in ,

Pecel Pakis Kudus, Kuliner Lezat Khas Lereng Gunung Muria

Pecel Pakis Colo Kudus
Pecel Pakis Colo Kudus

Kuliner Kudus yang paling hits adalah soto. Namun, masih banyak lagi kuliner lezat di Kudus yang melegenda. Seperti Pecel Pakis yang tentu saja berbeda dengan pecel Jawa Timuran. Wah, lalu seperti apa sih kelezatan pecel pakis yang dapat ditemui di warung Pecel Pakis & Ayam Bakar Mbok Yanah? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga : Taman Bunga Ragil Kuning di Boyolali, Wisata Instagenic Bernuansa Belanda

Lezatnya Pecel dengan Campuran Pakis

Pecel Khas Colo
Pecel Khas Colo [image source]
Jika biasanya sajian pecel terdiri dari sayur kangkung, kacang panjang, daun singkong, tauge hingga kemangi. Namun, berbeda lagi dengan pecel khas daerah Colo, Kudus ini. Sesuai dengan namanya, kuliner di sini menggunakan campuran tumbuhan baku berupa pakis. Kendati berbeda dengan lainnya, kuliner khas lereng Muria ini populer banget di Kudus, bahkan di kota-kota se Jawa Tengah. Bagaimana tidak, rasanya nendang dan bikin ketagihan. Belum pernah coba kan?

Pakis dan kecambah yang segar
Pakis dan kecambah yang segar [image source]

Warung Legendaris dari Tahun 1974

Pecel Pakis khas Kudus
Pecel Pakis khas Kudus [image source]
Kedai Pecel Pakis & Ayam Bakar Mbok Yanah yang populer di kalangan pecinta kuliner sendiri terletak di Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kudus. Selain cita rasanya yang unik, kepopuleran kedai ini karena sudah berdiri sejak tahun 1974. Meski usianya sudah mencapai puluhan tahun, rasa nendang dari pecelnya tak pernah berubah. Bahkan racikan dari ibu Sulyati yang merupakan generasi ketiga dari warung ini tak berubah seperti racikan ibunya dan neneknya, Yanah dan Aminah.

Seporsi Pecel Pakis
Seporsi Pecel Pakis [image source]

Resep Sederhana yang Bikin Kamu Terpana

Menu Pecel Pakis yang lezat
Menu Pecel Pakis yang lezat [image source]
Pecel memiliki daya tarik sendiri di mata pecinta kuliner. Kendati sederhana, banyak yang jatuh cinta kepadanya. Untuk mempertahankan hal tersebut, Warung Mbok Yanah terus memberikan inovasi agar menunya bervariasi. Dalam satu porsi pecel, biasanya mereka menawarkan menu tambahan mulai dari tempe hingga telur. Saat ini, mereka juga menjual ayam bakar yang rasanya juga tak nendang. Nah, liburan ke Kudus, wajib mampir ke kedai satu ini nih!

Pecel Pakis dengan telur
Pecel Pakis dengan telur [image source]

Menyatu dengan Alam di Air Terjun Terpopuler di Kudus

Air Terjun Gender
Air Terjun Gender [image source]
Selain terkenal dengan pecel pakisnya, Colo juga populer dengan ragam objek wisatanya. Tak heran sebutan desa wisata Colo sering bermunculan di media sosial. Yap, di kawasan ini terdapat beberapa air terjun eksotis yang tentu lain dari pada yang lain. Sebut saja Air terjun Gender yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 30 menit dari kedai Mbok Yanah. Atau juga Air terjun Watu Gompeng yang tak kalah cantik dan menawan. Nah, rugi banget kan kalau belum jelajah objek wisata di Kudus?

Air terjun Watu Gompeng
Air terjun Watu Gompeng [image source]

Menambah Tenaga di Kawasan Simpang 7

Nasi Pindang
Nasi Pindang [image source]
Sepulang dari Colo, jangan sampai lupa untuk mampir ke Alun-Alun Kudus Simpang 7. Selain untuk istirahat sebelum pulang, kamu pun bisa kembali mengisi perut dengan mengunjungi tempat makan yang tak jauh dari alun-alun. Salah satunya adalah Nasi Pindang yang dijual di Pusat Kuliner Taman Bojana. Nah, untuk seporsi kuliner Kudus ini hanya Rp8.000-Rp15.000 saja. Atau, kamu bisa menyantap soto kerbau lezat di Warung Soto Bu Jatmi. Soal rasa tentu saja nendang banget.

Soto Kerbau
Soto Kerbau [image source]
Nama : Warung Pecel Pakis & Ayam Bakar Mbok Yanah
Alamat : Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kudus.
Telepon: 081 575 456 987
Jam Buka: 09.00-16.00
Harga : Rp5.000 – Rp10.000 (Pecel Pakis Kudus)

Nah, sudah tahukan bagaimana kelezatan pecel pakis yang hits banget di Kudus ini? Yuk, buruan liburan ke kota ini dan jangan lupa untuk membawa sahabat atau keluarga saat makan di Warung Mbok Yanah. Next

ramadan

Bekas Tambang Ini Indahnya Bikin Ternganga

Screen yang berada di atas lapangan [image source]

Minimal Sekali Seumur Hidup: Nonton Bola Langsung ke Eropa! Setuju?