in ,

Konon, Ini adalah Deretan Peninggalan Freemason di Jakarta, Penasaran?

Penasaran dengan pergerakan Freemason di Indonesia? Mari wista sejarah di tempat-tempat ini!

Freemason merupakan organisasi persaudaraan yang sering sekali dikaitkan dengan kospirasi besar dunia bahkan sampai dikaitkan dengan pemujaan setan. Di Indonesia sendiri oraganisasi Freemason sempat bertumbuh, terlihat dari bukti sejarah peninggalan Freemason di Jakarta yang bisa kita kunjungi. Bagi pecinta wisata sejarah, tempat-tempat peninggalan Freemason ini nampaknya menarik dan dapat memberikan kepuasan tersendiri karena banyaknya rahasia yang bisa diulik.

Baca juga : Angkot Mewah di Bandung, Desain Premium Punya Perpus Mini Hingga LED TV!

Gedung BAPPENAS

Gedung BAPPENAS via Instagram @febbyanggraheny

Gedung BAPPENAS terletak di Jl.Taman Suropati No.2, Menteng, Menteng, Jakarta Pusat. Gedung ini merupakan peninggalan dari organisasi Freemason Indonesia sebelum organisasi dibubarkan. Gedung ini dulunya adalah Adhuc Stat yang merupakan tempat untuk rapat para anggota Freemason yang ada di Jakarta. Dekorasi gedung BAPPENAS sangat khas dengan logo dan lantai bermotif papan catur ala Freemason.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti adalah tempat peninggalan Freemason yang paling menyeramkan dibanding yang lain. Tempat ini mempunyai patung-patung bergaya eropa dan sudah sangat lusuh. Tidak hanya itu, terdapat pula banyak ukiran-ukuran tengkorak di Taman Prasasti ini. Banyak juga simbol-simbol dan ukiran yang menceritakan organisasi Freemason ini. Tempat ini berada di Jl. Tanah Abang I, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat 

Bekas Loji-loji Freemason 

Foto Organisasi Freemason di Indonesia via Instagram @underground.education

Freemason menurut CCN memiliki banyak loji persaudaraan yang sempat berada di Indonesia.  La Fidele Sinceritedan jugal loji La Vertueuse dan masih dimungkinkan masih terdapat banyak loji lain yang tidak begitu ternama. Berikut peninggalan loji di Batavia kalah itu loji Le Sincerite Jalan Amanusgracht (kini Jalan Kopi/Bandengan Utara) sampai tahun 1815. Sementara loji Vertueuse berdiri 1769 berada di Jalan Molenvliet (kini Jalan Gajah Mada/Hayamwuruk).

De Ster in het Oosten

Gedung Kimia Farma Jakarta via Instagram @yusufahmadmaulana

Gedung De Stel in Het Oosten kini menjadi gedung Kimia Farma yang berada di  Jl. Budi Utomo No.1, Jakarta Pusat. Dikutip dari CNN Gedung ini dulu merupakan milik salah satu loji Freemason dan juga disebut Bintang Timur. Gedung ini juga bisa Teman Traveler kunjungi untuk mendapatkan pengalaman mengenai Freemason dengan loji tersubur di Jakarta pada masa itu. 

Freemason sendiri masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya VOC. Dimana banyak pasukan Belanda yang bergabung pada organisasi persaudaraan Freemason, dan akhirnya menyebar ke warga Indonesia di masa itu. Masih penasaran dengan gerakan Freemason? Coba kunjungi tempat bersejarah di atas Teman Traveler! Next

ramadan
pulau komodo batal ditutup

Pulau Komodo Batal Ditutup, Ini Syarat Baru Bagi Pengunjung

Pemandangan di Grand Edge Hotel

Rekomendasi Hotel Semarang dengan View Perkotaan Cantik, Yuk Simak