in ,

Indahnya Pura Ulun Danu, Simbol Kecantikan Budaya Bali

Pesona Pura Ulun Danu Tak Pernah Gagal Memukau Wisatawan

Keindahan Pura Ulun Danu
Keindahan Pura Ulun Danu via Instagram taramichellebrose

Sebagai pulau dengan budaya Hindhu yang kental, tak mengherankan jika Bali punya banyak Pura warisan masa lampau dengan arsitektur indah. Selain digunakan sebagai rumah ibadah, beberapa sudah lama dibuka sebagai tempat wisata. Salah satu yang selalu ramai dikunjungi pelancong adalah Pura Ulun Danu.

Baca juga : Tas Mendong, Kerajinan Bali yang Lagi Hits di Kalangan Selebgram

Pura Ulun Danu terletak di Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan. Pesona keindahan yang ditawarkan sungguh berbeda dari pura-pura lain di Pulau Dewata. Lantas bagaimana sejarah terbentuknya bangunan fenomenal ini dan fakta menarik apa saja yang ada di baliknya? Daripada penasaran, yuk kita simak satu-persatu.

[easy-image-collage id=104147]

 1. Berusia sangat tua

Pura Ulun Danu diperkirakan sudah berdiri sebelum tahun Saka 1556 dan digagas oleh I Gusti Agung Putu, pendiri kerajaan Mengwi. Di bagian depannya terdapat sarkofagus dan papan batu yang diduga sudah ada sejak zaman Megalitikum. Semua fakta ini dimuat jelas dalam dokumen sejarah bernama lontar Babad Mengwi.

2. Terdiri dari lima pura berbeda

Ada lima pura berdiri di dalam kompleks Pura Ulun Danu. Pura tersebut adalah Penataran Agung, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan Prajapati. Masing-masing didirikan dengan filosofi khusus punya fungsi khusus dalam peribadatan.

3. Nikmati hawa segar

Danau Beratan terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Udara di sekitar sini sangat menyegarkan, bahkan cenderung dingin. Di saat-saat tertentu, area di sekitar danau bakal nampak berkabut dan menghadirkan suasana yang cukup romantis.

4. Fasilitas lengkap

Pura Ulun Danu sudah lama dibuka sebagai tempat wisata. Pelancong tak perlu khawatir soal fasilitas. Di area sekitar sudah ada banyak rumah makan dan juga penjual suvenir khas Bali. Namun jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

[easy-image-collage id=104153]

5. Berkeliling naik perahu

Selain menjelajah bagian dalam pura, para pelancong juga bisa menikmati pemandangan indah di sekitar Danau Beratan dengan menyewa perahu. Cukup membeli tiket di loket yang sudah tersedia dan sabar mengantre giliran untuk dibawa bertualang menyusuri indahnya pemandangan di area Pura Ulun Danu.

Tips Berkunjung ke Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu dikenal juga dengan julukan floating temple atau pura terapung. Keindahannya sangat luar biasa, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkunjung ke sini. Beberapa di antaranya adalah:

  • Lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 2,5 jam dari seminyak atau 1,5 jam jika berangkat dari Ubud
  • Setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah. Biaya parkir mobil 5 ribu rupiah sementara sepeda motor dikenakan biaya 2 ribu rupiah saja
  • Kompleks wisata Ulun Danu mulai buka antara pukul delapan pagi hingga enam malam. Namun kadang ada beberapa orang yang sudah datang lebih dulu untuk melihat matahari terbit
  • Selain berkeliling danau dan menjelajah di dalam pura, pelancong juga memancing di sini
  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah ketika ketinggian air maksimal, hingga pura kelihatan benar-benar seperti mengapung

Itulah sekilas penjelasan mengenai keindahan dan sejumlah keiistimewaan dari Pura Ulun Danu yang ada di Bedugul, Bali. Sempatkanlah untuk berkunjung jika kebetulan sedang berada di Pulau Dewata dan ingin melihat salah satu ikon kecantikan Bali. Next

ramadan
Cara Penyajian Kopi

4 Cara Unik Sajikan Kopi khas Nusantara, Indonesia Banget!

Hotel Dekat World of Magic Jogja, Wisata Hits Kota Gudeg