in , , , , , ,

Rasakan Sensasi Berada di Ketinggian 900 mdpl Puncak Widosari Kulon Progo

Ketinggian 900 mdpl yang menyajikan ketenangan

puncak widosari
menikmati hamparan

Menikmati hamparan panorama alam di balik lobby hotel tentu akan terasa menyenangkan. Namun, bagaimana jika harus berada di ketinggian 900 mdpl tanpa menggunakan alat pengaman apapun? Eits, gak perlu takut, karena wisata alam Puncak Widosari Kulon Progo ini menawarkan rasa aman dan nyaman selama menikmati panorama alam di ketinggian 900 mdpl.

Baca juga : Liburan ke Lasem, Suasana Tiongkok hingga Belanda Jadi Satu

Menikmati Hamparan Alam dari Puncak Widosari

Via ig/@jogjaku

Puncak Widosari merupakan satu dari berbagai tempat wisata yang terdapat di Perbukitan Menoreh Yogyakarta. Berada di ketinggian 900 mdpl, Puncak Widosari berhasil menawarkan panorama alam yang membentang luas dari segala penjuru. Mata pengunjung seakan dibuat terpanah dengan gradasi warna hijaunya hutan dan birunya garis pantai Laut Selatan. Belum lagi pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang tampak dekat dan nyata. Bongkahan batu besar yang menjulang tinggi menjadi aksen unik dalam tiap hasil jepretan pengunjung. Jika datang pada pagi hari, teman traveler bakalan disambut awan tipis yang melayang di punggung Perbukitan Menoreh bak berada di atas awan. Sementara, menjelang sore para pengunjung akan disapa dengan matahari terbenam sehingga menambah syahdu suasana.

Aktivitas dan Fasilitas  

Via ig/@annawidyastuti01

Karena kepopulerannya, wisata alam ini banyak digunakan sebagai lokasi spot foto yang instagenik di setiap sudutnya. Bahkan, tak jarang tempat ini digunakan sebagai aktivitas mahasiswa dan pelajar, seperti kegiatan pramuka, serta spot foto praweding. Fasilitas yang tersedia disini sangat memadai seperti area parkir yang luas, toilet, warung makan, gazebo, mushola, dan tempat duduk/gardu pandang.

Lokasi dan Akses Menuju Puncak

Via ig/@anggarawepe

Puncak Widosari, bagian dari Perbukitan Menoreh yang terletak di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk mencapai dusun tersebut, teman traveler membutuhkan waktu tempuh 1,5 jam dengan kendaraan pribadi dari pusat kota Jogja. Sementara, untuk sampai ke Puncak Widosari teman traveler harus menaiki anak tangga sejumlah 240 yang sudah dilengkapi dengan pagar pengaman. Untuk mendapatkan spot foto sekece Puncak Widosari, pengunjung hanya dikenankan tarif Rp 3.000 saja per orang belum termasuk parkir. Sementara, pihak pengelola juga memberikan akses foto menggunakan tulisan dengan harga Rp 2.000.

Wisata Lain di Perbukitan Menoreh

Pemandangan dari Puncak Soroluyo via ig/adnan_yunan

Perbukitan Menoreh bukan saja memiliki Puncak Widosari yang unik, tapi juga berbagai wisata alam lain yang patut dijelajahi seperti Kebun Teh Tritis dan Kebun Teh Nglinggo. Nah, jika teman traveler masih ingin bermain di perbukitan dengan suasana berbeda, bisa lanjutkan perjalanan sekitar 4 km ke Puncak Suroloyo yang punya pemandangan sebagus Puncak Widosari.

Tips Menjelajahi Puncak Widosari

medan tempuh Puncak Widosari via ig/mas_yulli_ccl

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke Puncak Widosari nih. Pertama, cek fisik kendaraan karena medan perbukitan cukup menanjak dan berkelok. Kedua, datang dalam keadaan benar-benar sehat dan persiapkan air putih untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit saat menanjak 240 anak tangga. Jika datang dengan anak, pantau terus karena pagar pengaman hanya dilengkapi dengan sling baja, sementara bagian kanan kiri adalah jurang curam. Ketiga, cas full HP kamu supaya siap diajak berlama-lama berselfie ria. Keempat, datanglah saat cuaca cerah dan tak musim hujan agar mendapat momen sunrise dan sunset yang sempurna. Terakhir dan yang paling penting adalah selalu menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Pesona Puncak Widosari memang membuat siapa saja betah berlama-lama. Pastikan kamu siap untuk berlibur mengunjungi puncak ini dalam keadaan dan kondisi yang aman ya. Selamat berwisata! Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

Jalur pendakian gunung

Viral! Ramainya Jalur Pendakian Gunung bak Pasar yang Pindah

ribuan ikan terdmpar

Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Jimbaran Bali, Ada Apa?