in ,

Pulau Kenawa, Surga Kecil Penuh Pesona di Sumbawa Barat

Pulau Kenawa Sumbawa Barat

Siapa yang tak mengenal Pulau Sumbawa? Pulau yang terkenal dengan kuda liarnya ini memiliki beragam wisata yang indah nan eksotis. Salah satunya adalah Pulau Kenawa.

Baca juga : Nasi Jamblang Bu Pitri, Kuliner Cirebon yang Susah Banget Ditolak

Pulau yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini merupakan pulau tanpa penduduk yang hanya sekitar 15 hektare. Namun, keindahannya tidak dapat diragukan lagi.

Pulau dengan sejuta pesona

Pulau ini memiliki keindahan pasir putih bersih, laut jernih, dan padang savana yang sangat indah. Terdapat bukit kecil di pulau ini yang digunakan untuk melihat sunset, sunrise, maupun bintang pada malam hari. Pada saat musim kemarau, padang savana akan berwarna kuning yang memberikan daya tarik tersendiri dari Pulau Kenawa.

Foto via Good News From Indonesia

Selain menikmati pemandangan dari pulau ini, wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru lainnya layaknya pulau pribadi. Fasilitas yang ada di pulau ini meliputi gazebo untuk beristirahat atau salat, serta toilet gratis yang cukup bersih. Namun, bila ingin menggunakan air bersih kamu harus membeli satu galon air yang dibanderol dengan harga Rp15.000.

Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan

Fasilitas-fasilitas tersebut juga mendukung beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Kenawa, seperti berenang, snorkeling, hingga berkemah. Kamu bisa menikmati pemandangan indah bawah laut yang memiliki terumbu karang indah serta ikan yang berwarna-warni.

Foto via Mandalikapost

Banyak spot foto yang instagramable di pulau ini, salah satunya di jembatan dermaga. Dulunya jembatan ini digunakan oleh para nelayan saat berlabuh, namun kini sudah rusak sehingga hanya digunakan untuk berfoto dan loncat saat ingin melakukan snorkling.

Tarif dan jam operasional

Wisatawan dapat berkunjung ke pulau ini setiap saat karena buka 24 jam. Untuk tiket masuk ke pulau ini masih gratis, namun untuk sampai ke Pulau Kenawa kalian harus menyewa perahu wisata dan memperhatikan jadwal operasinya.

Foto via Twitter

Tarif menyebrang ke Pulau ini antara Rp250.000 hingga Rp350.000 per perahu untuk pulang dan pergi untuk 2 sampai 4 orang lebih. Bila ingin berhemat, alangkah baiknya bila kamu mengajak keluarga atau teman untuk liburan bersama-sama.

Rute menuju lokasi

Sangat menyenangkan untuk berwisata ke Pulau Kenawa, kalian hanya perlu mengetahui rute menuju lokasi. Dari Kota Mataram, kalian harus menyebrang dari pelabuhan Kayangan, Pulau Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano, Pulau Sumbawa, yang membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Kemudian dari pelabuhan Poto Tono, menyebrang dengan perahu wisata sekitar 20 menit saja.

Foto via PegiPegi

Perahu wisata tersebut akan mengantar kamu sampai ke Pulau Kenawa. Jangan lupa untuk berkoordinasi jam berapa ingin dijemput nantinya. Karena biaya yang sudah dibayarkan juga termasuk perjalanan pulang dari Pulau Kenawa.

Bagaimana Teman Traveler, sudah terbayang liburan ke Pulai Kenawa? Ajak keluarga dan teman-temanmu untuk refreshing di pulau ini atau bahkan  berkemah sambil menikmati bintang-bintang pada malam hari. Next

ramadan
Lampu Jalanan Korea Selatan

Korea Selatan Bikin Lampu Khusus Buat yang Suka Main HP di Jalanan

Allo Bank Food Festival Jakarta

Deretan Menu Favorit Pengunjung Di AlloBank Food Festival 2022