in ,

Kisah dan Legenda Pulau Indah yang ‘Membelah Diri’ di Indonesia

Ternyata pulau di Indonesia pernah ada yang pernah berkumpul dan akhirnya berpisah! Baca kisah pulau-pulau ini..

Indonesia merupakan negara dengan banyak pulau dengan keindahan yang alam yang menarik. Namun di balik keindahan itu terdapat beberapa kisah pulau yang terpisah. Dari yang sebelumnya menjai satu dengan pulau lain lalu akhirnya terpecah oleh sebab khusus. Mulai dari cerita legenda hingga ilmiah, berikut beberapa pulau yang terpisah dari daratan utama di Indonesia:

Baca juga : Desa di Atas Pegunungan Ini Dipercaya Sebagai Titik Tengah Indonesia

1. Pulau Weh 

Pulau Weh via Instagram @awesomeaceh

Pulau Weh terletak di provinsi Aceh, dan berada di barat daya pulau Sumatera. Pulau ini merupakan pulau kecil vulkanis yang punya pemandangan Indah di Indonesia. Pada zaman dahulu pulau ini menyatu dengan Sumatra, sebelum terjadinya ledakan gunung berapi dan seringnya terjadi gempa di masa itu menyebabkan pulau ini terpisah.

2. Pulau Bali

Gerbang Handara Bali via Instagram @purnamondayana

Pulau bali menurut kisah yang dikutip dari dongeng klasik Indonesia, awalnya menjadi satu dengan pulau Jawa. Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang Pandita bernama Mpu Sidhimantra yang mempunyai anak seorang pemain judi ayam.

Mpu Sidhimantra kemudian marah kepada anaknya setelah menyaksikan keserakahan anaknya bahkan sampai memotong ekor naga yang terdapat berlian. Mpu Sidhimantra akhirnya membuat garis dengan tongkat di tanah yang memisahkan dirinya dan anaknya, dan kemudian dari garis tersebut muncul air sehingga sekarang menjadi selat bali.

3. Belitung

Pantai Pulau Belitung via Instagtam @alam.desaku

Pulau ini awalnya menempel dengan Bali, Belitung berasal dari kata Balitong atau Bali Terpotong. Awal mula kisah memisahnya pulau Belitung berawal dari seorang putri raja yang mempunyai penyakit kelamin. Raja merasa malu dengan keadaan anaknya dan akhirnya mengasingkan putri di hutan bersama anjing saja.

Tidak lama kemudian putri dikabarkan sedang hamil, yang akhirnya membuat raja murka. Akhirnya raja berdoa kepada dewa untuk untuk menghancurkan tanah tempat tinggal putri, sehingga terjadi hujan badai di sekitaran dan tak lama kemudian pulau tempat hutan yang ditinggali putri retak dan mengambang ke arah Sumatra. 

4. Samosir

Pulau Samosir via Instagram @pesonaid_travel

Pulau ini menurut legenda berasal dari pria bernama Toba yang menikahi wanita jelmaan ikan. Toba menikah dengan wanita ikan hingga akhirnya memiliki seorang anak yang diberi nama Samosir. Sebelum pernikahan wanita ikan memberikan ultimatum kepada Toba, jangan sampai membahas lagi asal mula dirinya yang berasal dari ikan. Namun pada suatu hari Toba memarahi Samosir karena telah menghabiskan makan siangnya. Marah dari toba tidak terkontrol hingga mengucapkan ‘dasar anak ikan’ kepada anaknya.

Samosir menangis, dan memberitahu ibunya. Wanita Ikan merasa Toba telah mengingkari janjinya untuk tidak membahas asal mula dirinya, dan akhirnya wanita ikan memerintah Samosir menangis sekencang kencangnya di gunung tertinggi. Air mata Samosir sanggup membanjiri sekitaran gunung, dan akhirnya gunung tersebut menjadi pulau Samosir di masa sekarang. 

Pulau-pulau di Indonesia tidak cuma mempunyai pemandangan alam yang indah saja, melainkan banyak kisah yang menarik dari tiap daerah. Jadi makin bangga dengan Indonesia yang punya banyak budaya, adat istiadat dan kekayaan cerita luhur tiap daerhanya.
Next

ramadan

4 Suku Misterius di Indonesia, Ada yang Halalkan Perkawinan Sedarah

Restoran Buat Syukuran Prabowo Menang Pilpres 2019 via Instagram @fajarkristiono

Rekomendasi Restoran di Jakarta Pusat Buat Syukuran Makan Bersama