in

Belajar dengan Nyaman di Perpustakaan Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Jalan Margonda Raya Depok. Wilayahnya terbagi di dua propinsi yaitu Propinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta khususnya di Jakarta Selatan. Luasnya wilayah kampus kuning ini membuat banyak bangunan besar dan megah dengan arsitektur yang menakjubkan.

Baca juga : Menikmati Sunset di Akhir Tahun at Woobar Bali, Seminyak

Bangunan perpustakaan UI dengan konsep sustainable building. foto via wartakota.tribunnews.com

Salah satu wilayah terbaik di kawasan kampus ini adalah keberadaan Danau Kenanga. Deretan gedung sebagai pusat kegiatan perkuliahan berada mengitari disekitar danau tersebut. Mulai dari Balairung sebagai tempat acara besar seperti wisuda, seminar nasional, pertemuan tamu internasional, dan lain-lain. Disebelah utara Balairung terdapat Science Park, dimana tempat ini salah satu pusat pendidikan Universitas, dan disinilah Rektorat berada.

Atap perpustakaan UI sistem green rooftop. foto via hai.grid.id

Bangunan paling menonjol diarea danau Kenanga adalah Perpustakaan UI. Bangunan yang akan menjadi ikon kampus ini mengusung konsep sustanable building yang ramah lingkungan. Bahwa sumber energi terbarukan menggunakan energi matahari (solar energy). Bangunan pun juga lebih ramah lingkungan, dengan interior lebih banyak menggunakan bahan kayu dan kaca sehingga penggunaan listrik sangat minimalis.

Interior perpustakaan UI penuh dengan batuan paliman palemo. foto viapinterest.com

Eskterior pun menggunakan bahan bangunan dari batuan alam. Batu adesit untuk eksterior dan batu paliman palemo untuk interior yang bersifat bebas pemeliharaan dan tak perlu dicat. Untuk melengkapi desain ramah lingkungan, atap bangunan dikembangkan menjadi taman atap (roof garden, green roof) yang memiliki nilai ekologi tinggi. Dengan suhu udara turun, pencemaran berkurang dan ruang hijau bertambah.

Perpustakaan dengan 8 lantai ini mampu menampung pengunjung sekitar 10.000 orang dalam waktu bersamaan. Koleksi buku di dalamnya dapat menampung 3 hingga 5 juta judul buku. Dilengkapi dengan sistem IT terbaik sehingga mempermudah penggunaan sumber informasi elektronik seperti e-book, e-journal dan lain-lain.

Ruang baca perpustakaan UI. foto via ui.ac.id

Untuk masyarakat umum selain civitas akademika juga dapat menikmati berbagai macam koleksi buku. Tak hanya mencari sumber literatur, melainkan sekedar menikmati keindahan arsitektur bangunan juga diperbolehkan. Kunjungan pribadi atau kelompok dibuka setiap hari kerja, cukup menunjukkan kartu identitas bagi warga UI dan melakukan registrasi di counter informasi bagi pengguna non UI. Dan kamu bakal leluasa mengakses koleksi, membaca ditempat, hingga menduplikat koleksi yang diperlukan di Perpustakaan UI.

Ekterior perpustakaan UI Depok. Foto via instagram @afraafifah

Fasilitas yang mumpuni memang membuat pengunjung merasa nyaman. Dengan adanya Starbuck Coffee, membuat kenyamanan semakin bertambah. Interior yang megah dengan ambiance yang pas membuat para fotografer melirik untuk mengabadikan arsitektur. Ekterior pun terlihat semakin asri dengan adanya pohon pohon besar dengan latar tepian danau yang menawan. Next

ramadan
fi lokasi perkemahan malang

Lokasi Perkemahan di Malang, Untuk Liburan Setelah Bosan Di Rumah Saja

Sentral Industri Keripik Tempe Malang, Cocok Untuk Bisnis Sampingan