in

Punya Budget Minim, Ini Itinerary Weekend Murah di Surakarta

Tak bikin kantong bolong

itinerary surakarta
itinerary surakarta

Surakarta memiliki banyak potensi wisata dan kuliner yang masih kental dengan budaya Jawa. Selain menikmati wisata bersejarah kamu juga bisa main ke wisata buatan yang hits. Jika berencana ingin liburan, berikut ini ada itinerary weekend murah di Surakarta. Catat setiap detailnya ya!

Baca juga : Explore Melaka – 3D2N Jelajahi Genting dan Kuala Lumpur Malaysia

Tiket Bus Surabaya-Solo PP

Mudik Jakarta-Surabaya Jalur Darat
Ilustrasi Naik Bus via Shutterstock

Agar liburan lebih hemat, kamu perlu memilih transportasi murah untuk menuju Solo. Salah satu transportasi murah adalah bus. Tiket bus dari Surabaya menuju Solo cukup terjangkau yaitu Rp 150 ribuan yang sudah PP. Waktu yang ditempuh dengan naik bus bisa menghabiskan 8 jam perjalanan.

Sarapan Nasi Liwet Yu Sani Solo Baru

Nasi Liwet Yu Sani via Instagram/@rachmat196920040

Sarapan hari Pertama di Solo, kamu bisa mengisi perut di Nasi Liwet Yu Sani Solo Baru. Nasi Liwet merupakan makanan populer khas Solo. Seporsi nasi liwet berisi nasi putih, sayur labu siam, suwiran ayam, dan telur rebus. Nantinya nasi ini akan diguyur dengan kuah santan yang kental dan gurih. Untuk harga seporsinya Rp 15 ribu saja.

Berkunjung ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo

Keraton Surakarta via Instagram/@naufalasykar

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu icon dari kota Solo. Tempat ini punya banyak nilai sejarah dan budaya yang wajib dikunjungi.

Harganya masuknya pun terjangkau hanya dikenakan Rp 4 ribu saja. Wisata Keraton ini buka dari hari Senin sampai Kamis dari pukul 08.30 hingga pukul 14.00 WIB. Hari Minggu, tempat ini buka mulai pukul 08.30 hingga 13.00 WIB. Sayangnya, Hari Jumat dan Sabtu pengunjung dilarang memasuki kawasan ini.

Beristirahat di Victoria Guest House

Victoria Guest House via Instagram/@victoriaguesthouse

Setelah asyik mengelilingi Surakarta, baiknya beristirahat dulu ataupun membersihkan diri. Rekomendasi hostel di Surakarta adalah Victoria Guest House. Harga per malamnya mulai dari harga Rp 135 ribuan melalui aplikasi online. Hotel yang berada di jalan Pajajaran Utara I no. 44 ini juga dekat dengan pusat kuliner, supermarket, atau mal. 

Makan Malam di Wedangan Omah Lawas

Wedangan Omah Lawas via Instagram/@devinjimie

Untuk makan malamnya, rasanya tak lengkap jika tidak ke Angkringan & Wedangan Omah Lawas. Menyantap sate-satean akan semakin nikmat jika dipadukan dengan nasi kucing. Lokasi tempat makan ini berada di Jl. Supomo no 55. 

Menu yang disajikan berupa hati, ampela, dan masih banyak lagi. Agar lebih nikmat, kamu bisa meminta lauknya untuk dihangatkan atau dibakar terlebih dahulu. Untuk minumnya kamu bisa mencoba wedangan yang bisa melegakan dahaga.

Sarapan Selat Solo di Pasar Klewer

Selat Solo via Instagram/@semarangjajanterus

Selat Solo merupakan steak ala Jawa Tengah yang wajib dicoba. Selat Solo merupakan olahan sapi dengan siraman kuah encer dari bawang putih, cuka, dan kecap. Tampilannya semakin cantik dengan sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli hingga wortel.

Untuk tempat berburu Selat Solo, kamu bisa datang ke Pasar Klewer yang berada di Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Main ke Taman Balekambang

Taman Balekambang via instagram/@anisah_kurniawatii

Bukan seperti taman biasa, Taman Balekambang adalah wisata hutan yang dibangun di tengah kota. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan jika berkunjung ke sini. Salah satunya adalah bisa bermain dan berinteraksi dengan rusa-rusa yang lucu.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa berfoto bersama dengan para hewan seperti rusa, merak, dan itik. Untuk tiket masuknya gratis namun jika membawa kendaraan dikenakan biaya parkir Rp 3 ribu. 

Nongkrong di Angkringan Tiga Tjeret

Angkringan Tiga Tjeret via Instagram/@kuliner_dapurndyliciousss

Salah satu wedangan yang terkenal di Surakarta adalah Angkringan Tiga Tjeret. Lokasinya pas berada di depan Keraton Mangkunegaran, Solo. Salah satu menu andalan mereka adalah Nasi Kucing Granat. 

Lokasi angkringan ini berada di Jl. Ronggowarsito No.97, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta. Setelah asyik berjalan-jalan kamu pun bisa kenyang dan menikmati Wedang Jahe Ketan ditemani sajian keroncong live. Sempurna!

Makan Malam di Nasi Liwet Mbok Mami

Nasi Liwet Mbok Mami via Instagram/@win_prima

Untuk menutup weekend di Surakarta, bisa juga nih menjelajah Nasi Liwet. Kali ini ada warung legendaris, Nasi Liwet Mbok Mami. Nasi Liwet ini termasuk kuliner malam yang selalu laris karena baru buka jam 11 malam hingga dagangan habis. 

Cukup dengan Rp 6 ribu, kamu sudah bisa menikmati Nasi Liwet dengan lauk telur rebus yang sudah dibacem. Lokasinya yang di dekat Pasar Jongke ini tentu membuat pelanggan bisa mudah mencari.

Itu dia weekend murah di Surakarta yang bisa kamu coba. Surakarta memang selalu meninggalkan kenangan tersendiri bagi para pelancong. Jadi sebaiknya sempatkan datang ke sini saat ingin berlibur, ya! Next

ramadan
International Coffee Day 2019

International Coffee Day 2019 Jambi, Sukses Pecahkan Rekor Nasional!

Salah satu sudut Museum Fatahillah

Museum Fatahillah, Menelisik Sudut Sejarah Kota Tua Jakarta