in

4 Pulau yang Lenyap dari Peta, Terakhir Ada di Indonesia

Semua tenggelam karena pemanasan global parah nih

Pemanasan global yang sering terjadi akhir-akhir ini membuat banyak sekali kerugian di seluruh dunia. Salah satunya yang paling parah adalah sejumlah pulau tenggelam ke dalam laut. Nah, kali ini Travelingyuk akan membahas mengenai pulau yang lenyap dari peta lantaran perubahan iklim. Kira-kira, apa saja ya? Kita simak ulasannya berikut. 

Baca juga : Keuntungan yang Bisa Didapat Dari Ojek Online Ketika Traveling, Bisa Bikin Hemat!

1.Pulau Betet 

pulau lenyap dari peta
Pulau Betet via twitter/wow_keren

Akhir-akhir ini yang menjadi tren adalah Pulau Betet di Sumatra Selatan dikabarkan menghilang. Peristiwa ini bisa terjadi lantaran pemanasan global. Tapi, Kepala Taman Nasional Berbak – Sembilang Area II, Affan Absori menuturkan kalau pulau tidak benar-benar hilang. Namun, di bagian muara sungainya mengalami abrasi, sehingga warga Desa Tanah Pilih berpindah tempat tinggal ke arah hulu. 

2. Pulau Gundul 

pulau lenyap dari peta
Pulau Gundul via facebook/Bonifasius G Andjioe

Masih di kawasan yang sama, tepatnya di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, juga terdapat pulau lain yang tenggelam, yaitu Pulau Gundul. Menurut Muhammad Hairul Sobri, Direktur Walhi Sumsel, tenggelamnya pulau terjadi akibat kenaikan permukaan air laut yang dipengaruhi oleh pencairan es di kutub karena pemanasan global.

Selain itu, Sumatra Selatan sendiri juga menyumbang pemanasan global dari berbagai faktor. Seperti masifnya ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

3. Pulau Tebunginako 

Pulau Tebunginako via facebook/Hearts Above The Sea

Selanjutnya, ada Pulau Tebunginako yang berada di kawasan Kiribati. Tebunginako adalah desa yang berkembang pesat. Namun, mulai 1970-an, ombak mulai beringsut lebih dekat ke rumah-rumah di desa. Selama bertahun-tahun, ketika angin kencang membuat gelombang besar dan perubahan iklim menyebabkan permukaan laut naik lalu membanjiri tembok laut yang telah dibangun untuk melindungi masyarakat. 

4. Pulau Nuatambu 

Pulau Nuatambu via twitter/TheCAcollective

Terakhir, di Kepulauan Pasifik ada Pulau Nuatambu yang turut tenggelam. Perubahan iklim yang terjadi secara mendadak ini mengakibatkan rumah dari 25 keluarga menghilang begitu saja. Parahnya lagi, setengah hektar pulau juga ikut tergerus air. Oleh karenanya, penduduk yang awalnya tinggal di sana harus rela berpindah tempat. 

Itulah beberapa pulau yang lenyap dari peta akibat perubahan iklim yang ekstrem. Maka dari itu, mulai dari sekarang, kita patut menjaga bumi agar tidak mengalami pemanasan global. Dengan cara menghindari menggunakan kendaraan pribadi, menghemat energi dan masih banyak lagi.   Next

ramadan

5 Kota Wajib Kunjung Saat Berlibur ke Malaysia, Semuanya Indah

Nongkrong Asyik di Kafe Atas Tebing Pantai Suluban Uluwatu, Bali