in , ,

Pulau Pramuka, Istana Bawah Laut Indah dekat Ibu Kota

Habiskan Pekan dengan Mengagumi Indahnya Alam Pulau Pramuka

Snorkeling di Pulau Pramuka
Snorkeling di Pulau Pramuka (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Hai Teman Traveler, kali ini saya akan coba berbagi pengalaman kala menjelajah Pulau Pramuka. Destinasi indah di dekat Jakarta ini menawarkan pemandangan bawah laut luar biasa keren. Tak heran jika banyak wisatawan habiskan waktu di sini untuk snorkeling maupun diving. Yuk, simak seperti apa keseruannya jalan-jalan di sana.

Baca juga : Selamat Tinggal Jalan-jalan di Bandung Naik Becak

Murah Meriah

Kala berkunjung ke sini, saya ditemani dua orang kawan. Lantaran tidak ingin ribet, kami memutuskan untuk menggunakan jasa open trip. Saat itu kami cukup membayar Rp350.000 per orang, sudah termasuk fasilitas transportasi, asuransi, akomodasi, peralatan snorkeling, barbekyu, sepeda santai, kamera underwater, guide, dan makan minum.

Kami mengambil paket 2D1N alias dua hari satu malam, dengan meeting point di Pelabuhan Muara Angke. Dari sini perjalanan menuju Pulau Pramuka hanya memakan waktu dua setengah jam. Jika ingin lebih cepat, bisa menggunakan speed boat dari Marina Ancol, tentu dengan biaya lebih mahal.

Perjalanan Menuju Pulau Pramuka

ydxj0312_Rnp.jpg
Perjalanan dari stasiun (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Perjalanan kami dimulai sekitar pukul 07.00. Oh ya, sebelum itu kami sempat dihimbau untuk tidak sarapan terlalu banyak. Sebab guncangan selama perjalanan bakal cukup sering terjadi. Bagi yang tidak kuat, akan rawan mengalami mabuk laut. Teman Traveler juga bisa minum obat khusus untuk menghindari hal ini.

Selama perjalanan kami sempat tidur sebentar lantaran masih mengantuk. Kala itu kami berangkat menumpang kereta dari Bogor pada pukul 04.30. Wajar saja jika kantuk segera menyerang begitu kami merasakan lembutnya semilir angin laut.

20190819_104507_785_It4.jpg
Berfoto di atas kapal (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Tidur di atas kapal ternyata tidak terlalu nyaman. Saya dan kedua kawan lantas terbangun dan memutuskan habiskan waktu untuk bermain games, mendengarkan musik, serta berswafoto. Lumayan, perjalanan jadi tidak terasa menjemukan.

Datang Langsung Snorkeling

ydxj0080_01_hwl.jpeg
Pesiapan snorkeling (c) Endah Lestari/Travelingyuk
ydxj0113_01_j0e.jpeg
View di bawah laut (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Dua setengah jam berlalu, kami akhirnya sampai di Pulau Pramuka. Panorama indah lautan biru langsung menyambut di depan mata. Tanpa membuang waktu, kami langsung bergegas menuju homestay, istirahat sebentar, kemudian dilanjut snorkeling.

Menikmati Sunset dan Sunrise

ydxj0192_01_rlE.jpeg
Menikmati mentari terbenam di Nusa Keramba (c) Endah Lestari/Travelingyuk
ydxj0181_01_ElA.jpeg
View-nya cukup lumayan bukan? (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Puas melakukan snorkeling, kami lantas melanjutkan perjalanan ke Nusa Keramba untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Panorama yang disajikan sungguh indah Teman Traveler. Rasanya tidak akan menyesal deh jika kalian memutuskan datang ke sini.

Mampir ke Penangkaran Penyu

ydxj0238_01_sHw.jpeg
Mengunjungi penangkaran penyu (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Hari kedua, kami lantas menjelajah beberapa sudut lain Pulau Pramuka. Setelah sempat menikmati panorama matahari terbit, perjalanan kemudian dilanjutkan ke tempat Penangkaran Penyu. Di sini kami berkesempatan melihat dan menyentuh langsung beberapa ekor penyu yang nantinya bakal dilepaskan ke lautan lepas begitu dewasa.

Merasakan Serunya Banana Boat

img_20190819_101911_Re5.jpg
Serunya Banana Boat (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Puas menjelajah area sekitar penangkaran, kami lantas mendapat tawaran untuk mencoba serunya wahana banana boat. Sebenarnya fasilitas ini tidak ada di paket tour yang kami pilih. Akhirnya kami harus membayar biaya ekstra Rp35.000.

Teman Traveler wajib mencoba wahana satu ini sebab sangat mengasyikkan. Kalian bakal rasakan serunya menyusuri lautan di sekitar Pulau Pramuka dengan naik perahu berbentuk pisang dengan kecepatan tinggi. Sensasinya sungguh luar biasa!

20190819_101335_209_5bF.jpg
Berfoto di salah satu sudut pulau (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya menghabiskan liburan di Pulau Pramuka. Buat Teman Traveler yang sedang berniat menjelajah wisata Jakarta, bisa coba luangkan waktu untuk mampir ke sini. Rasakan keindahan luar biasa dalam jarak yang sangat terjangkau dari ibu kota. Next

ramadan

Mengintip Goa Rangko, Kolam Renang Pribadi Di Labuan Bajo

Kedai Cakue Ko Atek

Cakue Ko Atek Pasar Baru, Eksis Berjualan Sejak 1971