in , , ,

4 Wisata Ala Pecinan Meriahkan Tahun Baru Imlek Dari Jakarta Hingga Surabaya

Perayaan Imlek di berbagai kota besar di pulau Jawa
Perayaan Imlek di berbagai kota besar di pulau Jawa

Tahun baru Imlek 2023 jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 menjadi meriah ketika berlibur dikawasan Pecinan. Pecinan salah satu kawasan yang ramai ketika perayaan imlek. Bagaimana tidak, banyak ornamen dan pernak-pernik khas Imlek mulai terpasang sangat cantik dan meriah. Bagi kamuyang tidak merayakan, pastinya menjadi momen menarik untuk berlibur. Serunya liburan Imlek adalah ketika kamu berkunjung di area Pecinan atau kawasan penduduk keturunan Tionghoa.

Baca juga : Wisata Bali Aman Dikunjungi, Destinasi Liburan Akhir Tahun

Perayaan Imlek di berbagai kota besar di pulau Jawa
Perayaan Imlek di berbagai kota besar di pulau Jawa. Foto via detiknews.com

Disamping murah meriah, sajian gemerlap lampu ketika malam hari sangat menawan, cocok sekali sebagai wisata keluarga. Nah, kawasan Pecinan mana saja sih yang bakal tampil meriah di peringatan Tahun Baru Imlek 2023?

Ibu Kota Jakarta

Perayaan Imlek pastinya terlihat di sudut perkotaan. Akan sangat susah kalangan Tionghoa ditemukan di pedalaman atau pedesaan. Bagi kamu yang sudah tinggal di kota besar, tak perlu jauh-jauh keluar kota. Kota besar pastinya memiliki kawasan Pecinan. Di Jakarta kawasan ini berada di Petak Sembilan Glodok, kawasan inilah satu-satunya yang terbesar di nusantara danmenjadi pusat kalangan Tionghoa Jakarta.

Petak Sembilan menjadi tujuan utama kuliner Tionghoa dan ramai ketika perayaan Imlek
Petak Sembilan menjadi tujuan utama kuliner Tionghoa dan ramai ketika perayaan Imlek. Foto via www.sinarharapan.co

Bagi kamu yang demen dengan fotogenik, tidak ada salahnya menyusuri kawasan Glodok ini sembari mencicipi masakan khas Tionghoa. Rasanya bakal kurang meriah bila tidak mencicipi makanan chinese seperti Sekba Gloria, Bakmi Amoy, A-Kin Kuo Tieh, Siomay Babi, Hingga nasi campur Ko Belo. Jangan khawatir, bagi kamu yang menyukai masakan nusantara bisa mencicipi sajian kuliner nasi ulam. Tak cukup disitu, akhir pekan sebagai peryaan Imlek menjadi waktu yang tepat untuk staycation. Ada pilihan terbaik bagi kamu bersantai ria ketika perayaan Imlek di Oakwood PIK Jakarta.

Bogor, Jawa Barat

Bogor adalah kota penyangga Ibukota Jakarta ternyata memiliki beberapa wilayah Pecinan yang cocok untuk dikunjungi. Uniknya komunias Tionghoa ini mempadukan dengan budaya Sunda, alhasil menghasilkan berbagai macam budaya unik dan kuliner yang khas. Seperti kawasan Suryakencana Bogor, salah satu kawasan Pecinan terbesar di kota Bogor.

Berbagai atraksi khas Tionghoa mulai memeriahkan tahun baru Imlek
Berbagai atraksi khas Tionghoa mulai memeriahkan tahun baru Imlek. Foto via kompas.com

Ketika perayaan Imlek, akan banyak pernak-pernik khas Tionghoa mulai bertebaran dilangit-langit jalanan. Ada juga berbagai kuliner kaki lima yang menjajakan masakan Tionghoa sebagai memeriahkan hari Raya Imlek.

Semarang, Jawa Tengah

Kota dengan sejuta wisata sejarah ini siap memeriahkan hari raya imlek bagi kamu yang ingin mencicipi suasana imlek. Berbagai klenteng dan kawasan Pecinan Semarang akan terpasang pernak-pernik khas Tionghoa. Salah satunya adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Kelenteng ini menjadi daya tarik banyak traveler dari berbagai penjuru nusantara lantaran akan keindahan dan keunikannya.

Klenteng Sam Poo Kong Semarang menjadi tempat paling meriah ketika perayaan Imlek
Klenteng Sam Poo Kong Semarang menjadi tempat paling meriah ketika perayaan Imlek. Foto via pikiranrakyat.com

Gaya arsitektur khas China yang dipadukan dengan Jawa abad ke 14 menjadi bangunan megah, unik, dan instagramabel. Disini kamu juga dapat mencicipi hidangan khas Tionghoa yang dapat kamu nikmati dengan cuma-cuma. Penasaran? Yuk segera merapat diakhir pekan tepat pada perayaan Imlek 2023.

Surabaya, Jawa Timur

Beralih ke Timur pulau Jawa, pastinya tertuju di kota besar kedua di Indonesia yaitu Surabaya. Ketika Imlek, kota ini bakal sangat cocok untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, berbagai macam atraksi dan even menarik di perayaan Imlek bakal memeriahkan seluruh pengunjung. Acara terpusat di area Kelenteng Hong Tiek Hian, salah satu Kelenteng paling tua di Surabaya.

Kya-Kya Kembang Jepun menjadi pusat kuliner khas Tionghoa ketika perayaan Imlek di Kota Surabaya
Kya-Kya Kembang Jepun menjadi pusat kuliner khas Tionghoa ketika perayaan Imlek di Kota Surabaya. Foto via hariandisway.com

Kawasan ini pastinya dekat dengan pusat perbelanjaan seperti mall dan area grosir pakaian. Ada juga komplek pertokoan Tionghoa seperti Kya-Kya yang berlokasi di Jalan Kembang Jepunsebagai surga wisata kuliner khas Tionghoa di Surabaya. Next

ramadan

Bulan Kawalu, Upacara Adat Suku Baduy Dalam di Mana Wisatawan Tak Boleh Berkunjung

Istana Singapura dibuka untuk umum pada beberapa perayaan keagamaan

Istana Singapura Dibuka Untuk Umum Memeriahkan Tahun Baru Imlek