in , ,

Pulau Kera, Kepingan Surga di Pinggiran Kupang

Menjelajah Pesona Indah Pulau Kera di NTT

Pulau Kera, NTT
Pulau Kera, NTT (c) Hendriana/Travelingyuk

Kupang memiliki beragam keindahan alam eksotis yang sungguh mempesona. Salah satunya adalah Pulau Kera. Tempatnya juga sangat mudah dijangkau, pas untuk jadi destinasi liburan bersama sahabat maupun keluarga. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Baca juga : Sempat Terbakar, Ini 5 Wahana Terfavorit di Ancol

Menyebrang ke Pulau Kera

_dsc0767_2WB.jpg
Naik kapal menuju pulau (c) Hendriana/Travelingyuk

Untuk menuju sini Teman Traveler hanya perlu menyebrang dengan menggunakan perahu sewaan dari Kupang. Saya sendiri kala itu menginap di hotel dekat pelabuhan dan memutuskan memulai perjalanan sekitar pukul 05.00.

Pulau Kera sendiri mungkin belum terlalu akrab di telinga para wisatawan. Namun jangan salah, pesona yang disuguhkan benar-benar luar biasa istimewa. Sungguh memanjakan mata.

Kurang lebih satu jam perjalanan, rombongan saya tiba di tujuan. Kala itu mentari sudah muncul sepenuhnya. Sinar terangnya membuat lautan di sekitar sini nampak begitu biru. 

Apakah Banyak Kera di Sana?

_dsc0875_mJA.jpg
Berfoto dengan latar belakang Pulau Kera (c) Hendriana/Travelingyuk

Pertama mendengar nama pulau ini, mungkin Teman Traveler akan mengira ada banyak monyet di sini. Namun di luar dugaan, sebutan tersebut ternyata berasal dari kata ‘Kerang’. Seiring berjalannya waktu, pelafalan ‘ng’ perlahan menghilang. Hal ini dipengaruhi kebiasaan Suku Bajo yang sering menyebut ‘ng’ menjadi ‘n’.

Mengunjungi Rumah Warga

_dsc0836_YiH.jpg
Berfoto dekat rumah warga (c) Hendriana/Travelingyuk

Penghuni pulau ini berjumlah tak lebih dari 100 kepala keluarga. Rumah-rumah mereka sangatlah sederhana, hanya dilengkapi tiang dan penutup seadanya. Lebih mirip gubuk.

Asyiknya, semua penduduk di sini sangat ramah kepada pendatang. Teman Traveler bebas bermain maupun berfoto di dekat rumah mereka. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kesopanan dan kebersihan ya.

Hamparan Pasir Putih

_dsc0840_lTh.jpg
Anak-anak di Pulau Kera (c) Hendriana/Travelingyuk

Selain penduduknya yang ramah, pulau ini juga dikenal memiliki hamparan pasir seputih salju. Keindahannya bahkan terlihat jelas dari seberang lautan. Kilauannya seolah mengundang siapapun untuk mendekat.

Ombak di sekitar sini juga sangat tenang. Teman Traveler bisa bermain sepuasnya di bibir pantai maupun berjemur. Dijamin puas deh.

Tak hanya itu, anak-anak di sekitar pulau juga nampak senang ketika kami berkunjung. Kala itu kami membawa sedikit makanan kecil dan membagikannya pada mereka. 

Bermain Seru di Sekitar Pantai

_dsc0864_Zz9.jpg
Hamparan pantai luas (c) Hendriana/Travelingyuk

Berada di Pulau yang seindah ini memang sayang jika tak bermain air. Saya dan teman-teman kebetulan lupa tak membawa baju ganti. Akhirnya kami hanya sedikit berbasah ria, tidak sempat merasakan jernihnya air Pulau Kera secara maksimal.

_dsc0909_BPH.jpg
Berfoto di atas kapal (c) Hendriana/Travelingyuk

Begitu masuk siang hari, barulah kami bergegas pulang lantaran takut ombak bakal semakin besar. Overall, pengalaman bermain di Pulau Kera benar-benar luar biasa mengesankan. Jangan lupa mampir ke sini jika Teman Traveler liburan di Nusa Tenggara Timur ya. Next

ramadan
Main ke Bali Bird Park

Bali Bird Park, Keindahan Lain Pulau Dewata

Pantai Dampar Lumajang

Pantai Dampar, Cantik dengan Tebing Pelindung nan Eksotis