in ,

9 Gili Tak Berpenghuni di Sumbawa yang Menanti Untuk Dijelajahi

Pantai di Kenawa
Pantai di Kenawa

Jika di Bali mengenal istilah Nusa untuk menyebut pulau-pulau kecil maka di Lombok dan Sumbawa pulau-pulau mini dikenal dengan sebutan Gili. Sebagai contoh di Bali dikenal Nusa Lembongan, Nusa Penida dan Nusa Ceningan sedangkan Lombok ada Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Kawasan di timur pulau Lombok yaitu Sumbawa juga punya banyak gili cantik yang tidak berpenghuni.

Baca juga : Pondanu Cabins By The Lake Bali, Menginap Sambil Menikmati Hamparan Bunga dan Danau

Wisatawan yang suka menjelajah pelosok negeri pasti setuju jika alam Indonesia makin ke timur makin cantik. Di awali dari pulau Bali yang mendunia dengan sejuta pantai dan keindahan alam pegunungannya yang menggoda, kemudian berpindah ke Lombok dengan Tiga Gili serta Gunung Rinjani yang tersohor, terus ke timur hingga ke Pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa Besar dikelilingi oleh sederet pulau-pulau kecil yang sangat indah dan masih menanti untuk dijelajahi. Berikut 9 gili tak berpenghuni di Sumbawa.

1. Menikmati Indahnya Padang Savana di Pulau Kenawa

Kenawa
Kenawa [via]
Pulau Kenawa, pulau kecil tak berpenghuni di Sumbawa. Wisatawan bisa menjangkaunya dengan menumpang kapal feri dari Pelabuhan Poto Tano dengan perjalanan selama 1,5 jam. Ciri khas dari pulau ini adalah adanya bukit yang diselimuti oleh padang rumput hijau. Datang saja pada musim hujan antara Januari hingga Mei maka padang rumput bak permadani hijau akan menyambutmu di pulau ini.

Pantai di Kenawa
Pantai di Kenawa [via]
Pulau Kenawa memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang datang ke Sumbawa. Meski perjalanan lautnya cukup jauh dan lama tapi apa yang didapat di pulau ini memang sepadan dengan usaha yang dilakukan. Suguhan alam Pulau Kenawa memang diluar ekspektasi, suasananya sepi bak pulau pribadi. Pantai di sekeliling pantai merupakan perairan dangkal yang siap untuk direnangi atau untuk snorkeling.

Informasi Lokasi

Nama: Pulau Kenawa

Alamat: Poto Nato, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

2. Gili Keramat, Alam Bawah Lautnya Indah Sangat

Gili Keramat
Gili Keramat [via]
Jika Bali punya Tiga Nusa, sedangkan Lombok tersohor dengan Tiga Gili maka Sumbawa punya Duo Gili yang indah sekali. Gili pertama bernama Gili Keramat. Namanya cukup bikin merinding tapi percayalah pulau ini tidak semenakutkan namanya malah keindahan alam ini bikin wisatawan betah. Gili Keramat merupakan pulau tidak berpenghuni yang masuk di dalam wilayah Desa Labuhan Padi, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Ombaknya Tenang, Cocok Untuk Snorkeling dan Berenang
Ombaknya Tenang, Cocok Untuk Snorkeling dan Berenang [via]
Pulau yang kece badai ini lokasinya cukup terpencil dan belum dikembangkan untuk wisata komersil. Al hasil untuk menyambangi pulau ini butuh kerja keras dan cukup ribet. Tapi tenang, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Artinya suguhan alam yang didapatkan di Gili Keramat sungguh berada di luar ekspektasi. Baik di darat dan di dalam lautnya tergambar jelas secuil tanah surga yang memanjakan mata.

