in , , , , ,

Perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Solo, Dari Gemerlap Lampion Hingga Kembang Api

Perayaan tahun baru imlek 2023 kian meriah dengan berbagai pernak-perniknya. Kemeriahan ini diwarnai dengan gemerlap lampu lampion dan berbagai sajian kuliner ala Tionghoa yang begitu maknyus. kemeriahan ini pastinya diadakan diberbagai kota besar di Indonesia, salah satunya adalah kota Solo. Kamu dapat menikmati keindahan ini yang terpasang di sekitar Pasar Gede, Solo. Nyala lampion dan pernak pernik lainnya mampu membuat banyak wisatawan terpukau. Jangan lupa juga memncicipi sajian kuliner sesuai selera.

Baca juga : Piknik Sambil Ngopi di Lava Bantal Jogja

Berbagai jenis lampion khas Imlek terpasang indah menghiasi jalanan kota Solo malam hari. Foto via jatengdaily.com

Tak hanya itu, kamu juga dapat menaiki beberapa wahana seperti naik perahu wisata. Dan paling ditunggu-tunggu adalah jadwal pesta kembang api yang pertama kalinya setelah dua tahun sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Nah, bagaimana dengan jadwal tahun baruan Imlek di kota Solo ini? Pemasangan lampion diarea pasar Gede memang sejak tanggal 5 Januari 2023 yang dipasangkan oleh panitia sebanyak 5.000 lampion. Hingga kini lampion membuat kota Solo tampak cantik ketika malam hari.

Lampion menghiasi jalanan pasar Gede Solo.
Lampion menghiasi jalanan pasar Gede Solo. Foto via liputan6.com

Barisan lampu yang bewarna-warni seperti merah, kuning juga tersedia lampion 12 shio, lampion maskot kelinci dan lampion dewa rejeki dan tak kalah menariknya adalah lampion barongsai. Selain menikmati keindahan lampion pada perayaan Imlek dikota Solo, wisatawan dapat menyaksikan pesta kembang api yang bakal dimeriahkan pada Sabtu 21 Januari 2023 tepat pukul 00.00 WIB. Pesta kembang api ini juga dimeriahkan dibeberapa tempat salah satunya di Plaza Balai Kota Solo hingga Minggu pukul 01.00 WIB.

atraksi barongsai di acara malam perayaan tahun baru imlek di kota solo. Foto via liputan6.com

Berbagai atraksi seru dan menarik akan memeriahkan perta kembang api malam hari. Ada atraksi Barongsai dari perkumpulan klenteng yang ada di kota Solo serta panitia Imlek 2023 Solo. Kegiatan meriah ini setidaknya menghabiskan anggaran sebesar 50 juta rupiah untuk kembang api saja. Panitia memberikan nama perayaan ini yaitu Cap Go Meh dan dilakukan kirap barongsai bersama pemerintah kota Solo di Pendapi Gedhe Balaikota Solo.

Wedang tahok sebagai minuman khas tiongkok. Foto via student-activity.binus.ac.id

Bagi kamu yang sudah menyiapkan jadwal untuk malam perayaan tahun baru imlek kota Solo nanti malam, jangan lupa mencicipi menu spesial di area bazar depan pasar Gede Solo. Mulai dari Wedang tahok, salah satu minuman khas Tiongkok yang terbuat dari kedelai, gula dan jahe. Ada juga camilan legendaris yaitu cakwe hoo tepat di sebelah pintu masuk pasar Gedhe, dan jangan lupa mencicipi hidangan satu ini yaitu Babi kuah toko podjok, dijamin cita rasa masakannya sangat lezat. Next

ramadan
air terjun api abadi new york

Negara Ini Punya Air Terjun Api Abadi, Kena Air Kok Tidak Padam?

Solo safari

Fakta Unik Menjelang Dibukanya Solo Safari, Berbagai Kejutan Siap Mewarnai Pengunjung