in , ,

Main ke Cirebon? Jangan Lewatkan Kuliner yang Wajib Dikunjungi Ini, Memanjakan Lidah!

Belum ada rencana mau ke mana liburan nanti? Coba jalan-jalan ke kota Cirebon, Jawa Barat, yuk! Banyak tempat wisata yang bisa Teman Traveler kunjungi dan makanan lokal yang sedap untuk dicicip.

Baca juga : Wisata Air Terjun Irenggolo, Tempat Camping Seru di Lereng Gunung Wilis

Kalau urusan makanan, kota Cirebon ini memang nggak kalah dibanding kota lain. Banyak makanan khas yang nggak bisa Teman Traveler temukan di kota lain. Apa saja makanannya? Yuk kita intip!

1. Empal Gentong

Banyak toko yang menjual kuliner satu ini saat Teman Traveler melewati jalan utama kota Cirebon. Teman Traveler bisa melihat barisan penjual makanan khas Cirebon ini. Mulai dari empal gentong, empal asem, dan sate kambing muda.

Pilihan kami jatuh pada Empal Gentong Haji Apud yang memiliki beberapa cabang. Cabang dari warung ini ada di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev), Jalan Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi. Sedangkan kami mampir ke warung yang berada di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45153.

whatsapp_image_2019_12_14_at_12_b8e.jpegEmpal Gentong dan Empal Asam H. Apud (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Empal gentong Haji Apud sudah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. Rahasia kenikmatannya berada di gentong yang besar. Jadi, semua makanan dan racikan rempah dicampur ke dalam gentong dan dibakar menggunakan kayu akar sebagai perapiannya. Kayu akar pun menambahkan kenikmatan dengan aroma bakar yang khas.

Ada dua jenis empal yang tersedia, yaitu empal gentong dan empal asam. Empal gentong yang menggunakan santan sedangkan empal asam tidak menggunakan santan melainkan belimbing wuluh, sehingga bisa terhindar dari kolesterol. Empal ini pun dihargai kisaran Rp20.000-30.000.

whatsapp_image_2019_12_14_at_12_8Ba.jpegSate Kambing Muda H. Apud (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Untuk para penggemar sate, Teman Traveler harus cobain sate kambing muda yang empuk yang juga tersedia di sini. Sate ini pun memiliki racikan bumbu yang sangat nikmat dengan menggunakan saus kecap sebagai cocolan. Kisaran harganya sekitar Rp40.000-50.000. Empal Gentong Haji Apud buka dari jam 09.00-21.00 WIB.

2. Rumah Makan Kelapa Manis

20170425_173446_hdr_FTx.jpgNasi Goreng Komplit Rumah Makan Kelapa Manis (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Kalau waktu makan malam, tempat makan rekomendasi di kota Cirebon adalah Rumah Makan Kelapa Manis di Bukit Gronggong. Restoran ini berada di ketinggian, sehingga ketika malam Teman Traveler bisa melihat cantiknya city view yang penuh kerlap-kerlip cahaya. Kamu bisa berfoto dengan layar sunset di sini.

20170425_173525_hdr_jNN.jpg
Nasi Goreng Pete Rumah Makan Kelapa Manis (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Lokasi Rumah Makan Kelapa Manis berada di Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon, Jawa Barat. Buka dari jam 10.00-22.00 WIB setiap harinya. Restorannya pun cukup luas, bisa menampung banyak pengunjung karena terdiri dari beberapa lantai. Dekorasi restorannya pun apik dipenuhi lampu.

20170425_173049_hdr_Xo4.jpgPisang Goreng Srikaya Rumah Makan Kelapa Manis (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Nasi goreng di restoran ini juga punya ciri khas dan aroma yang wangi. Harga nasi goreng pete & nasi goreng komplit sekitar Rp32.000, sedangkan pisang goreng berkisar Rp14.000.

3. Nasi Jamblang Bu Nur

Siapa yang tak kenal Nasi Jamblang Bu Nur kalau ke Cirebon? Dijamin kamu bisa kalap melihat banyaknya lauk pauk yang berjejer. Dengan penyajian self-service, kamu bisa mengambil sendiri piring dan lauknya sesuai keinginan. Ada beraneka ragam pilihan mulai dari cumi hitam, telur, sate telu puyuh, paru goreng, ayam goreng, daging, kerupuk, es kelapa muda, dan masih banyak lagi.

20170425_141011_hdr_X5B.jpgNasi Jamlang Bu Nur (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Hati-hati saat membayar, jangan sampai budget langsung membengkak karena kalap. Lokasi Nasi Jamblang Bu Nur ada di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Setiap hari buka mulai dari jam 7 pagi sampai 9 malam, kecuali Sabtu-Minggu tutup hingga 7 malam hari. Untuk makan di sini, kamu bisa menyiapkan budget berkisar di Rp15.000 hingga Rp60.000, tergantung banyaknya dan lauk apa yang dipilih.

Nah, kalau ke Cirebon, jangan sampai melewatkan kuliner-kuliner di atas ya. Dijamin nggak bakal nyesel deh udah nyicip! Next

ramadan

Sebelum Pergi Mudik Lebaran, Lakukan Persiapan Ini!

ideasi instagram

Ide Konten Traveling untuk Dipajang di Instagram