in , ,

Planetarium Jakarta, Serunya Kagumi Magis Benda Langit

Liburan dengan Sensasi Beda, Amati Benda Langit di Planetarium Jakarta

Mengamati benda langit di Planetarium Jakarta
Mengamati benda langit di Planetarium Jakarta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler tertarik dengan astronomi atau penasaran ingin mengamati benda-benda langit? Jika kalian sedang wisata di Jakarta, jangan lewatkan kesempatan mampir ke Planetarium Jakarta. Di sini kalian bisa rasakan sensasi seru mengamati angkasa nan magis dengan gratis. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Baca juga : Pulau Dutungan, Andalan Kabupaten Barru yang Masih Asri dan Menawan

Jadwal Peneropongan Berbeda

img_20190806_183319_DdW.jpg
Gedung Planetarium (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setiap bulan pengelola Planetarium Jakarta bakal mengadakan sesi peneropongan benda-benda langit. Aktivitas ini tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka untuk umum.

Namun demikian, jadwalnya bisa berbeda-beda tiap bulan. Hal ini lantaran semuanya diatur berdasarkan posisi benda langit yang akan diamati. 

img_20190806_191106_fvj.jpg
Peneropongan tanggal 6 Agustus 2019 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Untuk mendapat informasi terbaru soal jadwal peneropongan di Planetarium, Teman Traveler bisa rutin mengecek di laman resmi maupun akun media sosial mereka. Jangan sampai terlewat ya.

Obyek Langit yang Diamati

img_20190806_200300_L58.jpg
Bulan teramati dari teleskop portable (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Lantaran posisi benda langit setiap bulan tidak sama, kecuali Bulan, maka obyek yang bisa diamati dalam satu sesi peneropongan pun berbeda-beda. Namun demikian, beberapa benda langit yang rutin jadi objek pengamatan adalah Bulan, Mars, Venus, Jupiter, dan Saturnus.

Teleskop untuk Meneropong

img_20190806_192400_mOI.jpg
Teleskop Takahashi type MT 160 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dalam setiap jadwal peneropongan untuk umum, Planetarium Jakarta akan menggunakan teleskop Takahashi tipe MT 160 di observatorium lantai paling atas. Teleskop ini merupakan jenis reflektor Newtonian berdiameter 16 centimeter yang telah dioperasikan sejak 1983.

Selain teleskop Takahashi, Planetarium Jakarta juga menyediakan teleskop portable yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Alat ini akan diletakkan di ruang terbuka, tepat di samping observatorium.

Prosedur Peneropongan

img_20190806_183902_2nr.jpg
Tempat registrasi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tertarik untuk mengikuti aktivitas ini, langsung saja datang ke Planetarium dan lakukan registrasi di petugas terkait. Pendaftaran biasanya dilakukan antara pukul 18.30-19.30 WIB. Semakin cepat registrasi, maka semakin cepat pula kalian bisa meneropong.

Berikutnya petugas akan memanggil nama lima peserta berdasarkan urutan registrasi untuk melakukan pengamatan di observatorium. Nantinya mereka akan bergantian naik dengan peserta lain. Jadi tak perlu bingung harus berebut atau berdesakan ya.

Kendala Saat Peneropongan

img_20190806_191127_YyS.jpg
Menunggu langit terbuka (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tantangan terbesar dalam melakukan pengamatan benda langit adalah cuaca. Teman Traveler wajib sabar menanti jika tiba-tiba langit berawan, sehingga menutupi obyek yang akan diamati. Jika cuaca sama sekali tidak mendukung, bukan tak mungkin jadwal peneropongan dibatalkan.

Oleh karena itu, memasuki musim hujan sekitar Desember-Februari, jadwal peneropongan benda langit untuk umum di Planetarium ditiadakan sama sekali. Jadi Teman Traveler jangan sampai salah jadwal berkunjung ya.

Fenomena Spesial

img_20190806_200202_NQC.jpg
Meneropong dengan teleskop portable (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain peneropongan bulanan, Planetarium Jakarta juga membuka sesi khusus untuk umum ketika sedang terjadi fenomena astronomi langka seperti gerhana bulan, gerhana matahari, dan konjungsi bulan dengan planet. Dalam kesempatan seperti ini, para calon peserta biasanya diarahkan untuk registrasi online terlebih dahulu. Tapi tak perlu khawatir, kegiatan ini juga tidak dipungut biaya kok.

img_20190806_194951_lL6.jpg
Yuk, meneropong benda langit di Planetarium! (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, bagimana Teman Traveler, tertarik merasakan sensasi mengamati benda langit lewat teleskop di Planetarium Jakarta? Jangan lupa ajak keluarga maupun teman-teman agar pengalaman kalian jadi makin seru. Selamat berlibur. Next

ramadan
Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Cilacap, Tetap Kokoh Meski Berusia Ratusan Tahun

Leker Paimo Semarang

Leker Paimo Semarang, Antrenya Bisa Sampai Satu Jam!