in , , , , , , , , , , , ,

Itinerary 2D1N Semarang, Mulai Wisata Bersejarah sampai Makan Lumpia Legendaris

Kulineran sambil Jelajah Berbagai Wisata di Semarang

Pastikan Teman Traveler merencanakan weekend gateway yang menyenangkan. Selain Bali, bisa juga lho yang memilih Kota Lawang Sewu sebagai destinasinya. Menghabiskan long weekend dan trip selama 2D1N di Semarang. Kemana dan mencoba apa saja ya? Yuk simak ulasannya

Baca juga : Oura Malang, Kafe Mewah Berkonsep Terarium Modern

Pilihan Transportasi

2D1N di Semarang (c) Natalia/Travelingyuk

Berangkat dari Surabaya pada hari Jumat dengan menggunakan Bus Pariwisata Rosalia yang berangkat pukul 10 dari Pool Rosalia yang berada tak jauh dari Terminal Purabaya. Dengan harga tiket Rp110.000. Busnya nyaman dan dilengkapi dengan selimut. Selama perjalanan, bus akan berhenti satu kali di Ngawi sehingga Teman Traveler bisa menukarkan kupon makan dengan seporsi makanan yang telah disediakan.

Jangan mengharapkan makanan mewah, ya. Ruangan khusus untuk penumpang Rosalia sudah disediakan. Lengkap dengan nasi, satu macam sayur, dan lauk. Tak ketinggalan teh hangat atau air putih. Kira-kira bus beristirahat di kota ini pada sore hari, dan perjalanan ke Semarang masih setengah jalan lagi.

Hotel Murah Meriah

Hotel Siliwangi (c) Natalia/Travelingyuk

Tiba di Semarang pada pukul 23:00. Jangan lupa untuk minta diturunkan di Bawen karena bus akan melanjutkan perjalanan hingga Pool Semarang yang justru jauh dari kotanya. Dari sini, cukup memesan taksi online untuk menuju ke tempat menginap.

Teman Traveler sebelumnya harus sudah memesan tempat menginap jauh-jauh hari. Akomodasi yang murah meriah dengan lokasi strategis yang dekat dengan beragam tempat wisata salah satunya adalah Hotel Siliwangi. Kamarnya hanya bertarif Rp217.000 per malam, sudah termasuk sarapannya juga lho

Kamar mandi hotel (c) Natalia/Travelingyuk

Alasan lain memilih hotel ini adalah jaraknya yang dekat dengan berbagai tempat wisata. Lawang Sewu, hanya perlu perjalanan sekitar 5 menit saja. Bahkan dari hotel bisa jalan kaki ke salah satu pusat perbelanjaan jikalau Teman Traveler membutuhkan beberapa barang yang harus dibeli.

Day 1

Lawang Sewu Mulai dari Rp10.000

Lawang Sewu (c) Natalia/Travelingyuk

Liburan 2D1N di Semarang dimulai dengan berkunjung ke Lawang Sewu. Meski dekat, Teman Traveler bisa memilih menggunakan taksi online. Perlu diketahui, driver taksi online di kota ini sangat ramah. Hanya dengan tiket Rp10.000 per orang, Teman Traveler sudah bisa masuk dan menikmati keindahan bangunan lawas ini. Lebih bagus lagi jika Teman Traveler bisa bergabung dengan wisatawan lain dan menyewa guide. 

Lawang Sewu Semarang (c) Natalia/Travelingyuk

Bangunan ini masih sangat terawat dan bersih. Jauh dari kesan seram, lho. Jangan lupa untuk berpose di deretan pintu yang membuat gedung ini dinamai Lawang Sewu yang dalam bahasa Jawa berarti Seribu Pintu.

Kota Lama Semarang Gratis

Gereja Blenduk (c) Natalia/Travelingyuk

Destinasi berikutnya adalah Kota Lama. Banyak yang bilang, belum ke Semarang kalau tak menginjakkan kaki di kawasan lawas yang satu ini. Teman Traveler akan langsung terkesima dengan area yang penuh gedung-gedung klasik yang memanjakan mata ini. 

Akhirnya bisa melihat langsung Gereja Blenduk dari dekat. Gereja tertua di Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 1700an oleh Belanda yang tinggal di Semarang pada jaman tersebut. Hingga kini, gereja ini masih digunakan untuk ibadah.

Spiegel Bar

Spiegel Bar (c) Natalia/Travelingyuk

Masih di Kota Lama, belum lengkap itinerary 2D1N di Semarang jika belum masuk ke kafe hits ini, yaitu Spiegel Bar. Bangunan ini sudah berumur lebih dari 1 abad dan hingga beberapa tahun sebelum ini, gedungnya masih terbengkalai. Setelah berpindah kepemilikan, gedung ini pun disulap menjadi tempat nongkrong asyik yang tetap mempertahankan bentuk aslinya. 

