in , , ,

Indahnya Pulau Bangkaru Sekaligus Surganya Para Penyu

Indonesia merupakan negara dengan jumlah kepulauan terbesar dan terbanyak didunia. Lebih dari 17.000 pulau yang terbentang lebih dari 5.000 km dari Sabang hingga Merauke menjadi primadona bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tah heran jika sebagian pulau tak berpenghuni sehingga kealamiannya masih terjaga dan tentu menjadi daya tarik wisatawan. Pulau yang sudah berpenghuni pun tak kalah indahnya karena masyarakat disana rata rata dapat menjaga kebersihan demi menunjang keindahan pulau tersebut dimata para wisatawan.

Baca juga : Kepulauan Seribu, a Thousand Wonders in the Capital

Salah satu pulau tak berpunghuni ini terdapat diperairan Aceh Singkil. Pulau ini bernama Bangkaru dan menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin berlibur lebih santai tanpa hingar bingar perkotaan yang ricuh. Pulau Bangkaru memiliki luas 15.000 hentar ini terletak tidak jauh dari gugudsan pulau kecil lainnya yang masuk di bagianbarat pulau Tuangku. Keasrian dan kealamiannya membuat pulau ini menjadi tempat konservasi bagi para penyu. Dan masyarakat Aceh menamakan pulau ini dengan pulau penyu.

Penyu penyu yang baru menetas di Pulau Bangkaru. Foto via merahputih.com

Pulau Bangkaru sengaja dijadikan rumah bagi para penyu lantaran jauh sebelumnya terjadi perburuan liar telur penyu dan daging penyu. Hingga akhirnya ekosistem penyu menjadi berkurang dan hampir punah. Para pecinta hewan berupaya untuk menghentikan perburuan penyu ini dibantu oleh aparat pemerintah setempat. Hingga tercapailah kesepakatan untuk menjadikan pulau ini menjadi konservasi para penyu. Sehingga Pulau Bangkaru menjadi rumah yang aman bagi para penyu untuk berkembang biak.

Snorkeling di pulau Bangkaru sangat menyenangkan. Foto via kba.one

Lokasinya tak mudah dicapai oleh siapapun karena membutuhkan waktu menyebrang sekitar 5 jam dari Aceh Singkil atau 1 jam dari Pulau Balai (pusat kota dari Kepulauan Banyak). Di Pulau Bangkaru terdapat sebuah pantai sepanjang 3km yang bernama Pantai Amandangan. Nah di pantai inilah biasanya para penyu bertelur. Penyu yang singgah ada beberapa jenis yakni penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing. Ketiga jenis penyu itu merupakan jenis penyu yang langka. Selama disana, cobalah untuk berhati hati saat melangkah karena banyak sekali sarang telur dibawah pasir yang bakal kamu injak.

Diving di perairan pulau Bangkaru yang menyenangkan. Foto via wisatapulaubanyak.com

Selain melihat penyu, kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti snorkeling, diving, bahkan surfing. Ombak di pulau ini sangatlah tinggi dan besar bahkan pernah mencapai 6 meter sehingga cocok sekali untuk kamu yang hobi surfing. Nah untuk kamu yang biasa senang duduk duduk menikmati indahnya pantai dan angin semilir bakal menemani hari hari santaimu. Jika kamu sedang ingin menjelajah hutan Pulau Bangkaru, cukup melakukan treking dihutan sambil melihat beberapa penyu yang sedang membuat sarang.

konservasi penyu di pulau Bangkaru. Foto via profaunaindonesia.com

Biasanya pengunjung yang datang ke Pulau Bangkaru tujuannya hanya sekedar untuk menikmati keindahannya saja dan pastinya mereka sudah memiliki izin untuk berkunjung ke pulau konservasi penyu ini. Jarang sekali ada pengunjung yang bermalam disini mungkin karena sudah paham bahwa ada keberlangsungan hidup para penyu disini sehingga jangan sampai mengganggu mereka. Namun tetaplah hati hati karena kadang biawak sedang memeunculkan diri untuk mencari makan. Next

ramadan

Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Surakarta, Tempat Belanja Barang Kuno nan Instagenic

Mengenal Kehidupan Masyarakat Purbalingga Tempo Doeloe dari Dekat di Museum Soegarda