Informasi Lokasi

Nama: Gili Keramat

Alamat: Labuan Bajo, Utan, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

3. Gili Bedil, Surga Mungil di Daerah Terpencil

Snorkeling di Gili Bedil
Snorkeling di Gili Bedil [via]
Wisatawan yang berkunjung ke Gili Keramat pasti akan mengunjungi Gili Bedil juga. Sebab kedua gili tersebut berada bersebelahan dan hanya dipisahkan oleh selat yang sempit. Setali tiga uang dengan Gili Keramat, Gili Bedil juga memiliki keindahan luar dalam, cantik di darat dan keren di dalam lautan.

Gili Bedil
Gili Bedil [via]
Wisatawan yang berkunjung baik ke Gili Bedil mau pun Gili Keramat harus menyewa perahu dengan lantas kaca yang tembus pandang ke dasar lautan. Dari sana mereka bisa melihat keindahan terumbu karang yang ada di sekitar pantai. Namun sebelum itu ada usaha ekstra yang harus dilakukan, dimulai dengan menyeberang dari Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano kemudian lanjut ke Pantai La Pade barulah bisa menyeberang ke pulau kecil tak berpenghuni ini.

Informasi Lokasi

Nama: Gili Bedil

Alamat: Labuan Bajo, Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

4. Gili Takebo yang Unik dan Menarik

Gili Takebo
Gili Takebo [via]
Gili Takebo atau disebut juga dengan nama Gili Kebo adalah salah satu dari gugusan pulau kecil yang tak berpenghuni di perairan Teluk Saleh. Ukuran pulau ini tidak lebih besar dari lapangan sepakbola. Gili Kebo begitu khas dengan perbukitannya yang berbentuk seperti punggung kerbau. Dari sanalah kemudian penamaan Gili Takebo berasal.

Perairan Gili Kebo
Perairan Gili Kebo [via]
Gili Takebo berada di wilayah terpencil sehingga tidak banyak wisatawan yang tahu keberadaan pulau keren ini. Di sekeliling pulau terdapat hamparan pasir pantai yang putih serta pecahan koral aneka bentuk dan warna yang menarik. Mereka yang hobi melakukan island hopping akan mendatangi Gili Takebo sebagai titik awal sebelum mereka menyambangi pulau-pulau lainnya di sekitar pulau ini, beberapa diantaranya adalah Gili Panjang, Gili Meriam Besar, Gili Lipan, Gili Dompo dan Gili Sentigi.

Informasi Lokasi

Nama: Gili Takebo atau Gili Kebo

Alamat: Teluk Santong, Plampang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

5. Gili Panjang, Keindahannya Akan Selalu Dikenang

Gili Panjang
Gili Panjang [via]
Perairan di Teluk Saleh, Subawa, Nusa Tenggara Barat memang menyimpan banyak kejutan lewat pulau-pulau kecilnya yang mempesona. Salah satu keindahan tersebut bisa wisatawan nikmati lewat Gili Panjang, pulau tak bertuan seluas 8,9 hektar yang punya bukit di sisi-sisinya. Dari bukit Gili Panjang wisatawan dapat melihat dengan jelas gugusan pulau di Teluk Saleh yang menanti untuk dijamahi.

Berenang di Gili Panjang
Berenang di Gili Panjang [via]
Gili Panjang juga memiliki padang ilalang di daratannya yang makin mempercantik wajah pulau kecil tak berpenghuni ini. Perjalanan menuju Gili Panjang dari kampung nelayan Teluk Santong menghabiskan waktu sekitar 40 menit. Setelah tiba di pulau ini wisatawan dijamin tidak akan betah lama-lama di darat karena perairan tenang dan jernih sudah menunggu di sepanjang garis pantainya.