Interior Spiegel Bar (c) Natalia/Travelingyuk

Ada banyak spot yang keren untuk foto. Jadi, jangan heran jika melihat tamu lain yang juga sibuk selfie sambil menikmati makanan dan minumannya. Teman Traveler bisa memesan kopi dan snack sembari menikmati suasana Kota Lama yang otentik. Harganya cukup mahal dengan rasa yang lumayan. Namun, keklasikan sekitar membuat harga tersebut layak. 

Kuliner Semarang Mulai dari Rp20.000

Bakmi (c) Natalia/Travelingyuk

Belum sempurna jika tak dilengkapi dengan kegiatan mencicipi kuliner setempat. Yang terkenal adalah tahu gimbal, nasi goreng babat, dan lain-lain. Setelah puas menikmati senja di Kota Lama, Teman Traveler bisa beranjak untuk mencari makan malam.

Tidak ada tujuan khusus, Teman Traveler bisa meminta tolong driver taksi online menuju warung tenda yang terkenal. Namun, jika tutup Teman Traveler bisa beranjak ke beberapa tempat di samping warung yang juga menyajikan menu andalannya.

Sate Kulit (c) Natalia/Travelingyuk

Jika menu nasgor babatnya pun ludes terjual, Teman Traveler bisa mencoba menu bakmi yang juga tak kalah enaknya. Apalagi ada suguhan sate kulit di meja. Murah banget, hanya ditarik Rp20.000 sudah termasuk teh hangat juga. Setelah puas berjalan-jalan dan wisata kuliner, Teman Traveler bisa kembali ke hotel untuk beristirahat.

Day 2

Sam Poo Kong Mulai dari Rp10.000

Sam Poo Kong (c) Natalia/Travelingyuk

Hari kedua trip 2D1N di Semarang dilanjutkan dengan berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong yang tak kalah terkenal dari Lawang Sewu. Setelah check out, dari hotel menuju klenteng hanya butuh 5 menit perjalanan dengan taksi online. 

Klenteng Sam Poo Kong (c) Natalia/Travelingyuk

Pastikan tidak datang terlalu siang karena Klenteng Sam Poo Kong sangat panas. Tempat ini hanya memasang tarif Rp10.000 untuk dewasa. Teman Traveler bisa bisa masuk kuil dan goa di sampokong ini. Paket lainnya, Teman Traveler bahkan bisa mencoba kostum ala Raja dan Ratu China. 

Asem-asem Koh Liem

Koh Liem (c) Natalia/Travelingyuk

Meski banyak PKL di Sam Poo Kong, Teman Traveler bisa memilih makan siang di Asem-asem Koh Liem. Sejak tahun 1970-an, tempat makan Koh Liem ini memanjakan lidah pelanggan setianya. Asem-asemnya sungguh segar, cocok dinikmati sebagai menu makan siang. 

Asem Asem Koh Liem (c) Natalia/Travelingyuk

Menu enak lainnya yang bisa Teman Traveler coba adalah kulit ayam krispi. Disuguhkan dengan saus khusus yang membuat rasanya semakin nikmat. Tempat ini berada di Jalan Karang Anyar.

Oleh-oleh Wajib, Lumpia

Lumpia Kering Mba Lien (c) Natalia/Travelingyuk

Liburan 2D1N di Semarang, bisa Teman Traveler tutup dengan mencicipi lumpia langsung dari tempat asalnya. Ada banyak yang terkenal, salah satunya adalah Lumpia Mba Lien di Gang Grajen. Tempatnya ada dua pintu, dari gang atau bisa juga masuk dari kafenya. Ternyata, di sini menawarkan lumpia kekinian, bahkan ada yang pedas, juga berisi mozarella. Kelezatan lumpia ini memang tidak ada duanya.

Lumpia basah (c) Natalia/Travelingyuk

Satu buahnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp18.000 hingga Rp22.000. Di kafenya juga dipajang berbagai camilan yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh khas semarang. Setelahnya, Teman Traveler bisa langsung kembali ke Surabaya dengan mengguanakan bus biasa jurusan Surabaya yang ada di Terminal.

Itulah perjalanan 2D1N di Semarang. Sungguh liburan yang berkesan! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Next

ramadan

Written by Natalia

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pesona Puri Batam, Pulau Terluar Indonesia yang Menawan

Mengintip Transformasi Pemandian Ubalan Pacet yang Kini Lebih Apik dan Instagenic