in , ,

Pelelangan Ikan Tawang Sidomulyo, Pesisir Pacitan yang Penuh Keseruan

Wilayah timur Pacitan memang menjadi primadona wisata alam tersembunyi. Puluhan pantai berjejeran dengan panorama yang indah, dan lebih nyaman karena tak seberapa banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata daerah tersebut. Beberapa deretan pantai yang terkenal disepanjang daerah tersebut adalah Pantai Soge, Watu Bale, Pantai Taman, Pantai Anakan dan sebagainya. Dan salah satu tempat pelelalangan ikan terbesar di Pacitan adalah Pantai Tawang.

Baca juga : Sego Welut Mbak Surani, kuliner legendaris khas Godean

Salah satu pantai yang dijadikan tempat sandarnya perahu nelayan kawasan Pacitan. Foto via wisatakita.com

Pantai Tawang biasa disebut dengan segara anakan terletak di Dusun Tawang Wetan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Pantai tersebut merupakan sebuah teluk yang menghadap kesisi timur samudera Hindia. Karena struktur wilayahnya sebagai teluk sehingga karakter ombaknya kecil. Dan dijadikan masyarakat sekitar sebagai pelabuhan alam.

Salah satu spot terbaik untuk bersandar menikmati hutan bakau dan pasir putihnya pantai sekitar Tawang Wetan. Foto via hipwee.com

Mereka berangkat berlayar dan menurunkan hasil tangkapan ikan di Pantai Tawang. Kemudian Pemerintah Pacitan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mengakomodir kebutuhan nelayan yang berada dipantai Tawang ini dengan membangun tempat pelelangan ikan di Dusun Tawang Wetan. Selain sebagai pelabuhan alam dan tempat pelelangan ikan, Pantai Tawang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata.

Tempat penurunan hasil tangkapan ikan di Tawang Wetan. Foto via teamtouring.net

Dipantai tersebut sisi timur masyarakat sekitar mengenal hutan bakau yang terletak dimuara sungai yang menuju pantai Taman. Ombak yang kecil dengan hamparan pasir,rumput laut dan karang dangkal, banyak menarik perhatian wisatawan. Fasilitas Toilet saat ini sudah ada dan penjaja makanan, juga sudah ada beberapa, di Pantai Anakan ini.

Tempat Pelelangan Ikan di Pantai Tawang Wetan ini melayani jual-beli ikan, dalam jumlah besar atau grosir, maupun dalam jumlah kecil atau eceran. Di TPI Dusun Tawang Wetan inilah juga sebagai tempat kulakan bagi para pedagang ikan, kemudian dijual kembali di Pasar-pasar Wilayah Kecamatan Ngadirojo dan sekitarnya.

Ikan Layur menjadi hasil tangkapan utama TPI Tawang Wetan. Foto via kikano.infopondokdadap.com

Perlu anda ketahui di TPI Tawang Wetan ini, ikan hasil tangkapan masih sangat segar. Sehingga apabila kita konsumsi rasa ikan akan terasa gurih dan tidak gatal dilidah. Bila anda berkunjung di Kota Pacitan, jangan lupa mampir ke Pantai Tawang Wetan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, atau juga masyarakat sekitar menyebut dengan Segara Anakan. Berwisata ditempat ini, anda akan mendapatkan ikan segar yang berkualitas, bergizi dan baik untuk kesehatan. Next

ramadan

Sensasi Mendaki Gunung Gede Via Jalur Cibodas

fi wisata keluarga di semarang

Wisata Keluarga di Semarang Untuk Liburan Berakhir Pekan