in , , , , , ,

Explore Jalan Braga Seharian, Wisata Kuliner sambil Foto di Spot Instagenic Bandung

Jelajahi Braga Seharian, Kulineran dan Jalan-jalan sampai Khatam

Jalan Braga yang tak pernah sepi (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Jalan Braga yang tak pernah sepi (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Jalan Braga di Bandung selalu jadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Braga dikenal sebagai kawasan Kota Tua Bandung yang dihiasi banyak bangunan penginggalan zaman Belanda. Sebenarnya zaman dulu, Braga dikenal sebagai jalanan rawan dan angker. Banyak penculik yang berkeliaran di sana. Tapi ketika Belanda datang ke Indonesia, image Braga berubah menjadi De meest Eupoeesche winkelstraat van Indie atau jalan tempat belanja bangsa Eropa di Hindia Belanda. 

Baca juga : Hanok Buckhon Village, Cobain Jadi Princess ala K-Drama di Sini

Kini Braga jadi salah satu jalan ikonik di Kota Kembang. Liburan ke Bandung tak akan lengkap jika Teman Traveler tak mampir ke Braga. Eksplor Braga bisa dilakukan dalam waktu sehari kok. Apa saja yang saya lakukan? Berikut ceritanya.

Bermalam di El Royale Bandung Mulai dari Rp500.000

Kamar El Royale Braga yang Klasik (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Kamar El Royale Braga yang Klasik (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Banyak pilihan hotel yang bisa dijadikan tempat istirahat di Braga. Salah satunya adalah Grand Royal Panghegar. Hotel yang biasa disebut dengan El Royale ini merupakan hotel bintang empat dengan harga cukup terjangkau, kisaran Rp500.000 – Rp600.000 per malamnya. El Royale masih mempertahankan konsep bangunan klasik yang megah dan mewah. Bisa dilihat dari rupa lobby-nya yang luas bak istana.

 

Suasana Lobby El Royale (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Suasana Lobby El Royale (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Selama bermalam di sini, Teman Traveler akan mendapatkan fasilitas yang mumpuni yaitu kamar luas, akses internet yang kencang, makanan enak dan pelayanan ramah. Di hotel yang memiliki 19 lantai ini juga bisa dimanfaatkan untuk berenang di kolam renang yang terletak di lantai tiga. Lokasi hotel ini sangat dekat dengan Braga. Teman Traveler bisa berjalan kaki selama 5 menit untuk menuju ke sana. Jangan lupa sarapan dulu ya di Pakuan Cafe yang terletak di lobby. 

Ngopi di Kopi Toko Djawa 

Kedai Tampak Depan (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Kedai Tampak Depan (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Hal pertama yang bisa Teman Traveler lakkukan di Braga adalah mengunjungi kedai kopi yang sangat legendaris yaitu Kopi Toko Djawa. Jadi dulunya, kedai kopi ini adalah Toko Buku Djawa yang sudah eksis sejak 1955. Pada 2017, Toko Buku Djawa disulap menjadi Kopi Toko Djawa. Namun, koleksi buku yang ada di toko tersebut masih tetap dipertahankan kok. Koleksi bukunya bisa dibaca oleh Teman Traveler yang ingin menghabiskan waktu sambil minum es kopi Toko Djawa sangat diandalkan. 

Kopi Djawa (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Kopi Djawa (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Jika Teman Traveler datang di akhir pekan dan ingin mendapat tempat duduk, disarankan datang lebih awal mulai pukul 10:00. Tempat ngopi yang bertema klasik ini selalu jadi serbuan wisatawan lokal maupun mancanegara lantaran memiliki tempat yang cozy dan instagramable. 

Mencoba Es Krim di Sweet Cantina Mulai dari Rp12.000

Kedai Es Krim Cantina (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Kedai Es Krim Cantina (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Tak jauh dari Kopi Toko Djawa, ada sebuah kedai es krim yang menarik perhatian yaitu Sweet Cantina. Ice cream parlor memang hanya berupa kedai kecil tanpa menyediakan kursi untuk duduk, namun sangat eye-catching karena menggunakan lampu neon yang ikonik dan kerap dijadikan latar para wisatawan untuk berfoto narsis. 

Tampilan Es Krim Cantina (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Tampilan Es Krim Cantina (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Harga es krim di sini tergolong murah lho, Teman Traveler. Harga satu cup atau cone hanya Rp12.000 saja. Teman Traveler bebas memilih es krim dengan varian rasa seperti cokelat, strawberry, green tea atau rum raisin. Rasanya memang tidak terlalu istimewa, tapi bisa mengobati teriknya Kota Bandung di siang hari. 

Spot Foto Keren dan Gratis! 

Spot Foto Braga (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Spot Foto Braga (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Puas mencicipi kuliner manis, agenda selanjutnya adalah mencari spot menarik untuk foto-foto. Di Braga Teman Traveler bisa menemukan banyak spot favorit yang bisa membuat fotomu jadi lebih bagus dan menarik.

5 spot yang direkomendasikan adalah tulisan Braga, depan bangunan tua, di area lukisan dan di sepanjang jalan Braga. Khusus yang terakhir, pastikan Teman Traveler melakukannya saat volumen kendaraan sedang sepi ya. Tapi disarankan untuk mencari maksimalkan spot lain agar tidak membahayan diri. 

Spot favorit pengunjung adalah di depan bangunan tua atau lukisan. Entah kenapa hasil foto jadi lebih bagus dan artistik. Bangunan Braga dominan berwarna putih, oleh karena itu, disarankan untuk mengenakan baju kontras ya biar hasilnya jadi lebih eye-catching. 

Makan Malam di Jalan Cikapundung Mulai dari Rp20.000

Salah Satu Kedai di Jalan Cikapundung (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Salah Satu Kedai di Jalan Cikapundung (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Malam harinya, Teman Traveler bisa berjalan kaki ke Jalan Cikapundung yang dipenuhi dengan beragam pilihan kuliner. Di sini Teman Traveler akan menemukan banyak street food yang sangat menggoda. 

Salah satunya ada warung pecel lele. Teman Traveler dapat membeli lele bakar dengan tambahan tahu dan tempe goreng. Meski sederhana, tapi bumbu yang ditawarkan kaya akan rempah. Hal terpenting adalah harganya ramah di kantong. Satu porsi makan di sini dengan porsisi lele yang cukup besar hanya sekitar Rp20.000 saja.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa Teman Traveler lakukan saat berkunjung ke kawasan Braga. Cukup membutuhkan satu hari saja lho. Semoga bisa menjadi rekomendasi destinasi liburan Teman Traveler berikutnya ya.  Next

 
ramadan

Liburan Seru dan Menyenangkan di Jambooland Waterpark Tulungagung

Back to Nature! Staycation ala Ubud di Didu’s Homestay Banyuwangi