in , ,

Pulau Bair, Raja Ampat-nya Maluku, Nih

Wisata Maluku, Pulai Bair, Kota Tual
Wisata Maluku, Pulai Bair, Kota Tual

Indonesia bagian timur memang kaya akan ‘surga’ dunia yang tak kalah dengan luar negeri. Salah satunya adalah Raja Ampat, destinasi liburan favorit para wisawatan dunia. Selain itu, masih banyak tempat indah yang jarang dikunjungi, padahal kecantikannya bisa membuatmu menganga. Contohnya pulau yang satu ini.

Baca juga : Rahasia Tersembunyi di Bulan Desember, Kamu Harus Tau

Pulau Bair berada di Kota Tual, Maluku Tenggara. Provinsi yang beribukota Ambon ini dikenal memiliki wisata yang indah, yaitu Pulau Kei. Nah, kamu akan menemukan Pulau Bair di seberangnya.

Melewati pulau-pulau kecil
Melewati pulau-pulau kecil [image source]

Perairan di Pulau Bair ini sangat jernih. Pemandangan yang disuguhkan di sini akan membuatmu mengagumi kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam sesempurna Pulau Bair. Kamu bebas berenang, menyelam, hingga snorkeling, dan tentu saja berjemur.

Pulau Bair, Kota Tual
Pulau Bair, Kota Tual [image source]

Yang sedang tak ingin basah, gunakan saja perahu yang bisa disewa untuk keliling pulau. Nikmati panorama sekitar yang secantik lukisan. Tebing-tebing batu yinggi yang mengelilingi, juga menambah keindahan Bair ini.

Keliling Pulau Bair dengan perahu
Keliling Pulau Bair dengan perahu [image source]

Untuk sampai di ‘surga’ ini, kamu harus menyeberang selama 1 jam dengan speedboat dari Kei kecil. Namun, lelah di perjalanan akan terbayar lunas dengan keajaiban di depan mata. Serunya lagi, lokasi ini masih sangat sepi. Inilah yang membuatmu merasa sedang berada di pulau pribadi.

Perairan Pulau Bair sangat jernih
Perairan Pulau Bair sangat jernih [image source]

Ada area yang dikenal sebagai lorong mati. Tenang saja, tidak ada yang horor di sini. Ternyata itu adalah nama daerah di mana ada dua tebing tinggi yang menyerupai lorong sempit. Namun, keeksotisannya tak perlu dipertanyakan lagi. Rugi banget nih kalau tak mau basah.

Lorong mati di Pulau Bair
Lorong mati di Pulau Bair [image source]

Pulau Bair dikelilingi oleh hutan mangrove yang hijau. Kamu bisa juga menjelajahnya dan menyaksikan pemandangan yang semakin indah dari ketinggian. Airnya juga terlihat sangat jernih. Banyak yang menyatakan bahwa di sini hidup anak – anak hiu jenis Blacpit. Kadang ikan-ikan kecil tersebut terlihat dari atas.

Keindahan Pulau Bair, Kota Tual
Keindahan Pulau Bair, Kota Tual [image source]

Belum ada kantin atau penginapan di daerah ini. Jangan lupa membawa bekal sendiri sebelum berpetualang dan bawa pulang kembali sampahnya. Pilihlah tanggal sekitar bulan Maret hingga Agustus, saat laut tenang dan perjalananmu akan nyaman.

Bersantai di hutan mangrove Pulau Bair
Bersantai di hutan mangrove Pulau Bair [image source]

Akomodasi terdekat ada di Kei Kecil. Coba menginap di Oheiew Island Resort, dengan harga mulai 400 ribu rupiah, kamu sudah bisa santai langsung di depan pantai. Dari halamannya saja, bau pantai sudah tercium dari pasirnya. Tak perlu jalan jauh, deh. Murah dan keren banget, kan.

Oheiew Island Resort
Oheiew Island Resort [image source]

Di depan Oheiew Island Resort, ada Pantai Ngurbloat yang bisa langsung dinikmati dari jendela kamar. Mau jogging pagi, berjemur dan bergulingan di pasirnya, hingga menikmati sunset bisa kamu lakukan di sini. Seru, kan.

Pantai Ngurbloat, Kei Kecil, Maluku
Pantai Ngurbloat, Kei Kecil, Maluku [image source]

Yang tak boleh dilupakan adalah kegiatan mencicipi makanan khas Kei, yaitu Lad. Ini sejenis urap-urap di Pulau Jawa, hanya saja sayurannya diganti dengan rumput laut. Aduh, khas pantai banget, ya. Apalagi menyantapnya ditemani dengan ombak laut. Mantap!

Lad, makanan khas Pulai Kei
Lad, makanan khas Pulai Kei [image source]
Nah, percaya kan kalau Pulau Bair tak kalah memesona dari Raja Ampat di Papua? Jadi kapan nih mau menyaksikan langsung kecantikannya? Next

ramadan
Umroh Murah tips dari Pak Alex Ali Azza

Tips Umroh Mandiri Biaya 13 Jutaan dari Alex Ali Azza

Buka Puasa dengan Lontong Dekem Khas Pemalang, Enaknya Nggak Hilang-hilang