in ,

Jepang Akan Punya Pulau Buatan Bernama Yumeshima, Siapkan Diri Untuk World Expo 2025

Jepang Membangun Yumeshima, Pulau Buatan Untuk World Expo 2025

Pulau Yumeshima
Pulau Yumeshima

Jepang sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah World Expo 2025. Sebuah acara pameran budaya lokal dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi. Negeri ini pun sedang dalam proses pembuatan pulau buatan, bernama Yumeshima di Teluk Osaka yang dibangun untuk lokasi acara tingkat dunia tersebut. Penasaran seperti apa gambarannya? Simak ulasan berikut.

Baca juga : Berenang di Lautan Hingga Dimakan Ikan Paus, Bagaimana Kronologinya?

Pulau Buatan di Teluk Osaka

Maket Yumeshima via Twitter @expo2025japan
Maket Yumeshima via Twitter @expo2025japan

Pulau Yumeshima merupakan pulau buatan yang akan dibangun di Teluk Osaka, tepatnya kawasan Konohana. Yumeshima sendiri berarti “pulau impian”, konsepnya pun akan sesuai dengan nama tersebut. Osaka Metro sebagai salah satu biro transportasi di Jepang, akan mengembangkan pulau ini di atas maupun bawah tanah.

Dibangun Untuk Perhelatan World Expo 2025

Reklamasi Dimulai April 2019 via Twitter @ThalesTransport
Reklamasi Dimulai April 2019 via Twitter @ThalesTransport

Pembangunan pulau buatan Yumeshima demi lokasi event World Expo 2025. Selain itu juga sebagai bagian dari visi “smart resort city” di Osaka. Walaupun kegiatan tingkat dunia ini baru akan berlangsung sekitar bulan November tahun 2025, namun persiapan telah dilakukan dari sekarang.

Tema untuk acara tersebut pun sudah ditentukan, yaitu “Designing Future Society for Our Lives”. Maka semua unsur pengembangan Yumeshima disesuaikan dengan tema tersebut. Ini bukan pertama kalinya Jepang menjadi tuan rumah World Expo. Sudah pernah menyelenggarakannya tahun 1970, lokasinya pun sama-sama di Osaka.

Reklamasi Dimulai April 2019

Bertema Designing Future Society for Our Lives via Twitter @expo2025japan
Bertema Designing Future Society for Our Lives via Twitter @expo2025japan

Reklamasi pulau buatan Yumeshima akan segera dimulai bulan April 2019. Dimulai dari pengurukan daerah berlumpur di kawasan Konohana. Yumeshima diperkirakan mempunyai luas kurang lebih 390 hektar.

Sekitar 155 hektarnya dipakai untuk keperluan World Expo, sedangkan 30 hektar dari keseluruhan area masih berupa lahan berlumpur. Proyek ini dijadwalkan selesai tahun 2022.

Fasilitas di Pulau Yumeshima

Ilustrasi Stasiun Yumeshima via japantrends
Ilustrasi Stasiun Yumeshima via japantrends.com

Pulau buatan Yumeshima ini nantinya akan dibangun beragam fasilitas. Di antaranya adalah gedung pencakar langit 55 lantai, berfungsi utama sebagai stasiun Yumeshima. Bangunan tersebut pun akan dilengkapi dengan perkantoran, restoran, dan hotel. Bahkan akan dibangun juga resort dengan kasino.

Gambaran Yumeshima via Twitter @ShingetsuNews
Gambaran Yumeshima via Twitter @ShingetsuNews

Secara keseluruhan, Yumeshima akan terdiri dari beberapa bagian. Seperti tempat untuk fasilitas panel surya, green world, water world, area paviliun, stasiun, terminal kontainer, dan tentu saja integrated resort (IR).

Stasiun Yumeshima nantinya akan menjadi halte kereta bawah tanah baru untuk jalur kereta Chuo. Didesain dengan gaya futuristik yang dapat menjadi gerbang tepi laut Osaka.

Kalau sudah jadi, tentu akan menjadi atraksi menarik baru di Jepang. Jika liburan ke sini, bisa melipir ke Pulau Yumeshima. Bagaimana, tertarik melihat tempat ini lebih dekat?? Next

ramadan
hotel bernuansa Jepang di Indonesia

Daftar Hotel Bernuansa Jepang di Indonesia, Tak Perlu Terbang Jauh ke Negeri Sakura

Wisata Naik Trans Jogja

Asyiknya Wisata Naik Trans Jogja, Murah dan Nyaman