in , ,

Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Jimbaran Bali, Ada Apa?

Panen ikan gratis

ribuan ikan terdmpar
nelayan

Pantai Jimbaran Bali dikenal karena panorama sunset di sore hari yang membuat hati siapa saja yang melihatnya menjadi tenang. Garis pantainya yang panjang menjadikan pantai ini punya banyak sekali spot-spot foto yang bisa diabadikan. Namun, sejak pekan lalu, warga dihebohkan dengan munculnya ribuan ikan lemuru yang terdampar di sepanjang garis Pantai Jimbaran. Ada apa ya?

Baca juga : Wisata Anti Mainstream di Kota Batu, Mendaki Gunung Panderman Men!

Alasan Terdamparnya Ribuan Ikan Lemuru di Pantai Jimbaran Bali

Ilustrasi angin kencang di pantai via pexel/pixabay

Desember ini merupakan tantangan bagi seluruh warga Indonesia. Pasalnya, bukan hanya mengenai pandemi Covid-19, tapi juga hujan yang disertai badai di berbagai wilayah Indonesia. Fenomena angin kencang ternyata tak hanya berdampak bagi manusia saja, tetapi juga bagi mahkluk lautan seperti ikan-ikan kecil. Faktanya, ribuan ikan lemuru yang terdampar di garis Pantai Jimbaran ini terbawa oleh tiupan angin dan arus laut yang kencang. Menurut petugas BMKG Denpasar, Kadek Setiawati menjelaskan bahwa fenomena tersebut memang bagian dari dampak cuaca yang sedang terjadi di Tanah Air. Ia juga memaparkan jika hal tersebut akan hilang dengan sendirinya dan tak akan berlangsung lama. Fenomena tersebut sebenarnya pernah terjadi pada tahun 1999 lalu.  

Nelayan dan Warga Memanfaatkan Situasi

Screenshot video via facebook/MNCTV News

Fenomena terdamparnya ikan lemuru ternyata membawa keberkahan sendiri bagi warga dan nelayan sekitar pantai. Sejumlah warga nampak berbondong-bondong membawa serokan untuk menangkap ikan lemuru. Sementara nelayan mampu mendapat tangkapan lebih banyak dengan jaring besar yang biasa mereka gunakan untuk menangkap ikan di lautan. Warga menganggap fenomena tersebut merupakan berkah tersendiri di masa pandemi. Pasalnya, mereka mampu meraup Rp 400.000 – Rp 500.000 per hari dari hasil tangkapan tersebut. Ikan lemuru segar tentu dapat dijual kembali di pasaran. Sementara ikan lemuru yang hampir busuk akan dijual untuk pakan hewan.

Fakta Ikan Lemuru

Screenshot video Ibu Susi makan ikan lemuru via Instagram/defnaputra

Nama ikan lemuru nampaknya asing bagi masyarakat Indoesia. Padahal, ikan ini sebenarnya merupakan jenis ikan dari golongan sarden sehingga lebih akrab disebut ikan sarden. Faktanya, ikan lemuru ini mengandung Omega 3 yang baik untuk kesehatan seperti kesehatan jantung dan mencegah terjadinya sumbatan dalam pembuluh darah. Bahkan, ikan lemuru merupakan menu sarapan pagi Ibu Susi Pudjiastuti loh.

Fenomena Ribuan Ikan Terdampar di Berbagai Wilayah

Screenshot video terdamparnya ribuan ikan tami di Pantai Lewoleba via facebook/yohanes Paulus Mae

Bukan hanya Bali saja yang pernah meraup berkah dari fenomena terdamparnya ribuan ikan. Beberapa wilayah juga pernah mengalami hal tersebut, seperti ribuan ikan temi yang terdampar di Pantai Lewoleba NTT pada Kamis, 3 Desember 2020 akibat dari aktifitas erupsi Gunung Ile Lewotolok.

Fenomena ribuan ikan terdampar sebenarnya beberapa kali terjadi di Indonesia. Bahkan hal tersebut kerap terjadi setahun sekali sebagai dampak dari aktifitas alam di sekitar pantai itu sendiri. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

puncak widosari

Rasakan Sensasi Berada di Ketinggian 900 mdpl Puncak Widosari Kulon Progo

Bupati Termuda indonesia

Deretan Bupati Termuda Indonesia dengan Gaya Travelingnya yang Santai