in , , ,

Pulau Pagang, Cantiknya Pesisir Pantai Sumatera Barat

Keindahan alam di Sumatera Barat ini begitu memukau, disamping tak banyak kalangan pelancong yang mendatangi, pulau ini menjadi satu diantara lainnya yang dijadikan mitigasi bencana. Dari deretan pulau pulau yang dimiliki Sumatera Barat ini terdapat satu pulau yang menawan untuk disinggahi, namanya Pulau Pagang. Pulau ini biasa dikenal dengan Pagang Island disisi sebelah Barat Pulau Sumatera tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kabupaten Pesisir Selatan, dengan luas 10 hektar.

Baca juga : 10 Pilihan Aktivitas Seru dan Menantang Adrenalin saat Liburan Lebaran ke Bali

Pulau Pagang dengan indahnya pasir yang putih bersih serta menawan. Foto via travellingIndonesia.com

Pulau ini dikelilingi pantai indah nan menawan yang tentunya memanjakan mata dan panorama landscape dari hijaunya perbukitan Pulau Sumatera. Pasir putih nan indah terpajang di hamparan pulau ini. Tak hanya itu, birunya air laut yang jernih berpadu dengan keindahan lainnya. Pulau ini masih terbilang lestari. Hal ini dibuktikan dengan keindahan biota laut yang masih sangat terjaga. Bermacam-macam anemon laut yang dihiasi terumbu karang tentunya menjadi daya tarik tersendiri, khususnya yang memiliki hobi snorkeling.

Pesona pohon kelapa pantai Pagang yang begitu indah. Foto via minangkabauwithvisatour.com

Hamparan pasir putihnya yang bersih dipadu dengan birunya air laut yang cukup jernih membuat para wisatawan yang berkunjung ke sini tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalam laut. Selain itu ada banyak kegiatan yang bisa Teman Traveler lakukan di pulau ini, seperti memancing, snorkeling hingga berkemah. Pulau ini sebenarnya merupakan tempat transit bagi para nelayan untuk beristirahat sejenak. Ada juga beberapa nelayan yang tinggal di pulau ini. Disarankan jika kamu ingin kesini untuk membawa berbagai kebutuhan selama wisata.

snorkeling di pulau Pagang yang menyenangkan. Foto via lietoday.com

Untuk memasuki kawasan pulau ini, kamu cukup dikenakan biaya Rp. 35.000 per orang. Namun kamu masih harus melakukan penyeberangan dari pelabuhan Bungus ke Pulau Pagang. Biaya sewa perahu ini lumayan mahal, untuk itu sebaiknya kamu pergi berombongan agar biaya sewa perahu bisa menjadi ringan. Ada juga paket wisata yang biasa ditawarkan oleh beberapa tour wisata, mereka mematok harga mulai dari Rp. 300.000 per orang hingga privat Rp. 1.500.000 per paket dua orang.

Penyeberangan menuju pulau Pagang yang sangat menawan. Foto via homestaybukittinggi

Sisi lain dari keindahan pantai, siapa sangka kalau Pulau Pagang merupakan pulau yang rawan bencana. Bukit yang menjadi lokasi trekking bahkan merupakan jalur evakuasi jika terjadi bencana laut, seperti gelombang tinggi sampai tsunami. Karakter itu memaksa pemerintah daerah dan masyarakat untuk memahami mitigasi, upaya untuk mengurangi risiko bencana. Pulau Pagang dengan luas sekitar 12 hektare itu juga memiliki bukit dengan ketinggian 37 meter dari permukaan laut yang cocok untuk tempat evakuasi bagi wisatawan jika terjadi tsunami. Next

ramadan

Pantai Plengkung Banyuwangi, Surga Bagi Penghobi Selancar

Taman Kebun Bibit Wonorejo, Menikmati Suasana Sejuk di Tengah Kota Surabaya