in , ,

Sebelum Pergi Mudik Lebaran, Lakukan Persiapan Ini!

Bagi yang beragama muslim, mudik lebaran sudah menjadi kegiatan rutin tahunan. Agar terasa menyenangkan, lakukan persiapan sebaik mungkin. Selain identik dengan puasa, momen ini pun tak lepas dari budaya yang sangat kental dengan masyarakat muslim di Indonesia, yakni mudik lebaran. Setelah sebulan penuh berpuasa, sebagian besar orang akan pulang ke kampung halamannya untuk merayakan kemenangan bersama orangtua dan keluarga terdekat.

Baca juga : Parade Foto Keren Sasak Panyawangan, Wisata Purwakarta ala Luar Negeri

Persiapkanlah mudik mu senayamn mungkin. Foto via kompasotomotif.com

Namun, mudik lebaran bukan hanya berangkat ke kampung halaman. Lebih dari itu, nyatanya perlu persiapan yang matang sebelum akhirnya berangkat mudik agar perjalanan terasa aman, nyaman, dan menyenangkan. Apa saja hal yang perlu dipersiapkan saat ingin mudik? Simak penjabarannya di bawah ini!

Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Banyak opsi kendaraan yang dapat dipilih untuk menuju kampung halaman. Pilihlah kendaraan yang menurut Teman Traveler paling aman dan nyaman. Jika kamu mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, periksa dan persiapkan terlebih dahulu kendaraan kamu seperti ke bengkel. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman.

Cek kondisi Kendaraan mu sebelum melakukan perjalanan mudik. Foto via mobildanmotorbekas.blogspot.com

Persiapkan Barang Bawaan

Membuat daftar barang bawaan beberapa hari sebelum pergi. Daftar barang bawaan berguna untuk mendata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting, seperti charger gadget atau kamera, yang tertinggal karena lokasi tujuan yang jauh dari kota akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal.

Daftar tersebut juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan.

Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Selama mudik, dapat dipastikan banyak pengeluaran yang akan dikeluarkan untuk sampai di tempat tujuan dan juga selama di sana. Beberapa minggu sebelum mudik, kamu dapat membuat daftar anggaran pengeluaran, seperti anggaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh-oleh, dan pengeluaran tak terduga.

Atur anggaran saat mudik. Foto via yahooberita.com

Persiapan anggaran tersebut dapat membantumu mengetahui berapa besar pengeluarannya dan dapat mempersiapkan keuanganmu sebelum bepergian. Jika Teman Traveler dapat menggunakan hanya uang THR untuk mudik, itu adalah hal yang baik.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Pasti banyak biaya tak terduga yang dikeluarkan, seperti tiket objek wisata, membeli air mineral saat perjalanan mudik dan saat di kampung halaman, dan lainnya. Di kampung halaman yang jauh dari kota juga sulit ditemukan keberadaan mesin ATM. Sebaiknya, uang tunai cadangan dipisahkan tempatnya agar tidak terpakai untuk hal yang tidak terlalu penting.

Siapkan Fisik dan Obat-obatan Pribadi

Salah satu tip mudik lebaran yang tak boleh terlewat adalah dengan menyiapkan kotak P3K di dalam mobil. Mudik dapat dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Kamu harus mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat-obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman.

P3K saat perjalanan mudik. Foto via liputan6.com

Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Hal penting berikutnya adalah membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Saat berkendara di tengah kemacetan yang membuat stres, Anda bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat menyetir.

Hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar, kamu sebaiknya makan terlebih dahulu lalu melanjutkan kembali perjalanan Anda. Sebab itu, penting untuk menyediakan makanan ringan seperti buah-buahan, roti, atau camilan favorit saat mudik dengan kendaraan pribadi.

Bawa Hiburan Selama Mudik

Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu dengan smartphone. Persiapkan smartphone kesayangan Anda dan jangan lupa untuk mengisi daya baterainya. Anda juga dapat membawa powerbank agar tetap bisa mengisi baterai gadget di jalan. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa agar tetap tersambung ke internet dan juga ada persiapan dalam keadaan darurat.

Jangan Terlalu Boros Membeli Oleh-oleh

Membeli oleh -oleh adalah tradisi yang wajib dilakukan oleh mereka yang mudik. Saat membeli oleh–oleh, jangan takut untuk menawar harganya, tetapi jangan juga menawar terlalu sadis agar tetap mendukung usaha daerah. Kamu juga dapat memakai bahasa daerah agar timbul rasa kebersamaan ke pedagang.

Oleh oleh untuk pemudik. Foto via inibaru.id

Sudah tahu kan, bahwa mudik atau pulang kampung tidak sesederhana yang dibayangkan. Jadi, persiapkanlah segala sesuatunya sebaik mungkin agar perjalanan Anda tidak terkendala. Next

ramadan

Syarat Mudik Lebaran 2022 Pakai Kendaraan Pribadi, Bebas Penyekatan

Main ke Cirebon? Jangan Lewatkan Kuliner yang Wajib Dikunjungi Ini, Memanjakan Lidah!