Informasi Lokasi

Nama: Gili Panjang

Alamat: Teluk Santong, Plampang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

6. Gili Lipan Dengan Bebatuan Berbentuk Wajah “ORC”

Gili Lipan
Gili Lipan [via]
Jangan lewatkan pula Gili Lipan yang ada di Teluk Santong, Kecamatan Plampang dengan jarak tempuh sekitar 1 setengah jam dari Kota Sumbawa. Pulau kecil tak berpenghuni ini cukup unik dengan bebatuan yang mirip wajah “orc” (tokoh antagonis berwajah jelek di film The Hobbit). Dari tengah laut pulau ini hanya terlihat seperti pulau karang yang penuh bebatuan tapi setelah didekati ada hamparan pasir pantai yang diapit oleh bebatuan tersebut.

Tepi Pantai Gili Lipan
Tepi Pantai Gili Lipan [via]
Hal pertama yang dilakukan wisatawan sesampainya di Gili Lipan adalah mengambil gambar dari atas bukit. Setelah itu barulah menyelam ke dalam lautnya yang dipenuhi terumbu karang keras serta ikan-ikan kecil. Untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang keren wisatawan harus berenang hingga ke tengah. Tapi yang tidak mahir menyelam cukup berenang di perairan dangkalnya saja. Tidak jauh dari Gili Lipan ada Gili Santigi yang layak pula untuk disinggahi.

Informasi Lokasi

Nama: Gili Lipan

Alamat: Teluk Santong, Plampang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

7. Pulau Satonda, Menyimpan Danau Air Asin Yang Ajaib

Pulau Satonda Dari Atas
Pulau Satonda Dari Atas [via]
Pulau Satonda termasuk dalam jajaran pulau kecil tak berpenghuni di wilayah Sumbawa. Pulau ini berada dalam wilayah administrasi desa Nangamiro, kabupaten Dompu. Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itulah istilah yang tepat menggambarkan penampakan dari Pulau Satonda. Pasalnya di dalam pulau ini terdapat suatu keajaiban alam dalam bentuk danau air asin.

Tepi Danau Satonda [via]
Danau tersebut dikenal dengan nama Danau Satonda. Air di danau satonda yang terletak di tengah pulau tidak tawar melainkan asin. Wajar jika danau ini terletak di pesisir pantai atau berada di dekat pantai. Namun danau ini terpisah daratan sejauh 3 kilometer dari bibir pantai jadi bagaimana bisa danaunya punya air asin. Itulah yang hingga kini menjadi perdebatan di kalangan para ilmuwan. Sementara saat ini teori yang paling dipercaya adalah air berasal dari tsunami besar yang terjadi beberapa ribu tahun lalu dan mengisi kawah tua berkedalaman lebih dari 1000 meter.

Informasi Lokasi

Nama: Pulau Satonda

Alamat: Pekat, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

8. Gili Banta, Liar Tapi Mempesona

Gili Banta adalah nama terakhir dari beberapa gili tak berpenghuni di daerah Sumbawa. Gili Banta termasuk yang paling jarang dikunjungi oleh wisatawan padahal luas daratan gili ini terbilang cukup luas. Bukan karena tidak menarik, namun lebih karena adanya arus laut yang kuat dan berputar-putar yang membuat wisatawan bahkan nelayan setempat enggan berlabuh di pulau ini.

Gili Banta, via instagram

Meskipun demikian pulau kecil di Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, NTB ini memiliki terumbu karang bawah laut yang begitu indah. Lebih menakjubkan lagi pada bulan Juni-Juli sering terlihat kawanan lumba-lumba dan paus bermigrasi melintasi perairan di sekitar Gili Banta. Satu-satunya cara menyeberang ke Gili Banta adalah menyewa perahu dari nelayan sebab belum ada transportasi umum yang melayani rute ke Gili Banta secara khusus.

Gili Banta dari Atas
Gili Banta dari Atas [via]
Informasi Lokasi

Nama: Gili Banta

Alamat: Bajopulo, Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Tertarik mengunjungi salah satu pulau di atas guys? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Mendengar Nyanyian Alam Lewat Gemercik Air Curug Cimahi

4 Travel Hack Cerdas yang Bikin Perjalanan Anda Super Nyaman