in , ,

Pulau Lanjukang, Keindahan di Batas Terluar Makassar

Pulau Lanjukang
Pulau Lanjukang
Pulau Lanjukang (c) saadduddin/Travelingyuk

Wilayah Indonesia Timur kini sedang menjadi pusat perhatian berkat beberapa spot wisatanya yang ternyata tak kalah keren dibandingkan tempat wisata populer seperti Bali atau Yogyakarta. Sayangnya, kebanyakan spot wisata terindah justru terletak jauh dari keramaian, tersembunyi di antara sapuan gelombang laut dan nyaris terlupakan karena letaknya yang berada di perbatasan Tanah Air.

Baca juga : Waspadalah Saat Melintas Jembatan Angker Pulau Jawa Ini

Pulau Lanjukang (c) saadduddin/Travelingyuk

Kali ini aku akan mengajak kamu berpetualang ke salah satu pulau terluar di wilayah Makassar yang bernama Pulau Lanjukang. Secara geografis pulau ini masih termasuk wilayah Kota Makassar, meski letaknya sekitar 40 km dari pusat kota. Pulau Lanjukang adalah salah satu di antara gugusan Kepulauan Spermonde yang saat ini menjadi primadona pariwisata Sulawesi. Beberapa pulau lain di Kepulauan Spermonde

Pulau Lanjukang (c) saadduddin/Travelingyuk

Nama lain Pulau Lanjukang di antaranya adalah Lanyukang atau Laccukang. Nama-nama ini katanya sih berasal dari kata ‘lanjutkan’, karena pulau ini sering dijadikan tempat istirahat sementara oleh para nelayan pada saat mereka berlayar mencari ikan. Perairan di sekitar Pulau Lanjukang memang dikenal kaya akan berbagai jenis ikan. Maka nggak heran kalo para nelayan sering mampir kemari sebelum mereka berangkat atau pulang melaut.

Pulau Lanjukang (c) saadduddin/Travelingyuk

Sayangnya, belum tersedia moda transportasi reguler untuk menuju pulau kecil yang cantik ini, travelers. Untuk mencapainya, pertama-tama kamu harus mendatangi dulu Kota Makassar. Kemudian dari bandara kamu naik angkutan umum atau taksi ke Pelabuhan Paotere, Makassar. Di pelabuhan ini kamu bisa menyewa kapal kayu milik penduduk setempat dengan tarif sebesar Rp 1 juta-1,5 juta untuk perjalanan pulang-pergi. Mahal? Nggak juga sih sebenarnya. Kapal kayu sewaan biasanya bisa memuat 10 orang penumpang. Jadi kamu bisa patungan bersama beberapa turis lain yang mau menyeberang kalo ingin menghemat biaya.

Pulau Lanjukang (c) saadduddin/Travelingyuk

Pulau Lanjukang juga belum dilengkapi dengan fasilitas dermaga untuk kapal berukuran besar. Meski begitu, sudah ada dua buah resort semi permanen yang didirikan untuk para turis yang ingin menginap di pulau ini. Pastikan kamu sudah menyiapkan stok makanan serta air minum yang cukup jika benar-benar ingin menikmati kesunyian yang menentramkan di pulau ini. teman-teman dapat membangun tenda atau ngecamp di pulau ini.

Pulau Lanjukang (c) saadduddin/Travelingyuk

Pantai Pulau Lanjukang yang berpasir putih masih bersih dari sampah plastik. Airnya jernih dan membius mata karena gradasi warna unik sesuai tingkat kedalamannya. Pasti kamu betah duduk-duduk di sini sambil membiarkan angin sepoi-sepoi menerpa wajah. Gemerisik daun-daun dari pepohonan sekitar yang didominasi pohon kelapa dan pohon pisang akan menambah syahdunya suasana, dan kamu pun akan malas untuk pulang.

Bukan hanya kesunyian dan pasir putihnya saja yang anda bisa nikmati pulau lanjukang keindahan bawah lautnya juga sangat memanjakan mata anda. Terumbu karang yang padat dan berbagai variasi bentuk pertumbuhan serta ikan-ikan kecil yang menari-nari di antara sela-sela terumbu karang. Next

ramadan
Telaga Pengilon

Telaga Pengilon ,Tempat Wisata Kekinian di Wonosobo

fi masjidil haram wewangian

Masjidil Haram Diberi Wewangian 10 Kali Sehari Ketika Ramadan Tiba