in , , , ,

Pura Melanting, Satu Dari Ratusan Wisata Religi Yang Memukau di Pulau Dewata

Pura Melanting dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan subur
Pura Melanting dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan subur

Tidak perlu diragukan lagi bahwa pulau Bali menyimpan banyak destinasi wisata yang menakjubkan. Deretan pesisir pantai hingga pegunungan siap memanjakan para traveler lokal maupun luar negeri. Tak heran, keindahannya membuat wisatawan luar negeri selalu membanjiri tanah Bali untuk menikmati keindahan alam, budaya dan religinya. Nah, dari kesekian kalinya pasti traveler lebih memadati wilayah Bali Selatan yang berada dikawasan Seminyak, Kuta, Uluwatu hingga Nusa Dua. Memang destinasi unggulan para Bule adalah kawasan tersebut, namun jangan salah kira dulu ya teman traveler, untuk Bali Utara tidak kalah menarik juga lho.

Baca juga : Sate Ayam Pak Dji Pati, Melegenda Sejak 1976

Pura Melanting berada di Kawasan Kabupaten Buleleng Bali Utara
Pura Melanting berada di Kawasan Kabupaten Buleleng Bali Utara. Foto via travelpromo.com

Berbagai destinasi budaya dan religi dapat kamu nikmati ketika singgah di Kabupaten Buleleng. Ada satu destinasi paling populer ketika kamu ingin menikmati wisata Pura. Salah satunya adalah Pura Melanting. Pura ini pastinya memiliki arsitektur yang sangat menawan. Terlebih area pura dipadati dengan berbagai tumbuhan menjadikan pura ini sangat sejuk dan asri. Pura Melanting berada di Desa Banyupoh Kecamatan Grokgak Kabupaten Bulelelng masuk dikawasan Bali Utara. Lebih tepatnya sekitar 50 kilometer sebelah Barat kota Singaraja.

Pura Melanting dengan anak tangga menuju puncak pura utama
Pura Melanting dengan anak tangga menuju puncak pura utama. Foto via kemnaker.com

Pura Melanting ini memiliki kisah yang unik dan pastinya penuh dengan hal mistis. Dimana pura ini memiliki hubungan dengan pendeta sakti asli tanah Jawa bernama Dang Hyang Nirartha. Berkat pendeta ini maka dibangunlah pura sebagai tempat sembahyang dan pemujaan bagi umat Hindu kawasan Buleleng. Kini, pura Melanting menjadi destinasi banyak wisatawan karena bangunan pura yang memiliki tampilan sangat cantik.

Lokasi pura Melanting berada diantara pemukiman pendudukdan sedikit area hutan namun jangan khawatir, berbagai kendaraan mulai dari roda dua hingga roda enam pun dapat masuk ke area lokasi. Setelah sampai di pintu masuk, kamu akan disuguhkan anak tangga hingga melewati sebuah gapura yang terdapat dua patung naga besar menghiasi gerbang utama pura. Sisi kanan kiri menuju pura utama terdapat beberapa bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat sembahyang.

Pura Melanting dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan subur
Pura Melanting dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan subur. Foto via wonderfulimage.com

Namun dari riwayatnya, beberapa bangunan yang terdapat di pura Melanting ini didesain ulang oleh arsitek terkemuka nasional bernama Ida Bagus Tugur. Namun gaya dan corak bangunan tetap terkesan epik, terlebih lokasi pura berada didaratan tinggi membuat pemandangan alam perbukitan sekitar pura terlihat sangat indah. Lokasi pura juga jauh dari keramaian kota sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan meditasi ketika ingin menenangkan jiwa.

Salah satu tempat ibadah didalam pura Melanting yang tidak dibuka untuk wisatawan
Salah satu tempat ibadah didalam pura Melanting yang tidak dibuka untuk wisatawan. Foto via balipuspanews.com

Daya tarik dari pura Melanting ini adalah tersedianya berbagai jenis patung persembahan yang dibalut dengan kain. Bentuk dari patung tersebut menyerupai Dewa pemujaan Hindu dan beberapa toko adat. Namanya pura pastinya ada salah satu tempat khusus untuk sembahyang atau ibadah sehingga para traveler tetap untuk mengikuti intruksi yang sudah ditetapkan didalam pura tersebut. Untuk tarif tiket, kamu hanya membayar tiket parkir kendaraan saja. Jangan khawatir tidak kebagian tempat parkir ya, di pura Melanting ini tersedia lahan luas untuk parkir juga tetap aman karena selalu dijaga oleh petugas. Next

ramadan
Kampung Kelir Tosari

Kampung Kelir Tosari, Perpaduan Kampung Warna-warni Pasuruan dan Keindahan Lereng Gunung Bromo

Sajian sarapan untuk program diet ketika liburan akhir tahun

Berbagai Menu Sarapan Sehat di Musim Liburan Akhir Tahun, Cocok Untuk Diet!