in , ,

Taman Kebun Bibit Wonorejo, Menikmati Suasana Sejuk di Tengah Kota Surabaya

Surabaya, sebuah kota yang dikenal punya cuaca yang panas dan sebagai kota nomor 2 terbesar di Indonesia, belakangan sudah berubah wajah menjadi kota metropolitan yang hijau. Memang tidak ada hutan atau pegunungan di Surabaya, tetapi pemerintah kota Surabaya sangat aktif untuk menciptakan banyak ruang terbuka hijau di dalam kota.

Baca juga : Keuntungan Mendaki Gunung Kendil yang Cocok Bagi Semua Kalangan

Kalau kita ke Surabaya, pasti akan sering menemukan taman dengan namanya masing-masing, salah satunya adalah Taman Kebun Bibit Wonorejo. Apa, di mana, dan ada apa saja di Kebun Bibit Wonorejo? Yuk, kita bahas satu persatu!

1. Lokasi Sejuk di Tengah Kota Surabaya

Ada di tengah kota (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Taman Kebun Bibit Wonorejo berlokasi  di Jl. Raya Kendalsari No. 70 Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Lokasinya berada di tengah-tengah pusat hunian warga dan juga gedung-gedung perkantoran yang megah. Walaupun di tengah kota Surabaya yang terkenal panas, wilayah Kebun Bibit ini tergolong rimbun dan benar-benar jauh dari rasa panasnya Surabaya. Tentu ini karena banyaknya pepohonan yang ditanam, bahkan dari pintu masuk pun kita akan langsung merasa adem.

Daftar koleksi tanaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Saking banyaknya tanaman yang ada di dalam area Taman Kebun Bibit ini, pengelola memberikan daftar koleksi tanaman di sebuah papan yang tertulis di sisi jalan masuk menuju area dalam taman. Dari daftar nama-nama tanaman ini, kita bisa tahu betapa banyaknya jenis tanaman yang ada di tempat ini, layak rasanya kalau taman ini sangat rimbun.

2. Pusat Pembibitan Tanaman Penghias Kota

Pembibitan tanaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sesuai namanya yang merupakan sebuah Taman Kebun Bibit, di dalam area taman ini tepatnya di sisi kiri area taman kita akan menemukan tempat pembibitan berbagai tanaman hias. Tamaman hias yang dibibitkan, selain untuk ditanam di dalam area taman sendiri, juga merupakan tanaman-tanaman yang ditanam menyebar di seluruh area taman-taman kota yang ada di Surabaya. Ada juga yang ditanam di area jalanan kota untuk memperindah suasana dan juga menyaring polusi udara, tanaman itu biasanya jenis palem.

Berbagai tanaman tersedia (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain jenis tanaman besar seperti palem yang untuk ditanam di jalanan-jalanan kota, di sini juga banyak sekali dijumpai berbagai tanaman bunga warna-warni yang sangat cantik. Mereka ditanam di dalam polbek dengan jumlah yang sangat banyak. Tanaman bunga ini tentu untuk memperindah taman-taman kota yang ada di Surabaya. Semua tanaman di sini dirawat dan dipupuk rutin oleh pengelola setiap hari.

3. Ada Beberapa Koleksi Hewan

Ada satwa yang dirawat (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun berfungsi utama sebagai kebun pembibitan tanaman, Taman Kebun Bibit juga punya koleksi satwa di dalamnya. Ada beberapa burung, rusa Jawa, angsa, dan juga bebek. Semua satwa itu dipelihara dengan baik di dalam masing-masing kandang yang luas. Pengelola juga sangat memperhatikan satwa-satwa ini dengan memerikan suplai makanan setiap saat.

4. Menjadi Area Bermain dan Camping yang Asyik

Tersedia taman bermain (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Datang mengunjungi Taman Kebun Bibit ini sangat cocok ketika sore hari. Selain suasananya yang enak dan matahari pun mulai teduh, suasana di dalam taman yang banyak didatangi anak-anak tentu membuat hiburan tersendiri. Anak-anak sangat suka datang ke sini karena memang disediakan beberapa titik tempat bermain yang bisa bebas mereka gunakan.

