Ternyata Karya Seniman Muslim

Patung Kristus Raja di bangun oleh seorang muslim
Patung Kristus Raja di bangun oleh seorang muslim

Liburan ke Timor Leste rasanya tidak lengkap jika belum menyusuri kawasan kota Dili sebagai Ibukota Negara Timor Leste. Di kota ini terdapat salah satu patung besar Kristus Raja dan menjadi ikon kota Dili. Patung yang dibangun sebagai peringatan integrasi Timor Timur ke Indonesia memiliki ketinggian 10 meter dan total beserta pondasi sejumlah 27 meter. Angka ini menunjukkan lambang Timor Leste menjadi provinsi ke 27 yaitu provinsi Timor Timur. Patung ini dibangun diatas perbukitan dengan ketinggian 90 meter diatas permukaan laut. Lokasinya berada di atas Bukit Tanjung Fatucama bagian Timur Kota Dili, Timor Leste.

Baca juga : 6 Fakta Vatikan yang Jarang Diketahui, Yuk Kepoin Bareng

Patung Kristus Raja di bangun oleh seorang muslim
Patung Kristus Raja di bangun oleh seorang muslim. Foto via grid.id

Patung Kristus Raja ini diresmikan oleh presiden Soeharto pada tanggal 15 Oktober 1996 dan kala itu mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai patung tertinggi di Indonesia. Ukuran patung yang sangat besar dan berada diketinggian atau perbukitan membuat wisatawan dapat dengan mudah melihat panorama laut Banda dan Kepulauan Alor yang sangat indah. Hamparan pasir pantai juga terlihat jelas disepanjang lokasi bibir pantai. Pantai ini juga menjadi tujuan traveler dari berbagai tempat. Apalagi kawasan ini tidak dipungut biaya seperser pun alias gratis.

Patung Kristus Raja di bangun oleh seorang muslim
Patung Kristus Raja di bangun oleh seorang muslim. Foto via pinterest.com

Patung Kristus Raja ini ternyata dirancang oleh seniman Muslim dengan nama Mochamad Syailillah atau biasa disapa Bolil. Pendirian patung ini sengaja melibatkan karya seorang muslim yang melambangkan harapan akan tumbuh suburnya toleransi antar umat beragama di Timor Leste. Selama disana, para traveler dapat beraktivitas seperti olahraga untuk warga sekitar. Kamu bisa melakukan jogging, boxing, dan beberapa olahraga lainnya.

Patung Bunda Maria yang terdapat di Timor Leste
Patung Bunda Maria yang terdapat di Gunung Ramelau Timor Leste. Foto via lpm.papyrus.com

Kala itu menjadi patung tertinggi ke dua didunia setelah patung Christ The Redeemer di Brazil dengan tinggi 36 meter yang berdiri kokoh diatas perbukitan setinggi 1.500 meter diatas permukaan laut. Selain patung Kristus Raja, kamu bisa menikmati patung lainnya seperti patung Bunda Maria yang terletak di puncak Gunung Ramelau. gunung ini menjadi gunung tertinggi di Timor Leste dengan ketinggian 2986 meter diatas permukaan laut. Lokasinya berjarak sekitar 70 kilometer arah ke Selatan kota Dili yang berlokasi di distrik Ainaro. Uniknya patung ini didatangkan langsung dari Itali dan mulai didirikan pada tahun 1997.

Keindahan sore hari diarea patung Kristus Raja kota Dili
Keindahan sore hari diarea patung Kristus Raja kota Dili. Foto via secretworld.com

Untuk menuju ke atas patung Kristur Raja, kamu harus berjuang terlebih dahulu menitih sekitar 600 anak tangga menuju puncak bukit. Namun, jangan khawatir untuk para orang tua, tangga yang dibuat sangat ramah untuk pejalan kaki sehingga sangat mudah untuk mengatur nafas ketika sudah mulai lelah. Selama perjalanan tidak akan terasa panas lantaran pepohonan sekitar tangga membuat suasana tetap sejuk dan rindang. Diarea patung juga tersedia kapel sebagai tempat peribadatan agama Khatolik juga tempat peristirahatan para pengunjung. Next

ramadan
Kota Tua Jakarta menjadi kawasan pedestrian yang ramah lingkungan

5 Kegiatan Seru di Kota Tua Jakarta, Bikin Libur Natal Semakin Asyik

South Shore Jogja

South Shore Jogja, Kafe Instagramable Pinggir Pantai Mirip Santorini dengan Infinity Pool