in ,

Para Penjelajah Rasa, Inilah Pesona Ragam Teh Dunia

Parade Beragam Jenis Teh dari Seluruh Dunia

Mate Argentina
Mate Argentina via Instagram siempreunmate

Bukan rahasia lagi bahwa teh merupakan salah satu minuman favorit warga dunia. Selain nikmat, teh memang diyakini punya banyak manfaat bagus untuk tubuh. Tak perlu heran jika ada banyak ragam teh dunia dengan citarasa masing-masing yang begitu khas.

Baca juga : 5 Terowongan Pohon yang Paling Populer dan Romantis di Jepang

Beberapa daerah bahkan punya tradisi khusus terkait minum teh. Minuman satu ini memang praktis dibuat dan rasanya juga jarang mengecewakan. Nah bagi sobat traveler yang mengaku penjelajah rasa, berikut adalah deretan ragam teh dunia yang perlu kalian ketahui dan mungkin coba sendiri suatu saat nanti.

1. Po Cha (Tibet)

Teh ala tibet
Teh ala tibet via Instagram orientteahouse

Tibet selama ini dikenal sebagai negara tempat menyepi dan bersemedi. Wajar saja, mengingat di sana adalah tempat di mana Dalai Lama begitu dihormati. Namun tak banyak yang tahu bahwa negara di kawasan pegunungan tersebut punya teh khas.

Namanya Po Cha dan terdiri dari tiga unsur unik, yaitu teh itu sendiri, garam, dan juga mentega yak. Penyajiannya juga tidak sembarangan. Teh diseduh dulu dan didiamkan selama beberapa jam, baru kemudian dihidangkan dengan tambahan garam serta mentega.

2. Teh Susu (Hong Kong)

Teh susu ala Hong Kong
Teh susu ala Hong Kong via Instagram pigpig_new

Hong Kong selama ini identik dengan citra sebagai Surga Belanja. Tak mengherankan, mengingat negara bekas jajahan Inggris ini punya begitu banyak mall dengan gerai-gerai dari brand ternama dunia. Namun terlepas dari itu, Hong Kong juga punya beberapa sajian kuliner khas yang menarik.

Salah satunya adalah teh susu. Dibandingkan minuman sejenis di negara lain, teh susu ala Hong Kong terasa lebih lembut dan memanjakan lidah. Teh yang digunakan biasanya adalah teh hitam dan terasa semakin nikmat disajikan dengan es batu.

3. Matcha (Jepang)

Matcha
Matcha via Instagram nikz_achan

Matcha merupakan varian lain dari teh hijau. Biasanya hadir dalam bentuk bubuk dan diproses dari daun teh yang sudah ditumbuk halus. Sajian minuman matcha menjadi bagian penting dari budaya tradisional Jepang. Bahkan biasanya ada upacara khusus digelar untuk menikmatinya.

Uniknya, belakangan matcha menjadi salah satu bahan makanan yang tengah tren. Tak hanya nikmat dijadikan minuman, matcha juga sanggup memanjakan lidah lewat ketika disajikan bersama aneka kue dan makanan lainnya.

4. Teh Hitam (Inggris)

Teh hitam
Teh hitam via Instagram daybyday_tea

Masyarakat Inggris sudah lama dikenal dengan kebiasaan minum teh di sore hari. Teh yang mereka konsumsi biasanya adalah teh hitam. Cara penyajiannya bermacam-macam, tergantung selera. Ada yang menggunakan gula sebagai pemanis, ada juga yang lebih senang memakai susu. Meski begitu, teh hitam juga bisa dinikmati tanpa tambahan dua bahan tersebut.

5. Bubble Tea (Thailand)

Bubble Tea
Bubble Tea via Instagram looseleafboba

Bubble Tea yang belakangan ngetren di Tanah Air ternyata berasal dari Thailand. Negeri Gajah Putih memang dikenal jago dalam berinovasi di bidang kuliner, terutama soal jajanan dan minuman ringan. Bubble yang digunakan dalam sajian bubble tea sendiri cukup unik, karena terbuat dari bola-bola tepung tapioka.

6. Mate (Argentina)

Mate Argentina
Mate Argentina via Instagram guillevaldiviac

Mate adalah minuman mirip teh yang berasal dari Argentina. Namun dalam perkembangannya, mate juga banyak dikonsumsi di beberapa negara lain di Amerika Selatan. Biasanya paling enak dinikmati sore hari, menjelang matahari terbenam atau di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Konon, mate memiliki sensasi rasa berasap yang memanjakan lidah.

Itulah tadi sedikit rangkuman mengenai pesona ragam teh dunia. Meski sama-sama teh, masing-masing punya sensasi rasa yang berbeda. Jika sobat traveler berkesempatan mengunjungi negara-negara tersebut suatu saat nanti, jangan sampai lupa menjajal beberapa teh di atas. Next

ramadan

Street Food Rusia dengan Rasa Istimewa, Cocok untuk Pecinta Bola

Es Krim Petrus atau Es Krim Angi, Via Instagram febylous__

Es Krim Petrus Si Kuliner Legendaris Andalan Kota Khatulistiwa, Pontianak