Asyik buat bermain (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain bermain di area permainan yang ada tepat di tengah area taman dan juga belakang, lokasi yang luas, bersih, dan juga adem, membuat anak-anak juga suka sekedar berlarian kejar-kejaran bersama teman mereka di tempat ini.

Camping ground (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk yang ingin mengadakan acara camping ceria kumpul-kumpul bersama teman-teman di taman ini juga bisa. Di area paling belakang taman, kita bisa menemukan sebuah camping ground yang lumayan luas dengan rerumputan hijau yang terhampar. Area camping ini berdekatan dengan danau buatan yang menambah syahdu suasana. Untuk camping di dalam area taman kita hanya perlu izin ke pengelola, yang kantornya ada di dekat pintu masuk.

5. Spot Foto Danau Buatan Menjadi Idola

Danau instagramable (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau kita mencari-cari informasi di Google ataupun Instagram tentang Taman Kebun Bibit, hal pertama yang muncul pasti adalah sebuah spot danau buatan indah yang sangat cantik menjadi tempat berfoto. Danau itu memang ada dan bisa kita temukan di dalam area taman. Walaupun kenyataannya jauh dari kesan danau indah dengan air jernih yang segar, tapi setidaknya suasana sekitar danau yang hijau dan penuh bunga serta dilengkapi pernak-pernik penunjang untuk berfoto, membuat danau buatan ini menjadi spot favorit pengunjung yang datang. Salah satu spot foto favorit itu adalah sebuah geladak dermaga yang tersebar di beberapa titik sekeliling danau, ada yang terbuat dari beton dan juga kayu.

Spot foto favorit (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Spot geladak dermaga di sekeliling danau ini, semuanya sangat cocok untuk kita berfoto dengan latar sebuah danau dan juga tanaman hijau yang mengelilinginya. Kita bisa memilih bebas mau berfoto di sebelah mana, tapi untuk saran kita harus memperhatikan cahaya matahari datang dari mana agar foto kita terlihat bagus dan tidak membelakangi sinar matahari.

6. Olahraga dan Relaksasi Santai di Tengah Tanaman Rindang

Cocok buat olahraga (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Layaknya sebuah taman kekinian yang bukan hanya berisikan tanaman hias indah, Taman Kebun Bibit juga memiliki fungsi sebagai tempat berolahraga, salah satunya adalah jogging. Kita bisa lari kecil sepuasnya di seputaram taman ini dengan melintasi area pejalan kaki yang sangat panjang untuk kita jadikan jogging track. Dengan pepohonan rimbun di atasnya, olahraga kita pasti semakin sehat karena udara yang terhirup bersih dari polusi.

Batu relaksasi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain jogging, tepat di bagian paling utara taman terdapat sebuah tempat dengan batu-batu kali yang ditata rapi yang berfungsi untuk kita melakukan relaksasi dengan berjalan-jalan di atasnya. 

7. Broadband Learning Centre untuk Pembelajaran Tentang Tanaman Bunga

Pusat pembelajaran (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Menjadi sebuah taman pembibitan tanaman, tentu pas sekali untuk dijadikan sebuah tempat pembelajaran tentang budidaya dan pengembangbiakan tanaman. Di area depan taman, tepatnya berdekatan dengan kantor pengelola terdapat sebuah pusa pembelajaran yang biasanya dijadikan rujukan sekolah-sekolah menengah untuk mengajak siswa-siswi mereka belajar banyak tentang tanaman. Selain itu, tempat ini juga sering didatangi mahasiswa pertanian yang ingin mendapat informasi lebih mengenai tanaman dan tata cara pengelolaannya.

Bagaimana, sudah nggak sabar kan menghabiskan waktu akhir pekan di pagi atau sore hari untuk merasakan kesejukan taman di tengah kota Surabaya? Next

ramadan

Pulau Pagang, Cantiknya Pesisir Pantai Sumatera Barat

Viral Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Lengkapnya