in , , ,

Puncak Becici, Salah Satu Spot Terbaik Melihat Sunset di Yogyakarta

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata unik di Yogyakarta yang tidak kalah indah dengan wisata lainnya

Puncak Becici
Puncak Becici

Ada banyak sekali tempat-tempat yang memberikan tawaran keindahan untuk melihat sunset di Yogyakarta. Beberapa di antaranya adalah Keraton Ratu Boko, Candi Ijo, dan Pantai Parangtritis. Tempat-tempat tersebut sudah tersohor dan selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati fenomena sunset yang indah. Ada satu lagi tempat yang sangat menarik untuk melihat fenomena matahari terbenam, yakni di Puncak Becici, Dlingo, Bantul. Puncak Becici ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam di Yogyakarta.

Baca juga : Mengintip Sisi Lain Telaga Menjer yang Tenang dan Hijau

becici_2_8ti.jpg
 Rute dalam Lokasi (c) Gallant Tsany A

Akses Menuju Lokasi

Puncak Becici terletak tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan atau Kebun Buah Mangunan, berjarak sekitar tiga kilometer dari Hutan Pinus Mangunan. Akses menuju Puncak Becici sudah baik dengan tersedia jalan aspal. Meski tetap harus berhati-hati karena kondisi aspal tidak terlalu bagus serta luas jalan yang sempit. Ditambah lagi penerangan yang sangat minim dan jalan yang penuh tanjakan, turunan, dan tikungan tajam, kehati-hatian harus selalu ditingkatkan.

Dari Yogyakarta, Teman Traveler bisa langsung menuju ke arah Hutan Pinus Mangunan. Setiba di sana, lanjutkansaja perjalanan mengikuti petunjuk. Beberapa petunjuk sudah dipasang untuk memudahkan.

becici_3_RmG.jpg
 Tersedia Warung dengan Pricelist juga kalau Lapar (c) Gallant Tsany A

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Masih berada satu naungan dengan Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici pun dibangun dengan fasilitas yang sangat memadai. Ada tempat parkir yang luas, bahkan cukup untuk bus ukuran besar. Toilet dan musala juga tersedia dengan kondisi yang nyaman. Jika beberapa tahun lalu, hanya ada jalan setapak yang menghubungkan tempat parkir dengan puncak, maka
sudah sejak setahun terakhir Becici selalu berbenah dengan menambah banyak fasilitas-fasilitas baru.

becici_5_qpQ.jpg
Wahana Payung Gantung (c) Gallant Tsany A
becici_6_qFb.jpg
Area Panggung Puncak Becici dengan Latar Pemandangan (c) Gallant Tsany A

Untuk masuk ke dalam area Puncak Becici, Teman Traveller perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 per orang ditambah dengan parkir untuk motor sebesar Rp 2.000, sementara untuk mobil sebesar Rp 5.000. Di dalamnya, selain fasilitas penunjang yang bagus juga terdapat beberapa area berfoto dan beraktivitas, seperti panggung dan tempat flying fox. Jalan menuju puncak juga sudah tertata lebih rapi. Beberapa taman buatan dihadirkan untuk memberikan alternatif tempat berfoto. Sebagian besar fasilitas merupakan hasil gotong-royong warga sekitar.

becici_4_Eou.jpg
 Jalan Obama (c) Gallant Tsany A

Pernah Dikunjungi Obama

Yang menarik di Becici adalah dengan dipasangnya sebuah papan penanda bertuliskan “Jalan Obama.” Pemasangan papan ini dilakukan oleh pengelola sebagai bentuk penghormatan kepada mantan Presiden Amerika Serikat itu yang beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke Puncak Becici. Beberapa waktu lalu, Barrack Obama datang dan mengunjungi beberapa tempat wisata di Indonesia setelah beliau tidak lagi menjabat sebagai Presidan Amerika Serikat. Presiden Barrack Obama berlibur di Indonesia dengan mengunjungi beberapa lokasi seperti Candi Prambanan yang rupanya diteruskan menuju ke Puncak Becici, Hutan Pinus Asri, dan Restoran Bumi Langit. Pemilihan lokasinya cukup spontan karena saat itu memang tidak ada persiapan berlebihan untuk menyambut beliau, terutama di Puncak Becici.

becici_7_jF3.jpg
Area Ujung Bukit dengan Gardu Pandang, Spot Terbaik melihat Sunet (c) Gallant Tsany A

Salah Satu Tempat Terbaik Melihat Sunset di Yogyakarta

Lokasi Puncak Becici yang berada cukup tinggi, ditambah dengan beberapa gardu pandang buatan yang mirip seperti di Kalibiru, membuat tempat ini menjadi idola bagi para penikmat fenomena matahari terbenam. Apalagi baik bagian puncaknya maupun gardu pandangnya memang menghadap ke arah barat, sehingga dapat langsung menikmati sunset. Jika sedang beruntung, tidak hanya sunset yang bisa dilihat tetapi juga Gunung Merapi. Ada dua tempat di Becici yang bisa digunakan untuk menikmati sunset, di puncak dan di ujung bukit yang agak rendah posisinya. Keduanya sangat ideal untuk menikmati sunset.

becici_8_Efd.jpg
 Menikmati Sunset di Puncak Becici (c) Gallant Tsany A

Sebelum kedatangan Obama, Puncak Becici masih sangat sederhana, meski memang sudah cukup ramai terutama saat akhir pekan. Setelah kedatangan beliau, Puncak Becici menjadi semakin ramai. Nama Becici semakin tersohor. Jangan sampai ketinggalan untuk mampir ke sini ya! Next

ramadan

Ingin Viral Seperti Keanuagl? Intip 5 Gaya Berlibur Anti Cemas ala Selebgram

Gempa Bumi Awal 2020

10 Gempa Bumi di Indonesia yang Terjadi pada Awal Tahun 2020