in , , , ,

Mau Liburan Asyik Akhir Tahun? Baca Dulu Tips Ini Ya

Rencakanan Liburan akhir tahun mu sesegera mungkin
Rencakanan Liburan akhir tahun mu sesegera mungkin

Desember adalah bulan di penghujung tahun, menjadi salah satu momen paling dinantikan banyak traveler. Mulai dari banyak even juga libur panjang dipenghujung tahun kerap terjadi. Agar tetap aman dan nyaman, berikut tips terbaik untuk menyiapkan liburan akhir tahun.

Baca juga : Puaskan Hobi Selfie Kamu dengan Donat dan Permen Lucu di House of Sweets Jakarta

Tentukan Jadwal Perjalanan

Jadwal dalam sebuah perjalanan menjadi paling penting ketika ingin berlibur. Kamu harus memastikan terlebih dahulu kapan dan lamanya perjalanan sehingga kamu bisa menentukan untuk menambah waktu cuti kerja dan tidak mengganggu waktu aktivitas lainnya.

Rencakanan Liburan akhir tahun mu sesegera mungkin
Rencakanan Liburan akhir tahun mu sesegera mungkin. Foto via sogood.com

Selain menentukan waktu perjalanan, kamu memiliki waktu perkiraan yang jelas dalam perjalanan nantinya. Karena penjadwalan dalam perjalanan mencakup pemesanan tiket, itenerary, budget, hingga perbekalan selama perjalanan.

Tetap Kondisikan Kesehatan

Liburan pastinya diperlukan tubuh yang sehat dan kuat. Kondisi tidak fit membuat perjalanan mu terasa tidak nyaman. Pastikan jauh-jauh hari untuk menjaga kesehatan dengan terus mensuplai asupan gizi yang cukup serta konsumsi vitamin tiap hari. Berikan beberapa hari sebelum berangkat untuk beristirahat yang cukup agar tubuh tetap prima.

Olahraga teratur setiap hari cukup dengan 30 menit
Olahraga teratur setiap hari cukup dengan 30 menit. Foto via balaipelatihankesehatansemarang.org

Jangan lupa melakukan olah raga teratur seperti jogging setidaknya 30 menit disetiap harinya. Primanya tubuh disaat liburan berlangsung akan menjadikan pengalaman travelingmu kian menyenangkan.

Periapkan Budget Tambahan Untuk Liburan

Traveling memang aktivitas paling menyenangkan dalam hidup siapa saja. Proses pelepas penat paling seru ketika tubuh mengalami beban-beban pekerjaan yang tidak ada selesainya. Setelah menentukan jadwal yang pas untuk berlibur, pastinya persiapan budget menjadi hal paling krusial.

Budget liburan untuk akhir tahun
Budget liburan untuk akhir tahun . Foto via koinworks.com

Kamu harus menyisihkan beberapa tabungan mu untuk alokasi liburan akhir tahun. Karena budget tak terduga ketika berlibur akan menguras tabunganmu disaat traveling berlangsung. Apalagi mendekati waktu pulang, mencari dan membei oleh-oleh adlah menu wajib ketika berlibur ditanah orang lain. Coba kembali menghitung pengeluaran yang sudah kamu patok untuk jalan-jalan ya!

Tentukan Tempat Wisata yang Ingin Dikunjungi

Menentukan destinasi wisata adalah hal yang tidak boleh dihindari agar ketika berada ditempat tujuan, kamu tidak akan bingung memilih tempat wisata. Disamping mempersingkat perjalanan, kamu akan mendapatkan berbagai tempat wisata dalam sekali jalan.

Menentukan destinasi wisata adalah hal untuk mempersingkat waktu ketika perjalanan liburan
Menentukan destinasi wisata adalah hal untuk mempersingkat waktu ketika perjalanan liburan. Foto via tiket.com

Tidak hanya itu, kamu dapat memperkirakan pengeluaran ketika berada diwisata tersebut mulai dari biaya hidup, tiket wisata, dan hal-hal yang tidak terguda. Maka kamu dapat mencarinya dari sumber internet mengenai tempat wisata tersebut.

Cermati Cuaca, dan Musim

Musim dan cuaca menjadi penting ketika teman traveler ingin menikmati pesona alam. Ada banyak kemungkina terjadi disaat berada dilokasi wisata seperti hujan, badai angin, dan sebagainya. Maka, disarankan untuk mempersiapkan sebelum berangkat seperti membawa jaket tebal ketika kamu ingin berwisata didaerah pegunungan. Tak lupa payung ataupun jas hujan dan berbagai peralatan khusus lainnya.

Musim dan cuaca menjadi penentu para traveler ketika berlibur
Musim dan cuaca menjadi penentu para traveler ketika berlibur. Foto via blogantavaya.com

Tidak hanya itu, ketika ingin berlibur ke negara tujuan, maka kamu harus mengetahui dulu musim apa yang terjadi saat waktu berlibur. Sehingga berbagai persiapan dapat menunjang selagi liburan berlangsung.

Bawa Uang Lebih dan Perlengkapan Secukupnya

Jika semua informasi tetang destinasi tujuan telah didapat, cobalah untuk membawa uang cash lebih untuk berjaga-jaga ketika diaera yang tidak tersedia ATM. Serta perlengkapan yang cukup seperti membawa baju sesuai kebutuhan, membawa tambahan sandal ataupun perlengkapan lainnya yang sangat dibutuhkan sehingga tidak memenuhi ruang tas. Berilah ruang tambahan dalam tas mu untuk tempat oleh-oleh ketika hendak kembali pulang.

Booking Berbagai Tiket dan Akomodasi Lainnya Lebih Awal

Membeli berbagai tiket dan hotel untuk berlibur sedini mungkin adalah salah satu pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, akhir tahun adalah waktu dimana banyak para traveler mulai melakukan pergerakan untuk liburan. Banyaknya user yang bergerak mengakibatkan mahalnya tiket transportasi ataupun hotel.

Segera beli tiket dan akomodasi lainnya di platform tiket online
Segera beli tiket dan akomodasi lainnya di platform tiket online. Foto via telset.id

Membeli tiket sejauh mungkin kamu akan mendapatkan berbagai diskon dan dapat menghemat pengeluaran hingga 20 persen. Gunakan fasilitas promo ataupun flash sale tiket dijam jam tertentuk pada platform tiket online.

Gunakan Aplikasi Perjalanan

Sebagai sahabat traveler akan sedikit terbantu ketika kamu memakai berbagai aplikasi dalam gadget mu untuk mempermudah melakukan perjalanan liburan. Seperti aplikasi travel, memesan tiket transportasi online hingga tiket wisata yang tersebar dalam tiket online.

Selain lebih mudah mendapatkan tiket, berbagai informasi mengenai destinasi wisata serta diskon tiket promo sangat mungkin kamu dapatkan. Dengan berbagai aplikasi traveling dapat memudahkan mu berbagai aktivitas selama berwisata. Next

ramadan

Sejarah Maskot Piala Dunia Dari Tahun ke Tahun

KFC

Tradisi Natal yang Unik di Berbagai Negara